Indikator Utama Dalam Meningkatkan SEO
Blog SEO Indikator Utama Dalam Meningkatkan SEO

Indikator Utama Dalam Meningkatkan SEO

Bagaimana menjadi pemenang dalam pencarian mesin pencari? Muncul dalam urutan pertama Google?  Semua bisa kita lakukan dengan meningkatkan SEO di website kita dan artikel yang kita buat. Mengapa? Karena pada dasarnya pencarian sebuah konten masih tergantung pada kata kunci atau keyword, yang mana ini tidak lepas dari kemampuan kita dalam memasang dan meletakan keyword yang tepat, ini hanya salah satu cara indikator utama SEO dalam meningkatkan website agar muncul dalam mesin pencari.

Keyword sangat penting, tentu saja dengan dukungan konten yang berkualitas. Namun tidak hanya keyword dalam sebuah artikel saja yang menjadi indikator utama dalam meningkatkan SEO, ada berbagai hal lain yang perlu menjadi perhatian. Bukan semata demi ter indeks oleh mesin pencari seperti halnya Google dan mesin pencari selain Google lainnya. Namun juga memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung website Anda.

Website saat ini menjadi salah satu media atau platform yang banyak digunakan oleh para pebisnis dalam digital marketing, bahkan tidak hanya untuk tujuan perusahaan, banyak personal yang memanfaatkan website untuk branding dan portofolio diri mereka.  Selain itu, website juga dijadikan sebagai tempat atau wadah dalam mempromosikan berbagai produk baik barang atau jasa. Nah dalam upaya mempromosikan inilah SEO menjadi penting dan perlu.

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mempromosikan dan mengenalkan produk atau profil website perusahaan dan bisnis Anda. Selain SEO, upaya mempromosikan sebuah website juga dapat melalui berbagai strategi lain mulai dari SEM (Search Engine Marketing) yang berfokus pada iklan di Google, kemudian optimasi media sosial, dan berbagai metode lain dalam bidang marketing channel. Namun SEO menjadi bagian yang penting sebelum strategi lain dikerjakan.

Indikator Utama Dalam Meningkatkan SEO. Apa saja sih yang menjadi poin utama dalam SEO sebuah website? Apa saja indikator utama SEO? Berikut adalah ulasan lengkap untuk Anda.

1. Struktur URL dan Penggunaan SSL/TLS

Struktur URL dan Penggunaan SSL

Ketika Anda akan membuat sebuah website yang memperhatikan SEO, maka indikator pertama yang harus diperhatikan adalah pembuatan struktur URL yang benar dan sesuai dengan topik yang dibahas. Ini mudah, namun sering dilupakan atau terlupakan dan terlewatkan ketika kita sedang membangun sebuah website. Sering kali menyadari ada yang keliru dalam struktur URL ketika website sudah berjalan.

Struktur URL yang dimaksud adalah struktur yang susunannya memiliki kesesuaian dengan target keyword Anda. Misalnya target keyword Anda adalah Jual Domain Murah, maka keyword ini perlu menjadi perhatian dalam menyusun sebuah URL. Anda perlu memperhatikan untuk membuat permalink atau slug yang mengandung main keyword Anda tersebut di halaman konten web Anda. Selengkapnya perihal cara menentukan keyword  website dapat membaca di: kumpulan artikel Keyword Website.

Selain itu keamanan website juga menjadi kunci penting, yaitu penggunaan SSL/TLS. Sejak tahun 2014, Google akan lebih memprioritaskan website yang menggunakan SSL/TLS. Dengan adanya SSL, maka dapat meningkatkan keamanan data bagi pengguna karena telah dienkripsi ketika proses transfer data yang terjadi pada website. Ini akan menjadikan website Anda lebih terpercaya.

Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) menjadi begitu penting dalam upaya mengoptimalkan website. Bagaimana cara untuk mengetahui apakah website Anda telah terinstal SSL/TLS? Caranya Anda bisa melihat pada URL website Anda. Hasilnya, ketika Anda lihat masih menggunakan HTTP, maka website Anda sudah dipastikan tidak memiliki SSL/TLS. Ciri dari website yang sudah menggunakan SSL pada URL terdapat keterangan HTTPS dan icon kunci / gembok.

2. Menentukan Topik Konten Menjadi Indikator Utama SEO

Menentukan Topik Konten

Bagaimana pun konten menjadi indikator penting dalam SEO. Mesin pencari akan menandai keahlian atau fokus dari website Anda berdasarkan konten yang Anda buat. Maka, Anda perlu untuk menentukan topik yang ingin Anda kuasai dan menjadi fokus target kata kunci website Anda. Ini tentu harus berkaitan dengan tujuan digital marketing dari website Anda.

Bagaimana cara mendapatkan konten yang menarik dan memiliki trafik yang besar?  Di sini pentingnya Anda untuk melakukan yang namanya keyword research  atau riset kata kunci sebelum membuat sebuah konten. Riset kata kunci ini juga berguna untuk Anda mendapatkan informasi secara lebih detail topik atau konten apa yang paling sesuai atau paling yang relevan dengan kategori website Anda.

3. Menentukan Search Intent

Indikator Utama SEO dengan Menentukan Search Intent

Indikator utama dalam meningkatkan SEO selanjutnya adalah dengan cara menentukan search intent terlebih dahulu. Search intent adalah cara yang dilakukan untuk pembagian kata kunci berdasarkan tujuan website, apa yang hendak dicapai ketika Anda membangun sebuah website. Secara umum, terdapat empat jenis search intent, yaitu sebagai berikut:

Informational; search intent  ini digunakan ketika website Anda bertujuan untuk memberikan berbagai informasi topik secara luas, sehingga yang Anda utamakan bersifat informatif.
Navigational; search intent ini lebih mengarahkan pada kata kunci nama perusahaan / brand langsung, misalnya Anda memiliki usaha hosting murah, maka kata kunci ini yang menjadi navigational dari pada website Anda.
Commercial Investigation; ini untuk kebutuhan yang lebih bersifat komersial dan membandingkan dua produk, biasanya berkaitan dengan harga sebuah produk.
Transactional; adalah kata kunci yang digunakan untuk kebutuhan dan meningkatkan nilai konversi bisnis, bagaimana kata kunci tersebut menjadi konversi dan transaksi bisnis.

Nah, Anda tinggal menentukan mana yang menjadi search intent dari website Anda. Dalam praktiknya Anda bisa menggunakan lebih dari satu search intent, namun dengan catatan Anda memiliki kemampuan dalam membuat konten untuk kebutuhan keyword konten dari setiap search intent yang Anda butuhkan.

4. Menambahkan Meta Tags dan Struktur Konten

Menambahkan Meta Tags dan Struktur Konten

Indikator utama dalam SEO selanjutnya adalah menambahkan meta title dan description. Kedua hal ini menjadi sangat penting, baik itu untuk kebutuhan meta website atau pun setiap artikel yang akan dibuat. Mengapa ini jangan sampai Anda lupa? Karena meta tags ini akan membantu Google dan mesin pencari lain dalam mengenali halaman website Anda.

Meta tags dalam pembuatannya, memiliki berbagai aturan penting, namun yang perlu Anda ingat adalah, Anda tidak boleh menuliskan meta title dan description terlalu banyak. Karena ini akan membingungkan dan menjadi rancu ketika mesin pencari melakukan pendataan atau penarikan data dari website Anda. Usahakan meta tags Anda fokus pada keyword utama Anda.

Selain itu dalam sebuah website Anda juga harus memperhatikan struktur konten. Anda perlu untuk membuat struktur konten yang baik dan sesuai dengan prinsip penulisan artikel yang baik.   Secara umum artikel yang baik berpedoman dengan prinsip 5W + 1H. Kemudian, jangan lupa untuk membuat heading structure yang sesuai, dan Anda bisa melengkapi artikel Anda seperti menambahkan gambar, video atau info grafis untuk menunjang konten yang Anda buat.

5. Menambahkan Backlink Menjadi Indikator Utama SEO

Menambahkan Backlink

Indikator utama dalam meningkatkan SEO selanjutnya adalah dengan menambahkan backlink. Tentu dalam dunia SEO optimasi, urusan backlink ini menjadi salah satu kunci utama yang tidak bisa Anda hindari. Backlink adalah sebutan untuk menamai sebuah tautan atau link yang mengarah ke website Anda. Nah, backlink ini bisa Anda manfaatkan sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna atau sekadar untuk keperluan optimasi agar website Anda menjadi lebih populer di mata mesin pencari.

Rumus utamanya perihal optimasi SEO dengan backlink adalah semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, maka mesin pencari seperti Google akan menganggap website Anda lebih mempunyai kredibilitas yang tinggi, sehingga mesin pencari akan merekomendasikan hasil pencarian untuk user mereka adalah artikel-artikel atau konten dari website Anda.

6. Mengoptimalkan kecepatan website

Indikator Utama SEO dengan Mengoptimalkan kecepatan website

Indikator yang terakhir adalah mengoptimalkan kecepatan website, langkah ini merupakan hal yang terpenting untuk dilakukan karena menjadi penilaian mesin pencari. Merujuk data yang dirilis oleh Google, sejak tahun 2018, Google telah menetapkan bahwa kecepatan loading website baik itu pada desktop atau mobile menjadi salah satu indikator SEO. Rumusnya, semakin cepat website toko online Anda, maka semakin Anda mendapatkan ranking baik di mata Google, dan ini akan memudahkan Anda untuk muncul pada halaman pencarian di search engine Google.

Mendukung kecepatan sebuah website maka diperlukan infrastruktur website yang baik, salah satu caranya adalah dengan menggunakan layanan hosting cepat berkualitas. Nah, untuk mendapatkan layanan ini Anda bisa memilih berbagai paket hosting IDwebhost. Tenang, di IDwebhost Anda bisa mendapatkan hosting super kencang dengan harga hemat, karena ada paket hosting murah yang siap mendukung website Anda memuncaki hasil pencarian.

Selain paket hosting, Anda juga bisa mendapatkan berbagai layanan menarik lainnya, seperti layanan domain murah yang mana selalu ada promo setiap harinya, jadi tunggu apa lagi ayo cek IDwebhost sekarang! Nah, demikian pembahasan kita kali ini mengenai Indikator Utama Dalam Meningkatkan SEO, terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat. Salam Ari IDwebhost.