11 Ide Bisnis untuk Milenial dan Gen Z dan Tips Dapat Cuan!
Blog Digital Marketing 11 Ide Bisnis untuk Milenial dan Gen Z dan Tips Dapat Cuan!

11 Ide Bisnis untuk Milenial dan Gen Z dan Tips Dapat Cuan!

Ide bisnis untuk Milenial dan Gen Z menjadi cara untuk para generasi tersebut dalam menghasilkan cuan di era berkembangnya teknologi yang semakin maju.

Berbeda dengan Gen X sampai Boomer, Generasi Milenial dan Gen Z mempunyai beberapa keistimewaan, yaitu:

  • Lebih mudah dalam menyerap dan menggunakan teknologi
  • Dapat disesuaikan dengan pekerjaan dengan passion
  • Lebih open minded
  • Berani membuat sistem baru yang dapat berpotensi memunculkan peluang-peluang baru

Nah, jika Anda tertarik ide bisnis apa saja yang cocok untuk generasi Milenial dan Gen Z, berikut penjelasannya.

 

Isi Artikel :

 

 

 

Apa itu Milenial dan Gen Z?

 

ide-bisnis-untuk-milenial

Milenial merupakan generasi yang lahir antara tahun 1980 sampai 1995. Generasi ini juga sering dikenal sebagai Gen Y yang tumbuh dibersamai dengan berkembangnya teknologi. 

Sedangkan, Gen Z merupakan populasi generasi yang lahir pada 1996 sampai 2010. Mereka semua lahir pada masa era digital yang sedang berkembang pesat. 

Keduanya sama-sama identik dengan perkembangan teknologi pada segala sektor. Baik pendidikan, hiburan, sampai bisnis. 

Berdasarkan riset terbaru dari Statista, pada 2021 Indonesia memiliki 25,87% populasi Milenial dan yang tertinggi ditempati oleh Gen Z yaitu sebanyak 27,94%.

Artinya, lebih dari setengah warga negara Indonesia telah didominasi oleh anak muda. Hal ini juga dapat mempengaruhi kondisi ekonomi. 

Contoh pekerjaan yang didominasi anak muda ini seperti kerja remote, otomatisasi dalam sistem pekerjaan, sampai ide bisnis baru yang terus bermunculan.

 

Ide Bisnis untuk Milenial dan Gen Z

 

ide-bisnis-untuk-milenial

Dari banyaknya ide bisnis yang ada, masih terdapat kemungkinan bahwa semuanya cocok dengan Milenial dan Gen Z. Mulai dari sistem dan cara bekerja, alat yang digunakan, sampai pada produk atau layanan yang dijual. 

Semuanya dapat mempunyai karakter yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Jadi, terdapat bisnis tertentu yang patut dicoba untuk pemuda, apalagi ketika masih pada tahap mencoba. 

Kali ini, IDwebhost mengumpulkan beberapa ide bisnis untuk Milenial dan Gen Z! 

 

1. Web Developer 

​​Web developer pekerjaan yang tugasnya adalah membangun berbagai web app dan website dengan menggunakan bahasa pemrograman. Biasanya pekerjaan ini dibutuhkan oleh startup, toko online, hingga perusahaan berskala besar. 

Pekerjaan ini juga menjadi sangat potensial karena era digital terus dapat berkembang. Semua bisnis berlomba-lomba agar dapat go online dan juga dapat menghadirkan website atau aplikasi yang dapat mudah digunakan bagi para konsumennya. 

Estimasi Potensi Penghasilan : Rp 6-8 juta per bulan

 

2. Web Designer 

Web designer merupakan orang yang mempunyai keahlian dalam membuat tampilan website menjadi menarik. 

Pekerjaan ini biasanya fokus pada hal yang berkaitan erat pada estetika website, misalnya keseimbangan warna, tipografi, ilustrasi, dsb. Siapa target kliennya? Bisa dikatakan semua bisnis dan perusahaan dapat membuat website ataupun aplikasi membutuhkan tenaga web designer. 

Karena pekerjaan ini berkaitan erat dengan tampilan perusahaan di dunia online. Dengan kata lain, web designer dapat menjadi peranan branding di era digital ini.

Estimasi Potensi Penghasilan: Rp 4-6 juta per bulan

 

3. Blogger 

Ide bisnis selanjutnya yaitu blogging. Selain jam kerja yang fleksibel, nge-blog ini ternyata juga dapat cocok untuk Milenial dan Gen Z karena niche blog bisa disesuaikan dengan passion atau keinginan. 

Misalnya, blog kuliner, fashion, travel, dll. Bekerja sekaligus juga mendalami hal yang disukai tentu menjadi hal yang menyenangkan.

Estimasi Potensi Penghasilan: Rp 500 ribu – 1 juta per bulan

 

4. Graphic Designer 

Bagi Anda yang menyukai dunia desain dan mempunyai kemampuan mendesain, maka graphic designer-lah jawabannya. 

Konten visual juga menjadi konten yang dapat lebih mudah dicerna oleh audiens. Hal ini juga membuat konten visual dapat menjadikan pekerjaan yang salah satunya paling dibutuhkan bagi perusahaan manapun.

Contohnya, untuk kebutuhan iklan, social media post, dan lain-lain.

Estimasi Potensi Penghasilan : Rp 3.6 juta per bulan

 

5. Social Media Marketing 

Media sosial menjadi sebuah platform besar yang mempunyai pengguna yang tidak terhitung jari. Nah, resource sebanyak itu dapat Anda manfaatkan agar dapat menjadi marketing pool alias pangsa pasar yang luas bagi sebuah brand. 

Tentunya kemampuan mengelola social media merupakan keahlian yang sangat mahal. Karena tidak banyak orang yang tahu seluk beluk media sosial yang dapat digunakan sebagai alat marketing ampuh. 

Misalnya, trik dalam meningkatkan interaksi atau engagement, membangun konten menjadi viral, meningkatkan konversi yang tinggi dari media sosial, dsb.

Estimasi Potensi Penghasilan : Rp 3.5 juta per bulan

 

ide-bisnis-untuk-milenial

6. Influencer 

Influencer merupakan seseorang yang dapat memberikan pengaruh di masyarakat dalam komunitas tertentu. 

Bahkan ada kemungkinan terdapat influencer yang lebih terkenal di dunia maya ketimbang di dunia nyata.  Namun, popularitas tidak dapat datang secara tiba-tiba. Influencer perlu juga dalam membangun audiens dalam niche tertentu.

Dengan membangun audiens atau komunitas, tujuan pertama influencer yaitu meningkatkan engagement atau rasa percaya pada audiens. Dengan meningkatnya engagement, hal ini dapat memungkinkan banyak brand yang tertarik agar mau untuk bekerja sama. 

Setelah itu, barulah influencer dapat naik ke tahap selanjutnya, yaitu mempengaruhi audiensnya dalam melakukan atau membeli suatu produk rekomendasi.

Misalnya, seperti influencer Tasya Farasya yang dapat berfokus pada dunia make up. Sehingga influencer dapat mengumpulkan pengikut yang loyal kepadanya pada topik seputar make up juga.

Estimasi Potensi Penghasilan : Untuk soal penghasilan, menjadi influencer bisa jadi sangat menguntungkan tiap kali adanya kerja sama melalui brand alias endorsement. Dari mendapatkan produk gratis sampai belasan juta rupiah.

 

7. Content Creator 

Content creator adalah profesi yang bertujuan dalam membangun konten, termasuk konten untuk tujuan bisnis. 

Contoh pekerjaan yang dikerjakan oleh content creator adalah foto, artikel, infografis, video, ebook, dll. 

Pekerjaan ini bisa dikatakan sangat menjanjikan karena dapat dipastikan pada setiap bisnis membutuhkan sebuah konten untuk menggapai para konsumennya. Baik untuk keperluan  branding, mengumpulkan leads, meningkatkan engagement, dsb.

Estimasi Potensi Penghasilan : Peluang penghasilan dari seorang content creator ini memiliki bermacam-macam besaran penghasilan. Hal ini dikarenakan penghasilan yang diperoleh content creator bergantung dari project apa yang sedang ditangani. Contohnya, project konten video tentunya akan berbeda dengan ebook, karena berat pekerjaannya juga berbeda.

 

8. Vlogger 

Vlogger adalah salah satu content creator yang bertujuan pada pembuatan video blog sebagai kontennya.

Di samping itu, Anda juga dapat memanfaatkan platform YouTube agar menjadi media vlog Anda. Karena sudah mempunyai banyak pengguna, sehingga Anda dapat menargetkan viewers sesuai dengan niche vlog.

Estimasi Potensi Penghasilan: Peluang penghasilan dari seorang content creator memiliki beragam besaran penghasilan. Hal ini dikarenakan penghasilan utama vlogger dari Ads atau iklan yang dipasang pada video. Selain itu, vlogger juga dapat berkesempatan penghasilan lebih banyak dengan menjual merchandise, endorsement, kolaborasi, dsb.

 

9. Tutor Online 

Investasi terbaik bagi under 30 adalah ilmu. Namun, Anda juga dapat mengasah ilmu sekaligus mendapatkan penghasilan. 

Caranya adalah dengan menjadi tutor online. Misalnya, Anda adalah ahli dibidang bahasa asing, Anda pun dapat menjadi tutor bahasa asing. 

Selain bisa menjadi ide bisnis menjanjikan, pengetahuan Anda juga menjadi semakin berkembang. Anda hanya membutuhkan device seperti laptop, internet, dan headphone. Tanpa keluar modal dalam membangun module dan juga ongkos perjalanan ke rumah murid.

Estimasi Potensi Penghasilan : Peluang penghasilan dari seorang tutor online memiliki beragam besaran penghasilan. Hal ini dikarenakan penghasilan tutor online bergantung dari ilmu apa yang diajarkan, target kalangan peserta apakah anak muda atau pebisnis dsb.

 

10. Copywriter 

Copywriter menjadi salah satu pekerjaan yang mempunyai peranan penting dan juga cocok untuk para anak muda yang menyukai bidang menulis.

Tugasnya dari copywriter adalah merangkai kata-kata dengan tujuan agar membujuk audiens agar mau melakukan sesuatu. Contohnya, untuk mendaftar, subscribe, berlangganan, dll.

Estimasi Potensi Penghasilan : Copywriter sebuah perusahaan dapat di gaji dari Rp 4 juta

 

11. Toko Online : Bisnis Milenial Menjanjikan

Bagi Milenial dan Gen Z yang memiliki jiwa bisnis kuat, hal paling umum agar menjadi penghasilan adalah membuka toko online.

Hal ini dikarenakan dalam membuka toko online dapat memberikan keuntungan seperti :

  • Fleksibel, dapat dijalankan dimanapun dan kapanpun.
  • Tidak perlu memiliki produk sendiri, dan Anda dapat menerapkan strategi reseller, dropship, bahkan jastip.
  • Modal minim.
  • Dapat menjangkau konsumen dari berbagai daerah.
  • Dapat diintegrasikan dengan berbagai macam strategi digital marketing.

Estimasi Potensi Penghasilan : Membuka toko online dapat berpotensi mendatangkan keuntungan yang jumlah besar dengan modal yang pas-pasan.

 

Kesimpulan

Kumpulan ide bisnis untuk milenial seperti yang dibahas di artikel ini dapat dinilai sudah sesuai dengan karakter anak muda. Fleksibel, tech-savvy, up to date dan juga cuan!

Semoga bermanfaat

Selanjutnya, supaya Anda juga bisa mendapatkan informasi artikel lainya, Anda bisa mengunjungi halaman website IDwebhost di bagian blog IDwebhost.

Kabar lainnya, Anda juga bisa memilih hosting terbaik pilihan yang disediakan oleh IDwebhost dan domain lengkap beserta promo didalamnya yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis online Anda. 

Lalu untuk Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website, Anda bisa menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost untuk memaksimalkan bisnis Anda menggunakan website.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.