Apa Itu Hosting Unlimited?
Blog Tips Keren Apa Itu Hosting Unlimited?

Apa Itu Hosting Unlimited?

Apa Itu Hosting Unlimited

Dalam dunia hosting saat ini juga dikenal adanya hosting unlimited. Bahkan, banyak pelanggan yang kini beralih dari hosting limited ke hosting unlimited. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan. Sebenarnya apa kelebihan dari hosting unlimited? Dan apakah hosting unlimited benar-benar tidak memiliki batasan sama sekali? Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa hal tentang hosting unlimited.

Pengertian Hosting Unlimited

Hosting unlimited adalah layanan hosting di mana tidak terdapat batasan pada penggunaan diskspace hosting tersebut. tetapi, pembatasan dilakukan dengan sistem inodes. Apa yang dimaksud dengan sistem inodes?
Inodes sendiri merupakan struktur data yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang file di hosting. Mudahnya inodes adalah banyaknya file dan folder dalam hosting. Misalkan Anda memiliki 15 files dan 10 folder, maka Anda telah menggunakan 25 inodes. Pada umumnya hosting provider memberikan batasan inodes sebesar 100.000 sampai dengan 750.000. Dengan jumlah 10.000 inode, Anda dapat menyimpan file sebanyak:

1. Pilihan 1: Anda dapat menyimpan file sebesar 1 KB sebanyak 100.000 File. Maka Anda mendapatkan space sebesar 100 MB
2. Pilihan 2: Anda dapat menyimpan file sebesar 10 KB sebanyak 100.000 File sehingga Anda mendapatkan space sebesar 1000 MB
3. Pilihan 3: Anda menyimpan file sebesar 10 MB sebanyak 100.000 File. (Bisa dihitung sendiri jumlah space yang didapatkan dan begitu seterusnya dengan berbagai kemungkinan).

Di sini dapat disimpulkan bahwa besar space hosting yang bisa digunakan itu tidak bisa dipastikan karena perhitungannya tidak menggunakan batasan disk space tetapi berdasarkan inodes. Jika Anda memiliki file berukuran besar-besar, maka Anda akan mendapatkan disk space yang besar. tetapi jika file berukuran kecil-kecil, maka Anda akan mendapatkan disk space yang kecil.

Batasan Pada Hosting Unlimited

Pada dasarnya, hosting unlimited tidak benar-benar unlimited. Mereka tetap memiliki batasan yang harus dipatuhi oleh penggunanya sesuai dengan definisi di atas. Tidak hanya itu saja, hosting unlimited juga dibatasi dengan syarat & ketentuan dari hosting provider. Semua hosting provider pasti menerapkan aturan bahwa hosting unlimited tidak boleh digunakan untuk dijadikan file hosting, image hosting, movie hosting, dan sebagainya. Jadi jika Anda mempunyai web streaming atau web download, Anda tidak boleh menyimpan file atau film pada hosting yang digunakan.

File yang diizinkan masuk ke hosting hanyalah file-file standard website seperti PHP, CSS, HTML, Javascript dan Gambar yang sudah dikompres. Padahal untuk file-file tersebut berukuran sangat kecil, yaitu kisaran 1-50 KB saja. Misalkan setiap file memiliki rata-rata ukuran sebesar 10 KB, maka sebenarnya space yang Anda dapatkan hanya sebesar 1 GB saja (limit 100.000 inodes). Selain itu, jika Anda membeli hosting unlimited di tempat yang kurang terpercaya, mereka bisa seenaknya melakukan suspend pada account Anda jika dirasa membebani disk space server.

Kesimpulan

Hosting unlimited bisa dikatakan sebagai salah satu taktik marketing yang cukup menggiurkan. Namun, pada dasarnya hosting tersebut tidak benar-benar unlimited karena adanya batasan inodes dan syarat lainnya. Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih hosting provider, sebaiknya mulai saja menggunakan hosting limited terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya di Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.