Siapa yang Harus Mempertimbangkan Unmanaged VPS Hosting?
Blog Hosting Guru Siapa yang Harus Mempertimbangkan Unmanaged VPS Hosting?

Siapa yang Harus Mempertimbangkan Unmanaged VPS Hosting?

Data center

Virtual Private Server (VPS) semakin populer di dunia web hosting. Unmanaged VPS Hosting adalah VPS yang secara penuh dikendalikan oleh pengguna. Penyedia web hosting tidak merekomendasikan unmanaged VPS bagi orang-orang yang masih awam atau tidak mengetahui seluk-beluk bagaimana caranya memulai, menjalankan, dan mengatur server. Bagi mereka, telah disediakan managed VPS hosting.

Jika menggunakan unmanaged VPS hosting, provider tidak menawarkan bantuan jika Anda mengalami hambatan dalam mengelola akun unmanaged VPS. Anda diharuskan memiliki pengetahuan tentang sistem operasi Linux dan bagaimana menggunakannya untuk mengatur server seperti hardware, software, performa, dan konfigurasi server. Provider hanya akan membantu menyelesaikan masalah yang terkait dengan jaringan atau hardware.

Keuntungan Menggunakan Unmanaged VPS Hosting

  • Kebebasan mengatur bandwidth, memori, software, penggunaan, dan kapasitas penyimpanan
  • Server dapat dikustomisasi agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan
  • Solusi efektif bagi pengguna karena tidak perlu melakukan manajemen power/listrik
  • Dapat menawarkan kepada klien aplikasi-aplikasi standar maupun yang tidak standar
  • Software atau program yang biasanya tidak ditawarkan oleh shared hosting provider dapat digunakan di unmanaged VPS
  • Cocok digunakan untuk bisnis atau website dengan traffic yang tinggi

Selain itu, dari sudut pandang provider, unmanaged hosting dapat menghemat pengeluaran dengan memangkas layanan customer service.

Siapa yang Sebaiknya Menggunakan Unmanaged Hosting?

Singkatnya, unmanaged VPS atau layanan hosting dedicated adalah pilihan ideal untuk membuat dan meng-konfigurasi server agar benar-benar sesuai dengan keinginan kita, mulai dari software, bandwidth, kapasitas penyimpanan, performa, dan lain-lain. Namun untuk melakukan itu semua, pengguna harus menguasai sistem operasi Linux dan pengetahuan me-manage server.