Tranfer Domain di IDwebhost
Blog Hosting Guru Tranfer Domain di IDwebhost

Tranfer Domain di IDwebhost

Ketika Anda memiliki hosting dan domain yang berada di bawah provider yang berbeda, ada kalanya Anda akan merasa kesulitan ketika menghadapi kendala. Maka salah satu jalannya adalah memindahkan domain yang berada di bawah registrar berbeda tersebut. Hal ini dikenal dengan istilah transfer domain.

Mari ambil contoh, misalnya hosting Anda terdaftar di IDwebhost, sedangkan domainnya berada di bawah registrar lainnya. Kemudian Anda merasa tidak puas dengan pelayanan dari registrar lain tersebut. Maka Anda bisa segera melakukan transfer domain. Ya, sebagai pengguna layanan IDwebhost, Anda dimungkinkan untuk melakukan transfer domain dari registrar lain ke IDwebhost.

Pada artikel kali ini, Kami akan membagikan pada Anda, Sahabat setia IDwebhost tentang bagaimana cara transfer domain di IDwebhost. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Syarat Transfer Domain di IDwebhost

Berikut ini adalah tata cara order tranfer domain ke IDwebhost. Sekali lagi perlu diketahui bahwa transfer domain adalah memindahkan domain yang pernah Anda beli ditempat lain dan masih aktif, lalu anda ingin memindahkan domain tersebut di IDwebhost, Jadi domain tersebut harus pernah dibeli ditempat lain dan saat ini masih aktif.

Untuk dapat memindahkan domain Anda dari penyedia domain lain ke IDwebhost, ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi. Berikut adalah persyaratan yang harus Anda penuhi tersebut:

Domain Masih Memiliki Masa Aktif Setidaknya 60 Hari dari Expired Date

Syarat pertama adalah domain yang akan ditransfer memiliki masa aktif lebih dari 60 hari. Mengapa demikian? Syarat ini bertujuan unutk menghindari upaya terjadinya gagal transfer domain. Apabila dalam masa proses transfer domain mengalami kadaluarsa, maka transfer domain berisiko tinggi untuk gagal. Hal ini ini juga untuk mengantisipasi kegagalan transfer yang disebabkan oleh suatu faktor. Sehingga domain bisa diproses ulang sebelum masa kadaluarsa.

Whois Privacy Domain Harus Nonaktif

Syarat kedua yang harus dipenuhi adalah menonaktifkan whois privacy domain. Whois privacy adalah layanan domain yang berguna untuk menyembunyikan data terdaftar domain. Misalnya email, alamat telepon, dan lain sebagainya.

Mengapa whois privacy harus nonaktif ketika transfer domain terjadi? Karena, dalam proses transfer domain perlu melihat email terdaftar domain tersebut. Yang mana hal ini berguna untuk mengirimkan link approval transfer domain yang nantinya perlu di-klik sebagai bentuk verifikasi transfer domain. Untuk menonaktifkan whois privacy, Anda bisa menghubungi registrar domain sebelumnya.

Usia Minimal Domain 60 Hari

Agar transfer domain dapat dilakukan, sebuah domain minimal harus berusia 60 hari sejak didaftarkan pertama kali.

Memiliki Epp Code/Auth Code

Epp Code dikenal juga dengan sebutan kode rahasia domain. Kode unik ini berfungsi sebagai kode pengamanan untuk melakukan transfer nama domain. Maka dari itu, untuk transfer domain harus memilki epp code yang valid agar transfer domain dapat berjalan dengan lancar. Untuk mendapatkan epp code, kode ini ada di client area atau menghubungi penyedia domain sebelumnya.

Domain Dalam Kondisi Unlock atau Theft Protection Disable

Domain unlock, status domain OK atau theft protection disable sangat diperlukan untuk melakukan transfer domain. Sebagai bentuk bahwa domain dapat dilakukan transfer ke registrar lain. Untuk melakukan unlock domain, dapat dilakukan via client area atau menghubungi pihak registrar domain sebelumnya.

Email Untuk Mendaftarkan Domain Harus Tetap Aktif

Email atas domain yang didaftarkan pada registrar sebelumnya, atau email yang terlihat pada whois domain harus aktif. Hal ini dikarenakan, nantinya, proses transfer akan mengirimkan sebuah link approval, yang mana link tersebut harus Anda klik sebagai persetujuan atas transfer domain.

Tanpa syarat tersebut, maka tranfer domain bisa dipastikan gagal. Bila tranfer domain ke IDwebhost pada akhirnya gagal karena Anda tidak memenuhi kriteria diatas, maka biaya tranfer domain akan  dikembalikan sepenuhnya. Untuk proses transfer domain sendiri akan memakan waktu minimal 7 hari setelah Link Approval di klik, dan apabila gagal nantinya bisa di proses ulang dengan melengkapi penyebab gagal transfer domainnya.

Persiapan Transfer Domain

Berikut adalah persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan transfer domain:

Pastikan Status Domain Sudah Unlock

Untuk melakukan pengaturan atau melihat apakah status domain Anda telah unlock atau belum, Anda bisa mengakes member area. Atau, Anda bisa langsung menghubungi registrar domain sebelumnya. Atau solusi lainnya, Anda bisa melihatnya dari whois domain tools.

Misalnya, jika domain dalam kondisi lock, maka statusnya adalah clientTransferProhibited. Sedangkan jika domain sudah berstatus unlock, maka statusnya adalah OK.

Pastikan Whois Privacy Domain Nonaktif

Untuk melakukan pengecekan whois Anda aktif atau tidak, bisa menggunakan tools dari who.is. Jika whois aktif, pada data whois tidak akan terlihat data diri Anda. Misalnya email terdaftar, nomor telepon, dan alamat rumah. Data akan diganti oleh data dari provider penyedia whois privacy. Kalau whois privacy nonaktif, data diri Ada akan dengan jelas tertampil.

Pastikan Mendapatkan Epp Code yang Valid

Untuk mendaptan Epp Code, umumny bisa didapatkan dari member area domain. Atau bisa juga dengan meminta langsung ke tim support registrar domain Anda. Epp code ini harus valid, agar transfer domain yang akan dilakukan nantinya bisa berhasil.

Cara order transfer Domain (tanpa hosting) di IDwebhost :

Setelah semua syarat dan persiapan sudah terpenuhi, maka sekarang saatnya untuk untuk order transfer domain di IDwebhost. Silakan ikuti petunjuk berikut ini:

1. Di halaman depan IDwebhost silakan klik Domain

Cara Mudah Transfer Domain di IDwebhost

2. Klik Tranfer Domain

3. Pilih Order “Domain Saja”

Pilih Order Domain saja Kemudian Tulis EPP Code Domain (tanya ke tampat provider lama tempat Anda daftar domain dahulu)

Cara Mudah Transfer Domain di IDwebhost

4. Isi Data Diri

Isi data diri (khusus pelanggan baru), untuk pelanggan lama cukup login dengan user dan password pelanggan. 

Catatan :

– Password isikan sesuai selera dengan Huruf + Angka + Karakter lain seperti #&*@^ dan lain-lain
– Kode Promosi dikosongkan saja, kecali bila anda punya kupon diskon yang diberikan IDwebhost
– Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. IDwebhost mendukung hampir semua transfer bank terkemuka, Go Pay, Ovo, Alfamart, dan Indomaret.
– Bila ingin trafer dengan paypal, silakan klik Paypal.

5. Tranfer Domain Selesai

Anda akan mendapatkan Email berupa jumlah tagihan dan nomer rekening pembayaran, silakan untuk mentransfer dan setelah transfer silakan konfirmasi via email,telepon atau SMS dengan menyebutkan 3 hal : Nama domain, Jumlah transfer , Ke bank apa dan dari rekening atas nama siapa

6. Khusus pembayaran pakai paypal klik Paypal, Link pembayaran paypal juga terkirim via email, dan Anda bisa klik juga dari tautan yang dikirim via email tersebut. 

Catatan Penting :

1. Sekali lagi, syarat tranfer domain harus terpenuhi

2. Bila tranfer domain berhasil maka tanggal dan bulan expired domain tidak berubah, yang berubah adalah tahunya (ditambah 1 tahun)

3. Selama tranfer domain Anda tidak dapat merubah name server, sebaiknya memang tidak dirubah name servernya sehingga tetap bisa diakses ke hostingnya

4. Setelah tranfer domain selesai, bila anda ingin rubah name server, pastikan di hosting baru telah di upload data website dll sehingga langsung siap pakai.

Penutup

Cukup mudah bukan, cara transfer domain di IDwebhost? Mau website kencang andal? Tunggu apalagi, ayo langganan hosting murah IDwebhost sekarang juga.