5 Ide Bisnis Online Murah yang Wajib Kamu Coba!
Blog Tips Keren

5 Ide Bisnis Online Murah yang Wajib Kamu Coba!

Ketika seseorang mau mendirikan atau menjalankan sebuah bisnis, kebanyakan dari mereka berhenti di tengah jalan. Ada banyak sekali alasan kenapa mereka berhenti atau usaha mereka tidak berkembang. Hal itu lah yang membuat banyak orang pekerja kantoran enggan untuk memulai bisnis mereka sendiri. Di luar itu ada setidaknya 3 alasan utama yang sepertinya melatar belakangi kenapa mereka tidak ingin mendirikan usaha sendiri. Pertama adalah karena mereka tidak tahu akan usaha apa dan juga tidak tahu usaha apa yang lebih menguntungkan dan terjamin dari pekerjaan mereka sekarang. Alasan selanjutnya adalah karena mereka tidak memiliki modal atau punya, tapi sangat kecil. Alasan ketiga dan sepertinya yang paling tragis adalah karena mereka sudah berkeluarga.  Mereka berpikir ketika sudah berkeluarga, beban semakin berat, dan mengambil resiko untuk keluar dari pekerjaan dan memulai usaha sendiri akan membahayakan keluarga mereka. Setidaknya dari 3 alasan itu, ada 2 alasan yang bisa dibilang paling konyol. Pertama adalah tidak ada modal, yang kedua adalah sudah berkeluarga. Kita akan membahas alasan pertama yakni tanpa modal. Biar lebih terbuka pikirannya, berikut ini 5 ide bisnis online murah yang wajib kamu coba dan bahkan tanpa modal!

 

 

1.    Jualan Online

Ide Bisnis Online Murah yang pertama adalah berjualan online. Apa saja yang bisa kamu juga kamu bisa menjualnya secara online. Hal ini sangat sering dilakukan oleh banyak orang sekarang. Kenapa? Karena memang prosesnya sangat mudah dan penghasilannya juga bisa sangat besar. Sekarang perkembangan dunia online sudah sangat pesat. Pertumbuhan E-Commerce juga gila-gilaan. Kalau kamu nggak segera beradaptasi dengan kondisi itu dan masih saja berpikir bahwa berjualan dengan cara konvensional adalah cara terbaik untuk sukses, maka kamu harus segera merubah cara pikir semacam itu.

Ketika kamu memutuskan untuk berjualan online, kamu bisa melakukan prosesnya dimana pun dan kapan pun selama kamu masih terkoneksi internet. Itulah yang membuat model bisnis yang satu ini juga cocok untuk yang bekerja kantoran. Jadi secara tidak langsung, tidak akan sangat mengganggumu yang sedang bekerja kantoran. Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk berjualan online. Salah satunya menggunakan beberapa platform. Seperti misalnya melalui Shopify, menggunakan sosial media, membangun website, dan lain sebagainya.

Lalu kalau kamu bertanya dari mana mendapatkan produk yang bisa dijual? Gampang sekali. Ada banyak produk yang bisa kamu juga secara online. Mulai dari produk buatanmu sendiri sampai produk yang kamu beli di sebuah tokoh lalu kamu packaging ulang dan kamu jugal. Ada banyak sekali cara, tinggal bagaimana kamu mau menjalani cara tersebut atau tidak.

 

 

2.    Jualan di E-Commerce

Cara ini sebenarnya sama dengan cara yang di atas. Hanya saja pada Ide Bisnis Online Murah ini kamu hanya perlu mendaftar di e-commerce yang sudah kamu percaya sebagai penjual. Sangat mudah mendaftar di e-commerce. Ketika kamu memutuskan untuk berjualan online, mungkin berjualan lewat website sendiri masih terlalu sulit, berjualan lewat sosial media bahkan juga kelewat sulit, tapi berjualan lewat e-commerce bisa menjadi pilihan. Bukan hanya itu, ketika kamu memutuskan untuk berjualan di E-Commerce, kamu sudah mendapatkan pasar yang tidak sedikit jumlahnya.

Katakanlah kamu menggunakan Tokopedia. Tokopedia sendiri sudah ada jutaan pengguna. Dimana para pengunjung dan pengguna itu bisa membeli barang daganganmu. Jadi sangat terbuka kesempatan untuk menjadi pebisnis online sukses ketika kamu berjualan di e-commerce. Tapi memang di poin ini ada kelemahan dari berjualan di e-commerce. Kelemahan itu adalah kamu tidak bisa membangun brandmu sendiri dengan baik. Karena kamu masih berganting pada marketplace itu. Tapi selalu ada solusi untuk masalah itu. Kamu tinggal membangun terlebih dahulu pondasi bisnismu dengan marketplace, baru setelah itu perlahan bangun juga branding bisnis pribadimu.

3.    Ide Bisnis Online Murah Jadi Dropshipper

Kamu pasti sering mendengar kata ini kan? Yups! Dropshipper adalah salah satu solusi untuk kamu yang ingin berbisnis online dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal. Dropshipping sendiri artinya kita jualan tanpa kita memiliki barangnya. Lho, kok bisa? Tentu bisa. Kita hanya menjadi semacam perpanjangan tangan penjual dan pembeli. Jadi saat pembeli mengorder produk yang kamu punya, kamu tinggal mengajukan orderan itu ke pihak yang punya barang. Lalu mereka tinggal mengirimkannya saja pada pembeli. Simpel kan? Nggak perlu tenaga besar! Kamu jadi semacam makelar tapi lebih simpel dan penghasilan yang juga lumayan besar.

 

 

Banyak keuntungan ketika kamu memutuskan untuk menjadi dropshipper. Pertama kamu tidak butuh banyak modal. Kedua tidak ada stok barang, jadi tidak ribet. Ketiga kamu bisa melakukannya dimanapun kamu berada. Tapi ada juga kelemahanya. Kelemahannya adalah kamu tidak bisa mengawasi kualitas barang. Tapi ini juga ada solusinya. Solusinya adalah memilih supplier yang memang sudah terjaga namanya dan punya kredibilitas yang baik. Untung memang lebih kecil dari pada jualan sendiri. Tapi ya kita harus tahu kalau keuntungan berbanding lurus dengan usaha kan? Jadi ya nggak masalah sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit juga.

BACA JUGA: Segera Miliki Marketing Otomatis Untuk Website Anda

4.    Jadi Publisher Iklan Semi-Pasif

Tahukah kamu kenapa di internet ini banyak sekali informasi gratis? Kenapa banyak orang menulis artikel bagus tapi bisa dibaca secara gratis? Jawabannya sederhana, karena mereka mendapatkan penghasilan yang lumayan besar dari iklan yang ada di website mereka. Nah, iklan itu bisa menjadi salah satu peluang usaha yang paling populer sekarang ini. Apalagi bagi kamu yang merupakan penggiat website atau blog. Kamu bisa memulai dengan membuat website sendiri lalu mengisi kontennya dengan konsisten.

Ide Bisnis Online Murah ini bisa dibilang hanya membutuhkan modal kerajinan untuk menulis dan membagikan tulisan yang kamu punya. Semakin banyak pengunjung di websitemu, maka semakin banyak juga uang yang bisa kamu dapatkan dari iklan tersebut. Bahkan ketika kamu tidak melakukan apa-apa, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan pasif dari iklan yang ada di websitemu itu.

 

 

5.    Jualan Produk Affiliate

Ide Bisnis Online Murah yang terakhir adalah bisnis yang juga dikenal dengan nama affiliate marketing. Kurang lebih prosesnya seperti ini. Kita akan bertugas untuk mempromosikan barang milik orang lain. Lalu ketika ada yang membeli atas rekomendasi kita, bukan lewat kita ya, beda dengan dropshipper, maka kita akan mendapatkan komisi. Sekali lagi, bedanya dengan dropshipper adalah pembeli yang mengontak ke kita. Sementara affiliate kita hanya merekomendasikan. Orderan sama sekali tidak lewat kita, tapi langsung ke penjual. Meski begitu kita masih mendapatkan komisi atas proses jual beli itu. Cukup simple dan tidak menguras banyak energi atau bahkan modal finansial kan?

Bedanya dengan iklan, affiliate punya komisi yang lebih besar. Jadi bisa dibilang affiliate ini jualan yang lebih cerdas bentuknya ketimbang dropshipper. Tapi ada juga kelemahannya. Sekarang belum banyak di Indonesia yang menggunakan sistem ini. Hanya ada beberapa terutama yang jualan domain atau website. Sementara untuk barang biasa, kamu bisa daftar ke Amazon atau eBay. Jadi harus paham bahasa Inggris. Tapi tenang, worth it kok. Karena bayarannya dolar!

Itu tadi 5 Ide Bisnis Online Murah yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat ya!