Catatan dari CEO IDwebhost: Mengapa Kami Harus #KerjaDariRumah?
Blog Redaksi Catatan dari CEO IDwebhost: Mengapa Kami Harus #KerjaDariRumah?

Catatan dari CEO IDwebhost: Mengapa Kami Harus #KerjaDariRumah?

Mulai hari ini, Jumat, 20 Maret 2020 seluruh kantor IDwebhost baik Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta kami tutup. Sebagian besar karyawan #KerjaDariRumah demi tidak meluasnya wabah virus corona COVID-19. Berikut catatan dari CEO IDwebhost, Herlin Dwi, yang disampaikan kepada seluruh pelanggan IDwebhost.

Mengapa Karyawan IDwebhost #KerjaDariRumah?

Awal Maret 2020 ini kami dikejutkan dengan adanya pengumuman dari Presiden Jokowi mengenai kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia. Tentu saja hal tersebut membuat kami kaget, sedih, dan juga panik. Tetapi kami tidak bisa diam saja menghadapi hal tersebut. Kami yang ada di IDwebhost berbagi tugas untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai virus ini. Yang kami takutkan adalah kondisi yang membuat pemerintah harus melakukan lockdown terhadap kota kami, Yogyakarta, Jakarta, dan Semarang, seperti yang sudah dilakukan oleh banyak negara di Eropa.

Kami maraton mencari informasi untuk memberikan edukasi kepada seluruh karyawan di IDwebhost mengenai bahaya penyebaran COVID-19. Mungkin itu adalah salah satu yang bisa kami lakukan untuk membantu meringankan beban pemerintah dengan mengelola orang-orang terdekat kami sendiri. Karena kami juga tidak akan tahu kapan dan dari mana virus itu bakal datang. Semua protokol kesehatan yang disarankan Kementerian Kesehatan segera kami kumpulkan. Mulai termometer suhu tubuh, handwash, hand sanitizer, dan juga masker.

Tidak mudah memang, karena sebagian besar warga Yogyakarta mengalami kepanikan yang sama. Apotek sudah mulai memasang pengumuman bahwa masker kosong, hand sanitizer kosong, bahkan termometer juga kosong. Akhirnya, sebagian dari kami mencari itu semua di banyak swalayan yang ada di Yogyakarta dan juga menghubungi distributor masker maupun hand sanitizer berharap bisa mendapatkan antrian untuk stok terbaru mereka. Done! Jerih payah tim membuahkan hasil. Protokoler kesehatan langsung kami terapkan. Oya, stok yang di Yogyakarta kami distribusikan juga ke kantor Jakarta dan Semarang.

Kami ingin karyawan IDwebhost dan keluarganya sehat semua. Setidaknya peran kecil ini diharapkan bisa mengurangi meluasnya dampak virus corona di Indonesia.

Minggu lalu, warga Jakarta sudah dihimbau oleh pemerintah untuk melakukan ‘Social Distancing’ (membatasi interaksi sosial), yaitu dengan kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah. Semua itu dilakukan untuk mengurangi dampak yang lebih besar agar pihak-pihak yang berwenang bisa maksimal dalam menangani COVID-19. Tentu saja kami segera memikirkan para karyawan yang ada di Jakarta agar bisa bekerja dari rumah mereka masing-masing. Meskipun yang di Yogyakarta dan Semarang juga tetap kami kelola agar segera bisa bekerja dari rumah.

Alhasil, per Selasa (17/03) kemarin kantor IDwebhost Jakarta yang berada di Mampang Prapatan kami tutup sementara hingga 14 hari ke depan. Tidak terlalu sulit persiapan yang kami lakukan agar karyawan Jakarta #KerjaDariRumah. Selain itu kami juga pengen sesegera mungkin yang di Jakarta bisa melakukan Social Distancing seperti yang dihimbau pemerintah. Apalagi penyebaran COVID-19 di Jakarta sudah tersebar di berbagai tempat. Jakarta done! Maaf, kami tutup sementara. Buat pelanggan yang biasanya datang ke kantor Jakarta bisa konsultasi melalui WhatsApp di nomor 0812 1222 7730.

Target kami selanjutnya adalah Yogyakarta dan Semarang.

Di kantor IDwebhost Semarang, kami sudah berkoordinasi terus mengenai kesiapan piranti kerja. Maklum, di Semarang tidak ada tim teknis jadi segala sesuatunya harus melakukan video call dengan tim teknis yang ada di Yogyakarta. Terdapat beberapa kendala, namun bisa kami atasi. apabila tidak ada halangan per Jumat (20/03) nanti semua karyawan di kantor Semarang juga sudah menerapkan #KerjaDariRumah sampai 14 hari ke depan. Untuk pelanggan Semarang jangan khawatir, Anda bisa berkonsultasi melalui WhatsApp di nomor 0812 1222 7730. Semoga dilancarkan agar teman-teman Semarang bisa tenang bekerja dari rumah.

Bagaimana dengan kantor pusat IDwebhost Yogyakarta?

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan apabila kami menerapkan #KerjaDariRumah untuk karyawan kantor Yogyakarta. Kesiapan tim untuk melakukan pelayanan kepada pelanggan dari rumah masing-masing agar tetap optimal cukup menyibukkan kami dalam berkoordinasi. Meski demikian kami tetap berupaya untuk memaksimalkan karyawan yang bisa langsung bekerja dari rumah. Kembali merujuk kepada fokus kami. Kesehatan orang-orang terdekat adalah prioritas saat ini.

Dengan berbagai pertimbangan dan skenario akhirnya kami bisa menjadwalkan untuk sebagian dari teman-teman yang ada di kantor Yogyakarta paling lambat Senin (23/03) sudah bisa melakukan #KerjaDariRumah. Sebagian lainnya masih akan terus kami upayakan skenario-nya agar bisa bekerja dari rumah. Skenario terakhir yang akan kami terapkan adalah apabila pemerintah melakukan ‘lockdown’ terhadap kota Yogyakarta. Harapan kami sih itu tidak terjadi. Bila dihitung, 80% karyawan IDwebhost sudah #KerjaDariRumah.

Beberapa hal yang bisa kami ambil hikmahnya dari COVID-19 yang menyerang Indonesia ini adalah kami menjadi lebih peduli dengan kesehatan, lebih rajin beribadah, dan juga gotong-royong dan saling menolong kami kembali terasah. Kami sangat berharap wabah virus corona ini segera menjauh dari kehidupan kami agar kehidupan bisa berlangsung dengan normal kembali.

Semoga kita semua diberikan kesehatan selalu. Aamiin.

Salam,

Herlin Dwi
CEO IDwebhost