HTTPS/SSL Penting Untuk Bisnis Online. Mengapa?
Blog Tips Keren HTTPS/SSL Penting Untuk Bisnis Online. Mengapa?

HTTPS/SSL Penting Untuk Bisnis Online. Mengapa?

Pada artikel ini, anda akan mempelajari alasan kenapa HTTPS/SSL penting untuk bisnis online. Pada Juli 2018, Google mengumumkan bahwa mereka akan mulai menandai semua situs tanpa sertifikat SSL sebagai “tidak aman.” Pengidentifikasi ini memberi tahu pengunjung situs web apakah informasi pribadi mereka aman dan terjamin saat mereka meramban situs di internet.

Ketika sertifikat SSL hadir di situs, URL situs akan ditampilkan sebagai ‘HTTPS’ dan ‘akan melihat kunci hijau di sebelah kata aman di jendela URL. HTTPS menunjukkan bahwa situs melindungi data pengguna dan memastikan bahwa pengguna terhubung ke situs resmi. Intinya, Google menginginkan web yang lebih aman dan menjadikan HTTPS sebagai standar untuk semua situs web yang akan datang. Sekarang penting untuk memastikan situs web anda aman dan nyaman bagi pengguna dan pelanggan potensial anda.

Alasan kenapa HTTPS/SSL penting untuk bisnis online

Bisnis kecil Online

Sebagai pemilik usaha kecil. Anda tidak perlu mengerti setiap detail terakhir tentang teknologi dan terminologi komputer dan hal-hal terkait internet. Di artikel ini, anda akan mempelajari alasan mengapa situs web anda harus https dan mengapa itu harus dilakukan segera.

Sederhananya, arti ‘S’ dalam HTTPS berarti situs web anda aman. Ini penting terutama untuk bisnis e-niaga yang menghasilkan penjualan dan mengumpulkan uang secara online, tetapi sekarang penting untuk setiap situs web. Mengapa? Karena pada Agustus 2018, Google memperingatkan orang-orang ketika mereka mengunjungi situs web yang tidak aman.

Masih banyak situs web yang belum dikonversi ke situs web yang responsif seluler. Ini juga merupakan bencana pemasaran online. Keduanya memiliki efek menyediakan layanan yang buruk (atau nol) kepada pelanggan Anda atau pelanggan perspektif dan keduanya memiliki efek menghancurkan peringkat Anda di mesin pencari sehingga sulit ditemukan oleh pelanggan potensial yang mungkin mencari bisnis seperti milik Anda, terutama jika mereka belum tahu Anda ada.

Jika anda membaca ini dan tidak memiliki Sertifikat SSL (hal yang membuat HTTPS di situs web anda), kami dapat membantu anda dengan solusi yang cepat dan terjangkau. Waktu sangat penting jika anda ingin mengambil keuntungan dan mendapatkan Sertifikat SSL untuk situs web anda sebelum pesaing anda mengetahuinya.

HTTPS/SSL penting untuk bisnis online

Sertifikat SSL telah menjadi faktor peringkat sejak 2014 tetapi seiring berjalannya waktu dan Google bekerja menuju internet yang lebih aman, nilai pentingnya semakin meningkat. Ini adalah hal yang baik untuk bisnis Anda, karena memberi Anda keunggulan kompetitif terhadap bisnis yang tidak memiliki sertifikat SSL di situs mereka.

Pada Juli 2018 Google mulai menampilkan keamanan koneksi di bilah alamat Chrome di semua halaman situs web, menandai semua halaman HTTP “Tidak Aman”. Pesan “Tidak aman” ini dapat dilihat oleh pengunjung dan sekali lagi, tidak menginspirasi kepercayaan.

Alasan kenapa HTTPS/SSL penting untuk bisnis online

Ada tiga alasan mengapa beralih ke HTTPS sangat penting:

Autentikasi

Otentikasi membantu memverifikasi kepemilikan situs web anda. Percaya atau tidak, ada orang di luar sana yang membuat replika situs web dan mengalihkan lalu lintas dalam upaya untuk mencuri dari Anda.

Kebanyakan orang tahu bahwa mereka perlu memeriksa kunci hijau di jendela URL sebelum memasukkan informasi pribadi ke situs web. Tetapi Anda dapat melangkah lebih jauh dan memverifikasi sertifikat SSL untuk memastikan pengunjung Anda mengetahui informasi mereka aman di situs Anda.

Integritas data

Integritas data adalah tentang apakah data di situs Anda telah dirusak ketika sedang transit. Jika situs web Anda tidak aman, orang-orang yang secara teknologi cenderung dapat merusak data yang disampaikan dari server Anda kembali ke klien. Itu berarti bahwa formulir kontak dari klien potensial yang baru saja diisi di situs web Anda bisa menuju ke peretas alih-alih Anda.

Enkripsi

Enkripsi mengacu pada keamanan komunikasi antara klien dan server dan memastikan tidak ada orang lain yang dapat membaca informasi yang dikirim. Ini adalah titik kunci untuk situs web komersial dan e-niaga karena bisnis tersebut sering berurusan dengan informasi pribadi pelanggan. Meskipun sangat penting untuk mengenkripsi komunikasi, sama pentingnya untuk mengenkripsi data yang dikirimkan menggunakan formulir.

Biaya Sertifikat SSL

Biaya sertifikat SSL akan tergantung pada penyedia hosting situs web Anda, kepada siapa mereka membeli sertifikat, dan jenis sertifikat yang mereka beli. Ada tiga jenis sertifikat SSL:

  • Single Domain – Jenis sertifikat SSL ini hanya berlaku pada satu URL domain.
  • Multi Domain – Juga dikenal sebagai Sertifikat Komunikasi Universal (UCC) ini mengamankan beberapa nama domain dan beberapa nama host dalam nama domain. Anda dapat mengatur domain utama dan kemudian menambahkan hingga 99 tambahan Subjek Alternatif Nama (SAN) dalam satu sertifikat. Ini bagus untuk bisnis dengan beberapa sub domain dan URL untuk berbagai layanan, lini produk, atau lokasi geografis.
  • Wildcard – Jenis sertifikat ini untuk mengamankan semua subdomain yang mungkin Anda miliki untuk satu domain.

Saat memilih Sertifikat SSL anda, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan host web anda, agensi pemasaran, atau departemen TI untuk memastikan anda memilih opsi yang tepat untuk seluruh bisnis online yang anda miliki.

Proses Beralih dari HTTP ke HTTPS

Beralih dari HTTP ke HTTPS bisa rumit. Ada beberapa masalah potensial yang dapat terjadi, itulah mengapa ini tidak dianggap sebagai proyek DIY yang cepat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu terjadi untuk mengonversi situs Anda dari HTTP ke HTTPS:

  1. Temukan sertifikat SSL yang tepat untuk situs web Anda
  2. Instal sertifikat di situs web Anda
  3. Perbarui konfigurasi situs web Anda untuk mengarahkan ke HTTPS alih-alih HTTP
  4. Arahkan ulang semua halaman untuk situs web HTTP Anda ke lokasi situs HTTPS
  5. Verifikasi ulang kepemilikan situs web Anda di Google Search Console dan perbarui lokasi sitemap
  6. Perbarui konfigurasi properti web Anda di Google Analytics
  7. Uji dan konfirmasikan bahwa konversi berhasil

Seperti yang kami katakan, ini bukan proyek DIY cepat. Buat prosesnya lebih mudah dengan menjadikan kami host web Anda dan membiarkan kami menangani pekerjaan!

Amankan situs website dengan HTTPS/SSL penting untuk bisnis online anda

Mengamankan situs web anda adalah suatu keharusan jika anda ingin bersaing secara online dan membangun kepercayaan dengan pelanggan anda. Beralih lebih cepat daripada kompetitor anda yang lambat hanya akan menguntungkan situs web dan bisnis anda.

Semakin banyak bisnis yang menyadari nilai dalam pemasaran digital dan untuk bersaing secara online, strategi SEO anda harus lebih dari sekadar teori dasar-dasarnya. Memperhatikan SSL dapat memungkinkan situs anda untuk memiliki peringkat lebih tinggi di mesin pencarian.

Selamat membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.