7 Ide Bisnis Online Sampingan Terbaik
Blog Tips Keren

7 Ide Bisnis Online Sampingan Terbaik

Kami akan bahas 7 ide bisnis online untuk usaha sampigan dengan memanfaatkan website. ya, dengan memanfaatkan media website untuk diubah menjadi mesin uang anda. Meskipun Menghasilkan uang lewat website tidak semudah itu. Salah satu tantangan yang paling nyata yaitu menentukan ide, topik, atau tipe website yang mau dibuat. Sebenarnya, ada banyak sekali ide dan topik yang bisa Anda jalankan untuk menentukan tipe website.

Berikut 7 ide bisnis online dengan website yang patut anda coba :

  • Blog afiliasi
  • Toko online Sederhana Khusus dropshipping.
  • Menjadi reseller hosting
  • Website pembelajaran atau kursus online
  • Website lowongan kerja dengan jenis yang lebih spesifik
  • Website yang Menawarna Jasa
  • Website yang bisa Anda jual lagi

Ketujuh ide bisnis di atas layak Anda coba dan kembangkan, tentu saja dengan panduan yang tepat. Ketujuh ide tersebut bisa menjadi mesin uang otomatis anda tanpa anda harus berlama-lama didepan komputer atau laptop.

Mengapa Anda Harus mencoba Peluang Bisnis Online Mulai dari Sekarang?

Anda pasti pernah mendengar kisah tentang orang-orang yang berhasil memperoleh uang dari internet dengan berbisnis online. Kisah itu benar tetapi itu sebenarnya untuk menarik pengunjung supaya mereka membeli aplikasi atau ebook orang tersebut. Faktanya, semua orang bisa menjalankan bisnis online, asalkan dua hal ini dijadikan patokan :

  1. Waktu untuk mengelola dan mengembangkan bisnis online tersebut.
  2. Modal untuk memulai bisnis online tersebut.

Sebagian ide website tersebut membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk dieksekusi. Namun, ada beberapa ide bisnis juga yang juga menyita waktu cukup banyak, sementara sisanya merupakan perpaduan dari uang dan waktu. Misalkan blog tentang sistem afiliasi. Untuk membuat blog afiliasi dari awal tergolong murah. Anda hanya perlu membeli domain dari penyedia domain dengan memilih domain dan hosting sesuai budget anda. Di IDwebhost menyediakan paket domain, hosting, toko online maupun jasa promosi online, pilihlah sesuai kebutuhan website anda.

Selain afiliasi, kami juga akan membahas jenis bisnis online populer lainnya yang mengharuskan Anda untuk meluangkan waktu maupun biaya. Karena itulah, Anda perlu memantapkan hati dan mental untuk meraih hasil yang diharapkan.

Di bawah ini merupakan 7 ide bisnis online yang bisa Anda kerjakan di waktu luang tanpa harus mengesampingkan pekerjaan utama Anda. Hanya saja, Dengan upaya yang maksimal, Anda bisa menskalakan semua bisnis online sampingan tersebut menjadi sumber pendapatan utama Anda.

Berikut 7 Ide Bisnis Online untuk Usaha Sampingan Anda :

1. Blog Afiliasi

 

blog affiliate
idwebhost

 

Blog afiliasi masih bisa menjadi pilihan ide bisnis terbaik bagi Anda yang ingin memiliki usaha sampingan. Blog ini juga dapat diskalakan, apalagi Anda hanya perlu rutin mempublish konten. Jika mau bersabar supaya website diberikan kesempatan untuk berkembang, maka Anda akan mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Beberapa tips untuk membuat blog afiliasi:

Fokus pada niche tertentu. Misalnya, Anda hendak membuat blog afiliasi tentang sepatu ortopedi. Dengan niche yang jelas, Maka mesin telusur akan menampilkan pencarian pengunjung yang mencari tentang sepatu ortopedi. Sebaiknya, niche yang dipilih adalah topik yang Anda kuasai dan pahami dengan baik.

Lakukan riset perihal program afiliasi sesuai niche Anda. Ada Beberapa niche memiliki program afiliasi khusus, yang pastinya akan memberikan anda komisi yang lebih banyak dari Amazon. Dengan melakukan riset sebelum bergabung dengan program afiliasi online akan semakin mendatangkan keuntungan berkelanjutan bagi website Anda.

Membuat jadwal konten dan komitmen pada jadwal tersebut. Buat postingan padat dan berkualitas lalu tetapkan jadwalnya secara teratur atau dengan memposting konten secara teratur maka situs Anda perlahan-lahan pasti akan terus meningkat.

2. Toko Online Sederhana Khusus Dropshipping

 

toko online atau dropship
idwebhost

 

Dropshipping adalah ide bisnis paling tepat. Dengan drop shipping, Anda hanya perlu melakukan transaksi pembayaran sedangkan untuk pengiriman dilakukan oleh supplier. Tentu anda melebihkan harga produk supaya anda mendapatkan komisi meskipun sedikit. Anda hanya perlu berfokus pada pelayanan anda ke calon pembeli. Anda bisa memanfaatkan CMS wordpress untuk toko online anda dengan menggunakan plugin WooCommerce.

Selain itu, ingatlah dua tips ini :

  1. Fokus pada jenis produk tertentu. Dengan anda berfokus pada jenis produk tertentu maka akan semakin cepat mendatangkan komisi untuk anda dibandingkan dengan banyak jenis produk dalam toko online anda.
  2. Bekerja sama dengan supplier yang terpercaya. Kosumen hanya perlu pengiriman barang mereka tepat waktu dan dalam keadaan baik, oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk mencari supplier yang punya reputasi baik di internet.

3. Menjadi Reseller Web hosting

Ide bisnis lain yang bisa Anda coba adalah menjadi reseller web hosting. Apalagi kalau Anda sudah menguasai dengan pengembangan website. Intinya, anda menyewa ruang server dan menggunakannya untuk membuat paket web hosting anda. Apabila Anda ingin mencari uang tambahan dari internet melalui website, maka reseller hosting adalah ide bisnis online yang menjanjikan. Bahkan Anda bisa juga menawarkan layanan tambahan pada konsumen.

4. Situs Pembelajaran atau Kursus Online

Internet memberikan banyak jalan untuk memnghasilkan uang, salah satunya dengan membuat situs pembelajaran atau kursus online. Anda pasti pernah menemukan tutorial dan artikel pembelajaran premium atau berbayar. Hal ini tentu saja masuk akal karena tentor yang dibayar dengan jumlah layak kemungkinan besar mau mengajari Anda tentang suatu hal dengan benar dan tepat. Jadi, jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang tertentu atau orang-orang di komunitas Anda ingin belajar lebih banyak dari Anda, maka membuat situs kursus online merupakan peluang bisnis online yang menjanjikan.

5. Website Lowongan Kerja dengan jenis yang Lebih Spesifik

Jika Anda paham pekerjaan dengan niche yang spesifik dan Anda punya waktu untuk mencari informasi mengenai pekerjaan tersebut, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat website lowongan kerja. Terapkan biaya bulanan untuk para pencari kerja supaya mereka bisa mengakses dan mendaftar pada lowongan yang tersedia. Kenakan biaya juga untuk individu atau perusahaan yang memasang iklan lowongan pekerjaan di website Anda.

Anda pun membutuhkan platform untuk membuat website lowongan kerja dan memproses pembayaran. Sekali lagi, pelajari dan pakailah WordPress. CMS ini menawarkan beragam jenis plugin job board supaya Anda dapat menambahkan fitur yang diperlukan untuk website anda. Setelah itu, Anda bisa mulai mencari penawaran dan mengarahkan traffic ke website anda.

6. Website yang Menjual Suatu Jasa

Membuat website khusus jasa atau layanan tidak sulit, apalagi sekarang ada WordPress. Dengan CMS ini, Anda hanya perlu membuat landing page yang menarik dan menambahkan informasi singkat mengenai Anda dan jasa yang ditawarkan. Anda pun bisa menyertakan tabel atau daftar harganya. Dengan informasi ini, konsumen bisa mendapatkan informasi singkat mengenai produk apa saja yang Anda sediakan.

Setelah website siap online, mulailah mengajak orang dan sahabat anda untuk membuka dan mengaksesnya. Untuk itu, diperlukan share juga di media sosial atau group besar di dalamnya. Anda bisa juga menawarkan kartu nama yang jasa anda, juga ada link website. Bagikanlah kartu nama anda saat Anda menghadiri berbagai event terkait.

Baca Juga : Tips Memilih dan Membeli Nama Domain untuk Bisnis Online Anda

7. Website yang Bisa Anda Jual di Kemudian Hari

 

jual dan beli website
idwebhost

 

Ide yang terakhir adalah memanfaatkan website yang sudah tidak anda pakai untuk dijual ke oranglain tentu harus ada nilainya seperti website anda sudah punya banya pengunjung setiap minggunya maka itu akan menjadi daya tarik hebat bagi calon pembeli. Jangan khawatir jika anda menemukan website yang dijual lebih murah daripada situs Anda. Calon Pembeli yang serius akan mempertimbangkan seperti lamanya website Anda bertahan di internet dan berapa jumlah keuntungan yang didiperoleh. Anda juga bisa membagikan informasi traffic sehingga calon pembeli dapat mengetahui informasi secara lengkap fakta terkini dari website Anda. Lakukan riset terlebih dahulu jika ingin menjual website.

Ada dua platform yang bisa Anda kunjungi, Flippa dan Empire Flippers.

  1. Flippa merupakan pasar online bagi situs kecil hingga medium dan harga jualnya pun cukup murah.
  2. Empire Flippers adalah platform bagi website yang sudah besar dan bisa mendatangkan keuntungan yang siginifikan.

Kesimpulan

Mewujudkan ide bisnis online ke dalam bentuk website memang membutuhkan waktu yang panjang. Akan tetapi, jika ditekuni, website tersebut mampu membawa keberuntungan terus menerus bagi Anda. Siapa pun dapat membuat situs blog afiliasi dan memposting kontent kapan pun mereka memiliki waktu luang. Pilihlah peluang bisnis online yang menjanjikan dan sesuai dengan kesukaan Anda.

Bagaimana pendapat Anda perihal ide bisnis online yang kami bahas ? Tuliskanlah komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.