Tips Memilih Nama Domain Yang Terbaik
Blog Hosting Guru Tips Memilih Nama Domain Yang Terbaik

Tips Memilih Nama Domain Yang Terbaik

nama domain
Picture Source : Google

Memilih sebuah nama domain dapat menjadi hal penting sebelum membangun website yang besar. Saat Anda memilih nama domain, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut.

Nama Domain Anda Harus Menjadi Nama Website Anda

Penamaan situs setelah memilih nama domain adalah hal penting. Alasannya sederhana, karena orang-orang yang mengunjungi situs akan berpikir tentang nama dari situs tersebut. Jika nama situs Anda sama dengan nama domain, mereka secara otomatis akan tahu kemana harus pergi. Misalnya, ketika orang berpikir tentang facebook.com, mereka tidak perlu bertanya-tanya apa alamat web yang perlu diketikkan pada browser untuk sampai ke sana karena nama situs tersebut juga nama domain.

Bayangkan jika bisnis Anda (atau situs Anda) memiliki nama “Acme”, tetapi orang lain sudah menggunakan nama tersebut untuk nama domainnya. Di sisi lain, Anda memiliki beberapa nama domain dengan nama yang berbeda dari “Acme” misalnya, “mybusiness.com”. Lalu apa yang akan terjadi? Pelanggan yang melakukan pencarian tentang bisnis Anda tentu akan mengetikkan “www.acme.com” di mesin pencari. Selanjutnya, mereka hanya akan berakhir di situs orang lain dan Anda akan kehilangan penjualan dan pelanggan. Dalam dunia modern dimana orang-orang secara otomatis beralih ke web untuk mencari informasi, maka memiliki nama domain yang mencerminkan situs atau bisnis adalah hal penting. Bagaimana jika Anda tidak bisa mendapatkan nama domain pilihan? itu benar-benar tergantung pada seberapa besar komitmen Anda untuk nama tertentu. Selain itu, perlu banyak uang dan waktu dalam membangun nama tersebut.

Nama Domain Yang Umum Atau Bermerek?

Sejumlah orang nampaknya berfikir untuk membuat beberapa nama domain umum misalnya seperti “cars.com”. Tetapi, jika Anda sedang mencari sebuah mobil, Anda mungkin sudah memikirkan beberapa merek yang sesuai. Anda lebih mungkin mengetikkan nama dari merek tersebut misalnya “toyota.com” atau “hyundai.com”, bukan hanya mengetikkan “cars.com”. Untuk alasan inilah, kami merasa bahwa nama domain yang cocok dengan nama merek Anda adalah hal penting. Nama domain yang beremerek akan memudahkan audiens untuk mengingat dan lebih mungkin untuk dikunjungi kembali oleh audiens.

Nama Domain Yang Panjang Atau Pendek?

Beberapa orang berpendapat bahwa nama domain yang pendek akan lebih mudah diingat, mudah untuk diketikkan, dan jauh dari resiko kesalahan eja. Misalnya “getit.com” akan lebih mudah diingat dan lebih rentan terhadap kesalahan ketik daripada “connecttomywebsiteandobtainit.com”. Sedangkan beberapa orang lain berpendapat bahwa nama domain yang panjang biasanya lebih mudah disimpan di memori manusia. Misalnya “gaepw.com” adalah urutan huruf yang tidak berhubungan dan sulit untuk diingat serta diketikkan dengan benar. Sedangkan jika kita memperluasnya dalam bentuk panjang menjadi “GetAnEconomicallyPricedWebsite.com”, maka kita cenderung mengingat nama tersebut.

Setiap pendapat tersebut memiliki kebenarannya masing-masing. Jika kami boleh menyarankan, pilihlah nama domain yang pendek selagi Anda bisa menemukan satu yang tepat (saat ini semakin sulit mendaftarkan nama domain pendek). Jika tidak ada, Anda tetap boleh menggunakan nama domain panjang, namun hindari memilih nama yang sangat panjang hingga mencapai puluhan karakter. Selain menghindari masalah yang jelas bahwa orang-orang mungkin tidak bisa mengingat nama yang panjang, hal ini juga menyulitkan dalam mengetikkan dan mencoba menyesuaikan sebagai judul pada halaman web Anda.