Cara Order Perpanjangan Domain
Blog Hosting Guru Cara Order Perpanjangan Domain

Cara Order Perpanjangan Domain

Domain dapat diibaratkan sebagai alamat rumah. Jika membicarakan komputer, tiap-tiap komputer yang berhubungan ke internet akan memiliki alamat IP atau IP Address sendiri. Namun, tentu saja akan sangat sulit jika kita harus mengingat deretan angka yang tertera di alamat IP. Karena itulah nama domain sangat diperlukan. Dan domain adalah sebagai alat pengingat untuk memudahkan manusia untuk mengakses internet.

Perkembangan internet yang semakin maju membuat kebutuhan akan domain juga semaki besar dan meningkat. Salah satunya, domain banyak digunakan brand-brand untuk aktivitas pemasaran. Banyak pebisnis, dari yang kecil hingga skala multinasional menggunakan domain untuk mempromosikan produk mereka.

Selain dapat digunakan sebagai sarana promosi bisnis yang bagus, domain juga dapat menjadi sebuah investasi yang sangat mahal, dan banyak orang yang belum menyadari hal ini.

Baca Juga : Tips Memilih Domain Bisnis Pertama Anda

Pertanyaannya, apa yang membuat domain bisa menjadi investasi yang berharga? Ada beberapa hal yang membuat sebuah domain akan menjadi mahal di kemudian hari. Pertama tentu saja ditentukan sari traffic domain tersebut. Jika domain yang Anda miliki punya traffic yang tinggi, maka penggguna lain akan siap merebutnya dari Anda.

Bisa juga karena domain yang Anda miliki memiliki nama yang unik dan menggambarkan suatu hal secara besar. Maka domain Anda bisa jadi sangat mahal, karena nama yang unik tersebut.

Kembali ke domain yang akan direbut orang jika Anda tidak segera melakukan perpanjangan domain. Ya, inilah salah satu hal yang harus Anda perhatikan ketika memilik domain. Jangan sampai lupa untuk melakukan perpanjangan domain. Karena tak sedikit pengguna dan pemilik domain yang tidak memperhatikan masa aktif domain yang dimiliki.

Dampak yang Terjadi Jika Terlambat Melakukan Perpanjangan Domain

Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kenapa sebuah domain lupa diperpanjang. Seorang pengelola websie lupa melakukan perpanjangan domain dan hosting disebabkan banyak faktor. Misalnya, faktor kesibukan pekerjaan, lupa masa aktif, atau bahkan tidak mengetahui bahwa domain dan hosting harus diperpanjang pada periode waktu tertentu.

Ya, sebuah domain dan hosting rata-rata memiliki waktu berlangganan yang lumayan lama. Rata-rata berkisar 1 hingga 3 tahun. Jangka waktu yang lumayan lama tersebut sering membuat pengelola website lupa dengan masa tenggang domain dan hosting miliknya.

Memang, lupa melakukan perpanjangan domain tampak seperti perkara yang sepele. Tetapi dampaknya juga bisa sangat signifikan untuk website Anda. Berikut ini adalah dampak yang mungkin terjadi ketika lupa melakukan perpanjangan domain:

Peringkat SEO Turun Drastis

Hal pertama yang akan terjadi ketika domain lupa diperpanjang adalah turunnya peringkat SEO website di mesin pencari. Ketika domain dan hosting kaduarsa, website Anda tidak akan dapat diakses oleh pengunjung. Inilah yang akan menyebabkan ranking website Anda jatuh.

Bisa jadi website Anda tidak akan berada di peringkat atas mesin pencari, dan tidak akan muncul pada halaman pertama. Padahal, bisa muncul di halaman pertama Google adalah salah satu jalan terbaik untuk mendapatkan traffic website yang besar. Website akan jadi sangat sulit untuk ditemukan oleh pengunjung.

Website Akan Ditangguhkan

Saat domain Anda telah melampaui masa aktif, maka tidak ada pilihan lain bagi provider domain dan hosting selain menangguhakan website Anda. Biasanya, penyedia domain hosting akan memberikan kepada pengguna untuk melakukan perpanjangan langganan sesuai jangka waktu yang ditentukan.

Kalau pengunjung memasuki website Anda pada saat masa penangguhan, reputasi website Anda bisa jatuh seketika.

Website Tidak Dapat Diakses

Saat website Anda sedang ditangguhkan, website Anda akan menampilkan pesan error ,segera menghubungi penyedia domain atau menampilkan halaman iklan. Sehingga, pengunjung tidak akan bisa mengakses konten yang ada di website Anda. Bisa juga pengunjung akan berpikir bahwa website Anda tidak lagi aktif.

Kehilangan Nama Domain

Dampak paling fatal dari lupa melakukan perpanjangan domain, tentu saja adalah kehilangan nama domain. Sehingga, nama domain website tersebut akan tersedia dan bebas digunakan oleh orang lain. Domain website yang kadaluarsa akan melewati tiga tahapan sebagai berikut:

  • Renewal Grace Period

Ketika sebuah domain kadaluarsa, tahap pertama yang terjadi adalah renewal grace period alias masa tenggang perpanjangan. Pada tahap pertama ini, domain masih dapat diperpanjangan tanpa dikenakan biaya tambahan. Anda akan diberikan waktu antara 30-40 hari untuk melakukan perpanjangan domain yang telah kadaluarsa.

  • Redemption Grace Period

Domain yang telah kadaluarsa dan tidak diperpanjang selama waktu renewal grace period, maka domain tersebut akan memasuki tahap redemption grace period atau masa tenggan penebusan. Pada tahap ini, domain Anda telah dihapus oleh registrar. Pemilik domain ini sebelumnya dapat memulihkan domain melalui registrar sebelumnya selama periode ini.

Hanya saja harga yang dibayarkan pengguna pada tahap ini akan sangat mahal. Tahap ini umumnya akan berlangsung selama kurang lebih 30 hari.

  • Pending Delete

Waktu pending delete umumnya berlangsung selama lima hari. Tahapan ini merupakan waktu pelepasan domain Anda. Setelah terhapus, domain tersebut tersedia bagi siapa saja yang mau membeli.

Denda Keterlambatan

Jika Anda lupa melakukan perpanjangan domain, maka Anda akan dikenakan denda keterlambatan. Pemilik website akan diberikan wakut untuk memperpanjang domain dan hosting.

Perpanjangan domain harus segera dilakukan sebelum masa aktif habis. Jangan sampai domain Anda kadaluarsa akhirnya diambil orang lain. IDwebhost selalu mengirimkan notifikasi perpanjangan domain untuk mengingatkan Sahabat IDwebhost sejak jauh-jauh hari.

Cara Order Perpanjangan Domain IDwebhost

Berikut ini adalah langkah-langkah cara order perpanjangan domain IDwebhost:

Langkah 1 : Login ke akun member area IDwebhost

Langkah pertama, Silakan login member.idwebhost.com. Masukkan username dan password di halaman login. Setelah berhasil masuk ke halaman dashboard member area,  silakan klik menu Domain > Perpanjang Domain.

perpanjang Domain

 

Langkah 2 : Pilih Domain yang Akan Diperpanjang

Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah memilih domain yang akan di perpanjang. Jika sudah memilih domain yang akan diperpanjang, silakan klik order sekarang.

proses perpanjang Domain

Langkah 3 : Menyelesaikan Pembayaran

Setelah melakukan order, akan diminta melakukan pembayaran. Sistem akan menampilkan detail pembayaran dan silahkan klik selesaikan.

detil pembayaran

Langkah 4 : Mengisi Data Diri

Selanjutnya, silahkan pilih data diri, alamat penagihan dan metode pembayaran sesuai yang Anda inginkan dan kemudian klik Selesaikan Pemesanan.

tagihan

Langkah 5 : Konfirmasi Pembayaran

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Silahkan bisa melakukan transfer pembayaran sesuai dengan total yang ada pada invoice. Ada banyak metode pembayaran yang bisa Anda pilih. Mulai dari transfer bank, virtual account, Ovo, hingga payment point Alfamart. Setelah itu anda bisa melakukan konfirmasi pembayaran melalui Form Konfirmasi.

Penutup

Itulah tadi cara order perpanjangan domain IDwebhost. Jangan khawatir, IDwebhost akan selalu mengingatkan pelanggan secara berkala tentang pembayaran domain sejak jauh hari.

Ayo tunggu apalagi order domain dan hosting murah IDwebhost sekarang juga!


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/idweb01/public_html/blog/wp-includes/functions.php on line 4609