15 Ide Bisnis Digital Paling Menguntungkan yang Perlu Kamu Coba

15 Ide Bisnis Digital Paling Menguntungkan yang Perlu Kamu Coba

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini hampir setiap bisnis melakukan transformasi digital. Bukan hanya melakukan transformasi, tetapi banyak juga yang malah memanfaatkan era digital ini sebagai ide bisnis. Modal yang kecil menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang kini memulai bisnis digital. Ide bisnis yang sangat luas pun juga menjadi alasan utama mengapa banyak sekali yang mulai menjamah bisnis ini.

Anda pun juga bisa memulai bisnis digital milik Anda sendiri. Tidak ada batasan usia dan pendidikan untuk Anda memulai bisnis digital. Bahkan, hobi pun bisa Anda jadikan ide bisnis digital, lho. Tidak perlu modal besar untuk memulai, tanpa modal pun Anda juga bisa memulai bisnis ini. Nah, apa saja sih ide yang bisa dijadikan sebagai bisnis digital?

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

Sebelum memasuki pembahasan mengenai ide bisnis, ada satu hal yang harus Anda pahami. Bisnis digital itu tidak selamanya berkaitan dengan teknologi seperti software, coding, dan lainnya. Bisnis software adalah bisnis yang bergerak di bidang digital. Sementara, bisnis digital adalah bisnis yang pelaksanaannya memanfaatkan teknologi digital. Artinya, baik menjual barang seperti pakaian ataupun jasa, selama itu memanfaatkan teknologi digital maka dapat dikatakan sebagai bisnis digital.

Hampir semua hal saat ini memanfaatkan teknologi digital, bahkan membeli makan pun bisa melalui aplikasi. Hal ini berarti banyak sekali ide bisnis digital yang dapat Anda gunakan karena peluangnya yang sangat besar. Mulai dari buka online shop hingga menjadi seorang web developer bisa Anda jadikan ide bisnis.

1. Bisnis Digital Dropshipper

ide-bisnis-digital

Ide bisnis digital pertama yaitu sebagai dropshipper. Ini adalah salah satu ide bisnis online yang sangat mudah untuk Anda lakukan dan tanpa modal. Dalam bisnis digital dropshipper, Anda tidak perlu memiliki produk untuk Anda jual.

Cukup cari supplier dengan produk yang tentunya berkualitas sesuai dengan kebutuhan pasar. Nantinya, supplier-lah yang akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli. Anda cukup menyiapkan website dan media sosial untuk memasarkan.

Bisnis ini juga bisa Anda lakukan dalam skala global. Anda bisa membuat situs bisnis online di beberapa platform seperti Shopify dan mencari supplier dari situs Alibaba. Nah, jika sudah skala global yang bayarannya menggunakan dollar, sudah pasti sangat menguntungkan, bukan? Ide bisnis digital ini juga bisa dilakukan oleh anak SMA sekalipun, lho.

2. Jasa Membuat Website

ide-bisnis-digital

Jumlah influencer di media sosial kian bertambah tiap tahunnya. Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi digital ini sebagai ide bisnis. Salah satu media sosial yang penggunanya sangat banyak yaitu Instagram. Anda bisa membuat konten menarik di Instagram yang tentunya berkualitas. Misalnya, Anda sangat tertarik dalam dunia kecantikan, maka Anda bisa menjadi seorang beauty influencer.

Jika Anda rajin membuat konten, maka jumlah follower pun pasti akan meningkat. Dengan konten yang berkualitas dan jumlah follower yang banyak, Anda bisa membuka jasa endorsement atau kerja sama bisnis lainnya. Pelajari juga algoritma Instagram agar dapat meningkatkan insights.

3. Youtuber

ide-bisnis-digital

Youtube adalah salah satu platform yang memiliki banyak sekali pengguna. Hampir semua orang di Indonesia kini lebih memilih menonton Youtube daripada Tv. Anda dapat memanfaatkan fenomena ini untuk memulai bisnis digital sebagai seorang youtuber. Buatlah berbagai konten video yang menarik seperti vlog, podcast, series, dan lainnya untuk meningkatkan subscriber dan penonton.

Nantinya, Anda dapat mendaftar untuk monetisasi dari Adsense atau iklan. Apabila sudah terdaftar untuk monetisasi, maka Anda bisa mendapatkan bayaran dari adsense atau iklan untuk setiap video yang Anda buat. Anda juga bisa membuka kerja sama bisnis seperti promosi produk di video Anda atau konten eksklusif bagi yang berlangganan.

4. TikToker

Selanjutnya, Anda bisa menjadi seorang tiktoker. Cukup siapkan handphone Anda dan aplikasi Tiktok, Anda bisa memulai karir sebagai seorang tiktoker dengan membuat konten video yang menarik. Agar bisnis Anda berjalan lancar, Anda harus bisa mencari konten penonton sukai.

Bagaimana cara mengetahuinya? Pelajari algoritma Tiktok dengan terus membuat konten dan amati konten mana yang memiliki jumlah view yang banyak. Jika Anda sudah memiliki jumlah pengikut dan penonton yang banyak, maka Anda bisa menawarkan jasa endorsement atau kerjasama bisnis lainnya sebagai content creator Tiktok.

5. Blogger

Apakah Anda hobi menulis? Blogger adalah salah satu ide bisnis yang dapat Anda coba bagi yang senang menulis. Anda bisa membuat tulisan tentang apa saja sesuai minat Anda. Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari blogger? Anda bisa mendaftarkan akun blog Anda untuk dimonetisasi atau Google Adsense.

Nantinya, Google akan meletakkan beberapa iklan di situs Anda yang dapat Anda atur menggunakan plugin WordPress atau secara manual. Anda juga bisa membuka jasa endorsement atau kerja sama bisnis yang relevan dengan blog Anda. Dari penghasilan Adsense dan juga kerja sama bisnis, Anda bisa mendapatkan lebih dari Rp 10.000.000 per bulan.

6. Podcaster

Podcaster adalah salah satu ide bisnis digital baru yang saat ini mulai digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Berbeda dengan Youtube, podcaster membuat konten-kontennya dengan audio alias tanpa visual sama sekali. Salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk memulai ide bisnis digital ini adalah Spotify.

Melalui platform ini Anda dapat membuat beberapa konten audio untuk para pendengar Anda. Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang melalui konten podcast, salah satunya adalah iklan. Nah, iklan ini bisa berupa adlib ataupun spot dari brand lain. Konten eksklusif dengan berlangganan juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari ide bisnis digital ini.

7. Jasa Desain Grafis

Ide bisnis digital yang juga bisa Anda lakukan sebagai sampingan ataupun pekerjaan utama adalah dengan membuka bisnis online atau online shop. Untuk membuka sebuah bisnis online yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan seperti layaknya bisnis normal.

Baca Juga: Mau Blog Lebih Cepat? Gunakan Progressive JPEG! 

Bedanya, untuk bisnis online Anda harus menyiapkan website dan media sosial sebagai toko serta etalase Anda. Bila Anda tidak memiliki website, Anda bisa membuat website bisnis atau mendaftarkan bisnis Anda di beberapa e-commerce. Manfaatkanlah media sosial sebagai sarana promosi serta katalog untuk menjelaskan produk Anda.

8. Content Writer

Selain blogger, bagi Anda yang hobi menulis juga bisa menggunakan ide bisnis digital sebagai content writer. Penelitian mengatakan saat ini pekerjaan atau bisnis sebagai seorang content writer adalah ide sangat menjanjikan di era digital saat ini. Hampir semua perusahaan saat ini melakukan transformasi digital yang pastinya membutuhkan digital marketing.

Nah, content writer adalah salah satu pemasaran digital melalui tulisan. Jenis tulisannya juga beragam mulai dari artikel SEO, UX writer, copywriter, dan lainnya. Anda dapat melakukan ide bisnis digital ini secara online dari rumah, cukup siapkan laptop dan juga koneksi internet yang lancar.

9. Bisnis Digital Tutor Online

Apakah Anda senang mengajar sesuatu? Jika ya, maka bisnis membuka tutor online atau kursus online. Ide bisnis digital yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda di era serba digital ini. Bahkan, kini banyak sekolah yang berlangsung secara online. Jadi, bukan tidak mungkin bagi Anda untuk memulai bisnis tutor atau kursus online.

Anda tidak perlu membuat perusahaan besar atau aplikasi untuk awal mula seperti beberapa perusahaan kursus online lainnya. Cukup sediakan handphone atau laptop dan juga koneksi internet yang lancar, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Tidak terbatas pada subjek pelajaran sekolah saja, Anda bahkan bisa memberikan kursus untuk meningkatkan skill.

10. Web Designer 

Jika kita melihat berbagai ide bisnis digital sebelumnya, dapat kita lihat bahwa hampir semua ide bisnis itu membutuhkan website. Agar pengunjung betah dan percaya dengan brand tersebut, tentu saja butuh tampilan website yang menarik. Nah, Anda bisa menjadikan kebutuhan akan website yang menarik ini sebagai ide bisnis digital.

Bila Anda memiliki kemampuan desain seperti ilustrasi atau tipografi dan juga pemrograman website, Anda bisa mencoba memulai bisnis web design. Bisnis ini merupakan salah satu ide bisnis yang tidak akan pernah mati di era digital karena semua perusahaan membutuhkannya. Jadi, ide bisnis digital ini sangatlah menjanjikan dengan penghasilan yang juga cukup besar.

11. Jasa Pembuatan Website

Untuk memulai bisnis online atau memulai karir sebagai seorang blogger tentu saja butuh sekali untuk membuat sebuah website. Masalahnya, tidak semua orang mengerti soal pembuatan website, domain, dan pemrograman. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa menyediakan jasa pembuatan website untuk bisnis maupun website pribadi.

Pekerjaan sebagai seorang web developer sangatlah menjanjikan, begitu pula dengan bisnis jasa pembuatan website ini. Jasa web developer akan selalu dibutuhkan untuk membuat website tersebut menarik, user-friendly, dan juga memiliki performa yang bagus. Ide bisnis digital ini juga dapat Anda lakukan secara online dan remote, jadi waktu Anda lebih fleksibel.

12. Bisnis Digital Marketing

Membuka bisnis digital marketing adalah salah satu ide bisnis yang sangat menjanjikan di era digital ini. Bila Anda memiliki pengalaman sebagai seorang digital marketer, maka Anda bisa mencoba ide bisnis ini. Saat ini semua pemasaran pasti juga melalui digital. Mulai dari email hingga iklan digital adalah cara perusahaan dalam promosi.

Anda bisa membuka jasa digital marketing bagi perusahaan atau bisnis kecil yang ingin mulai menjamah promosi digital tetapi tidak paham bagaimana caranya. Pahami dan kuasai juga mengenai digital ads, SEO, SEM, dan lainnya agar bisnis Anda berjalan lancar.

13. Konsultan SEO

Agar traffic website bisnis meningkat, tentu dibutuhkan pengetahuan SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi website agar berada di halaman pertama mesin pencari. Bagi perusahaan dan bisnis lainnya yang menggunakan website tentu butuh memahami soal SEO agar situs mereka dapat didatangi oleh banyak pengunjung.

Akan tetapi, tidak semua perusahaan dan pebisnis memiliki atau memahami soal SEO. Bila Anda memiliki penguasaan teknik SEO yang sangat baik secara profesional, maka ide bisnis digital ini bisa Anda coba. Semakin banyak startup berbasis digital yang muncul di Indonesia, semakin jasa konsultan SEO dibutuhkan juga di Indonesia.

14. Desain Grafis

Dalam promosi melalui konten di media sosial seperti Instagram atau Facebook, butuh tampilan visual yang menarik dan menggambarkan isi dari pesan yang ingin disampaikan. Jika Anda memiliki kemampuan desain grafis, Anda bisa membuka jasa desain grafis sebagai ide bisnis digital.

Bukan hanya untuk media sosial, tetapi jasa desain grafis juga seringkali dibutuhkan untuk pembuatan logo, desain baju, desain stiker, desain poster, dan lainnya. Anda juga bisa membuka jasa ini sebagai seorang freelancer di beberapa situs seperti Fiverr.

15. Bisnis Digital Affiliate Marketing

Ide bisnis digital terakhir yang juga sangat menjanjikan yaitu affiliate marketing atau program afiliasi. Banyak sekali bisnis atau brand yang membuka program afiliasi sebagai salah satu strategi bisnis mereka untuk meraih lebih banyak pelanggan dan pasar. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan.

Cukup promosikan produk atau jasa dari suatu brand, lalu Anda akan mendapatkan bayaran sebagai komisi apabila mendapatkan pelanggan. Untuk menjalankan ide bisnis digital ini sendiri sebetulnya bisa Anda lakukan melalui media sosial atau apapun itu. Beberapa aplikasi seperti Tiktok juga menyediakan program afiliasi bagi bisnis yang ingin mempromosikan produknya.

Kesimpulan

Bisnis digital merupakan salah satu ide bisnis yang sangat menjanjikan. Bukan hanya modalnya yang kecil saja, tetapi Anda juga bisa mencapai pasar lebih luas. Bahkan, Anda bisa mencapai skala global selama Anda mengetahui caranya. Banyak sekali ide bisnis digital yang bisa Anda gunakan untuk mulai berbisnis.

Tidak terbatas pada ide-ide yang telah IDwebhost berikan saja, tetapi Anda bisa menggali lebih dalam potensi-potensi bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital. Dengan modal yang minim, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Lalu untuk Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website, Anda bisa menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost untuk memaksimalkan bisnis Anda menggunakan website.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022