ICT Adalah: Kuncian yang Punya Peran Penting dalam Dunia Modern Saat Ini!

25 Mei 2024
ICT Adalah: Kuncian yang Punya Peran Penting dalam Dunia Modern Saat Ini! campaign-unlimited

ICT adalah salah satu hal mendasar pada era digital kini. Sudah banyak sektor yang berkembang pesat karena peran dari teknologi ini. Mulai dari sektor industri, bisnis, pendidikan bahkan hingga sektor pemerintahan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang ICT yang lebih sering disebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi atau disingkat TIK. Mulai dari pengertian, fungsi, komponen-komponen yang meliputinya, hingga peranan ICT. Yuk kita simak selengkapnya!

Pengertian ICT

Pengertian ICT adalah

ICT adalah singkatan dari Information and Communication Technology atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). ICT merupakan sebuah istilah yang mencakup berbagai teknologi dan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pemrosesan dan penyampaian informasi.  ICT memiliki 2 aspek penting di dalamnya, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Teknologi informasi adalah semua hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi yang tersedia. Sedangkan teknologi komunikasi adalah semua hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer informasi antar perangkat.

Fungsi ICT

Ada berbagai macam fungsi dari ICT yang membantu manusia untuk mengelola sistem informasi dan komunikasi. Berikut beberapa fungsi ICT tersebut yang perlu kamu ketahui :

1. Komunikasi

Salah satu fungsi penting ICT adalah mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan orang lain secara efisien. Banyak produk ICT yang dapat digunakan untuk berkomunikasi seperti surel, video conference, dan platform lainnya yang dapat kita gunakan untuk saling berinteraksi tanpa batasan geografis. 

2. Kemudahan Mendapatkan Informasi

Fungsi kedua dari ICT adalah memberikan kita kemampuan untuk dapat mengakses dan memperoleh informasi dari berbagai sumber yang ada melalui internet. Dengan bantuan mesin pencari dan situs web yang tersedia, kita dapat dengan mudah dan cepat memperoleh informasi yang diinginkan.

3. Penyimpanan Data

Dengan ICT kita dapat merekam dan menyimpan data ke dalam suatu perangkat penyimpanan secara mudah agar nantinya dapat digunakan kembali. Misalnya kita dapat menyimpan data yang telah kita peroleh ke dalam sebuah flashdisk atau layanan penyimpanan online seperti Google Drive.

4. Mengolah Data

ICT dapat membantu kita untuk mengolah bahkan menganalisis data yang telah kita terima secara cepat dan akurat. Aplikasi pengolahan data seperti Excel atau Spreadsheet dapat membantu kita menganalisis seperti apa pola atau tren dalam data yang kita terima dengan mudah.

5. Media Hiburan

ICT memberikan kemudahan kepada kita untuk mengakses berbagai macam hiburan dengan cepat. Mulai dari streaming video, penyedia musik online, permainan video game, hingga media sosial membantu orang-orang untuk sekedar bersantai maupun menghibur diri sendiri.

Komponen ICT

Komponen ICT

Komponen ICT adalah elemen-elemen yang saling mendukung untuk menyediakan infrastruktur, layanan, dan aplikasi yang memungkinkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Berikut beberapa komponen yang terdapat dalam ICT:

1. Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras adalah komponen fisik yang diperlukan untuk penggunaan ICT. Misalnya seperti komputer sebagai perangkat utama. Ada juga beberapa perangkat lain seperti, perangkat jaringan yang terdiri dari router, modem, dan switch. Lalu, ada juga perangkat penyimpanan seperti harddisk dan SSD. 

2. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah seperangkat program yang dapat dijalankan di komputer maupun perangkat tertentu yang dirancang untuk tugas-tugas tertentu. Komponen ini cukup penting dalam membantu pengolahan data secara efisien. Contohnya seperti sistem operasi, aplikasi bisnis, aplikasi database, dan lain sebagainya.

3. Internet

Internet merupakan komponen yang sangat penting dalam ICT. Dengan internet, kita dapat dengan mudah dan cepat dalam mencari informasi dengan bebas. Selain itu, kita juga bisa saling terhubung dan berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia.

4. Cloud Computing (Komputerisasi Awan)

Cloud computing atau komputerisasi awan merupakan sebuah komponen ICT yang memungkinkan kita untuk menyimpan maupun mengolah data melalui jaringan internet daripada perangkat keras lokal. Layanan ini, memudahkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses datanya dari mana saja dengan jaringan internet.

5. Pengguna

Pengguna merupakan salah satu komponen ICT paling penting. Karena sejatinya, perangkat ICT digunakan untuk mempermudah dan membantu seorang pengguna dalam menjalankan tugasnya. Tanpa mereka, tidak akan ada yang mampu mengoperasikan ICT secara efisien dan baik.

Peranan ICT

Berbagai bidang telah mengintegrasikan ICT dalam proses dan metode sehari-harinya. Berikut beberapa penerapan ICT dalam berbagai bidang: 

1. Bidang Bisnis

Bisnis ICT

Salah satu penerapan ICT dalam bidang bisnis adalah adanya e-commerce. Hal ini mempermudah penjual untuk menjual barang dagangannya tanpa harus perlu mempunyai toko. Selain itu juga mempermudah pembeli untuk membeli barang kebutuhannya tanpa harus bertemu langsung dengan penjualnya.

2. Bidang Pendidikan

Banyak penerapan ICT dalam bidang pendidikan yang sudah ada saat ini. Misalnya seperti penggunaan e-learning. E-learning memungkinkan pelajar untuk dapat mengakses materi pembelajaran dari mana saja dan kapan saja asalkan terkoneksi dengan internet. Selain itu juga mempermudah pengajaran jarak jauh.

Penerapan ICT dalam bidang pendidikan selanjutnya adalah E-book atau buku elektronik. Saat ini, sudah banyak para guru maupun dosen yang beralih pada penggunaan e-book. Biasanya mereka akan memberikan referensi ebook kepada siswa atau mahasiswa nya agar nantinya dapat dibaca lewat perangkat masing-masing.

3. Bidang Pemerintahan

Penerapan ICT dalam pemerintahan bisa dilihat dengan adanya e-government. E-government menawarkan kemudahan penggunaan layanan pemerintahan kepada masyarakatnya secara online. Hal ini dapat menciptakan pelayan kepada masyarakat yang lebih efisien. Selain itu juga membantu pemerintahan lebih mudah dalam melakukan proses digitalisasi data.

Selain e-government, terdapat juga penerapan ICT dalam pemerintahan yang lainnya yaitu smart city. Smart city memiliki tujuan untuk memudahkan sebuah kota dalam mengelola data yang berkaitan dengan infrastruktur kota seperti sistem transportasi, fasilitas kota, keadaan lingkungan kota dan lain sebagainya.

4. Bidang kesehatan

Saat ini mungkin kita sudah sering menggunakan salah satu contoh peranan ICT dalam bidang kesehatan, yaitu telemedicine. Telemedicine adalah sebuah layanan ICT di bidang kesehatan yang memungkinkan pasien melakukan konsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke rumah sakit. 

5. Bidang Keuangan

Dalam bidang keuangan, ICT digunakan untuk mengelola transaksi keuangan, menyediakan layanan perbankan online, perdagangan saham, dan lain sebagainya. Saat ini kita tahu sudah banyak bank mulai membuat aplikasi perbankan online untuk mempermudah para nasabahnya dalam menggunakan fasilitas mereka tanpa harus pergi ke ATM.

6. Bidang transportasi

Salah satu penerapan ICT dalam bidang transportasi yang dapat kita lihat sekarang adalah muncul berbagai macam aplikasi ojek online. Hal ini tentu saja memudahkan orang yang membutuhkan ojek dapat memesan mereka di mana saja tanpa harus pergi ke pangkalan ojek.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas tadi, dapat disimpulkan bahwa ICT adalah sebuah konsep penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengolah, menyimpan, membagikan sebuah informasi. Sudah banyak bidang di kehidupan kita sehari – hari yang mulai menerapkan ICT.

Itulah pengertian, fungsi, komponen, dan penerapan dari ICT dari kami. Bagaimana menurut kamu dengan penjelasan ICT tadi? Apakah kamu sudah cukup jelas? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu ya!

Kamu suka belajar topik seputar teknologi? Yuk, baca lebih banyak artikel kami di Blog IDwebhost! Cek juga promo terbaru jasa bikin website dan hosting kami, buat pastiin kamu up to date dengan tren terkini!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022