Panduan Instalasi PrestaShop
Blog Hosting Guru Panduan Instalasi PrestaShop

Panduan Instalasi PrestaShop

Sejak kali pertama terjadi booming website, seketika itu juga konsep website toko online menjadi populer. Ya, ini berangkat dari keinginan untuk memudahkan para pembeli dan penjual yang ingin bertransaksi. Kedua pihak yang terlibat bisnis tidak harus bertemu secara tatap muka. Dan website toko online mampu mengakomodasi apa yang menjadi keinginan orang banyak untuk proses transaksi secara mudah.

Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah website toko online. Platform yang banyak digunakan untuk membuat website toko online antara lain WordPress, Drupal, Prestashop, dan lain sebagainya. 

Pada tips kali ini, platform yang digunakan adalah Prestashop. Sahabat IDwebhost, artikel ini kamu akan membagikan panduan instalasi Prestashop via cPanel menggunakan Softaculous. Softaculous adalah fitur tambahan di cPanel yang akan mempermudah Anda untuk menginstal berbagi CMS tau content management system

CMS yang didukung oleh cPanel antara lain WordPress, Prestashop , Drupal, dan sebagainya. IDwebhost memberikan segala kemudahan bagi Anda, Sahabat IDwebhost untuk menjalankan toko onlinenya. Salah satunya berkat dukungan kemudahan cara install prestashop. 

Apa itu Prestashop?

Sebelum membahas lebih lanjut panduan instalasi Prestashop adalah sebuah platform ecommerce berbasis open source yang dapat diakses secara gratis. Bisa dibilang, Prestashop adalah salah satu platform ecommerce terbaik yang ada di kelasnya. Prestashop berjalan menggunakan PHP dan memiliki fungsionalitas yang luar biasa.

Baca Juga : Panduan Google Tag Manager Untuk Para Pebisnis

Saat ini, terdapat kurang lebih dari 270 ribu toko online yang didukung oleh Prestashop di seluruh dunia. Juga ada ribuan pengembang di seluruh dunia yang berinovasi dan secara aktif berkontribusi pada pertumbuhan Prestashop. 

Panduan Instalasi Prestashop

Prestashop adalah salah satu platform ecommerce dengan tampilan antarmuka yang intuitif. Lantas bagaimana cara menginstalnya? Berikut ini adalah cara install Prestashop yang harus Anda tahu:

Langkah Pertama – Login ke akun cPanel

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke akun dasbor cPanel Anda. Silakan login menggunakan username dan password yang Anda daftarkan saat berlangganan layanan IDwebhost.

Langkah kedua – Masuk ke Softaculous

Setelah berhasil masuk ke dasbor cPanel, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke cPanel. Untuk mempersingkat waktu, pada halaman pencarian di bagian atas dasbor, silakan tuliskan “Softaculous”. Lalu pilih Softaculous App Installer.

Langkah ketiga – Memilih Prestashop

Setelah mengklik Softaculous App Installer di kolom pencarian, secara otomatis Anda akan diarahkan ke dasbor Softaculous. Terdapat berbagai aplikasi yang bisa Anda pilih. Namun karena kita akan menginstal Prestashop, maka pada kolom pencarian Softaculous silakan tuliskan Prestashop.

Langkah keempat – Melakukan Instalasi Prestashop

Lalu, Anda akan diarahkan masuk ke halaman Prestashop di Softaculous. Anda bisa melihat beberapa fitur di sana. Antara lain screenshots, review, demo, dan lain sebagainya. Juga terdapat berbagai versi Prestashop yang dapat Anda pilih. Antara lain versi 1.6.1.24 dan 1.7.6.8. Kemudian pilih Install Now Untuk melakukan proses instalasi.

Setelah itu, Anda harus mengisi beberapa informasi konfigurasi. Pertama pada kolom Software Setup. Pada bagian Choose Version, silakan pilih versi Prestashop yang diinginkan. Sementara pada bagian Choose Protocol, jika website Anda menggunakan SSL,maka diisi dengan https;//. Jika tidak, biarkan tetap pada settingan default https://.

Pada bagian Choose Domain, isikan nama domain yang Anda miliki. Domain ini akan menjadi domain dari toko online yang Anda buat. Lalu, kosongkan pada bagian In Directory, agar Prestashop dapat terinstall di dalam domain langsung.

Pada kolom Site Settings, silakan masukkan judul dan deskripsi dari toko online yang akan dibuat. Silakan mengisinya sesuai dengan keinginan Anda.

Pada kolom Admin Account, masukkan email dan password yang akan digunakan untuk login ke toko online Anda. Jadi, jangan sampai lupa. Anda juga bisa memasukkan email toko Anda sendiri.

Kemudian silakan klik tanda “+” pada kolom Advanced Options untuk melakukan konfigurasi database. Isikan nama database, dan table. Anda juga bisa mengatur notifikasi yaitu update, auto update, automatic backup, maupun kuota backup.

Agar lebih mudah, biarkan default saja. Anda juga dapat mengetahui detail instalasinya di email Anda. Maka pada bagian form email installation details to dapat diisi alamat email Anda. Jika telah selesai, silakan klik Install.

Proses Instalasi Prestashop Selesai

Setelah klik Install, silakan tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul notifikasi mengenai domain yang Anda gunakan tadi. 

Cara Mengatur Tampilan Prestashop

Tampilan adalah faktor utama untuk mendatangkan banyak pelanggan. Jika tampilan toko online Anda menarik dan mampu membuat pelanggan suka dengan apa yang terlihat, bukan tidak mungkin mereka akan tertarik dengan produk Anda.

Berikut ini adalah cara mengatur tampilan toko online Prestashop Anda:

Pertama, masuk ke halaman admin Prestashop. Pada fitur Design, Anda akan menjumpai menu Theme & Logo. Klik pada menu Theme & Logo, kemudian klik homepage configuration untuk mengatur tampilan toko online Anda.

Pada halaman homepage configuration,, Anda dapat mengatur tampilan toko online. Mulai dari menu, slider home products, text block, banner, social & newsletter dan footer.

Kedua, pada fitur menu memungkinkan Anda untuk membuat kategori, mengelola kategori produk, membuat halaman konten, dan membuat halaman merek. Silakan klik Configure untuk pengaturan lebih lanjut.

Ketiga, Anda bisa merubah dan menambahkan gambar slider dengan menggunakan fitur Slider. Klik Configure untuk melanjutkan pengaturan fitur slider. Klik ikon plus untuk menambahkan gambar slider. Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk memilih gambar dari komputer Anda. Setelah semua data telah terisi, silakan klik Save untuk menyimpan perubahan.

Keempat, Anda bisa mengatur jumlah tampilan produk yang ingin ditayangkan di beranda toko. Klik Configure untuk melakukan pengaturan.

– Feature products memungkinkan Anda mengatur jumlah tampilan produk unggulan di beranda toko online Anda.

Top Sellers Block  memungkinkan Anda mengatur jumlah tampilan produk terlaris.

New Product Block memungkinkan Anda mengatur jumlah tampilan produk terbaru di beranda toko Anda.

Special Blocks memungkinkan Anda untuk memberikan informasi tentang penawaran khusus di beranda toko Anda.

Kelima, Anda bisa menambahkan text block untuk memberikan informasi terkaut dengan toko online Anda. Klik Configure untuk melakukan pengeditan pada text block.

Keenam, Anda juga bisa melakukan pengaturan banner sesuai dengan kebutuhan.

Ketujuh, pada bagian social & newsletter, Anda bisa memasukkan berbagai informasi yang berkaitan dengan media sosial toko Anda.

Kedelapan, pada bagian footer. Anda bisa menambahkan informasi tambahan tentang tok online Anda. Seperti kontak, layanan berlangganan, dan informasi apapun yang Anda anggap penting. 

Penutup

Demikianlah panduan instalasi prestashop. Sebagai salah satu plugin toko online populer di WordPress, tidak ada salahnya untuk coba menggunakan Prestashop.

Mau punya website, aman, dan andal? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost

60 Comments

  • Nice Post…
    Maaf gan… trus setting domainnya gimana ya???
    setting theme ps nya??

  • Thanks ya infonya, pengen banget buat online shop. ^_^

  • weh keren, mau coba juga ah…

    makasih infonya

  • Rudy

    thanks mas infonya… akhirna online shop saya bakal terwujud… 🙂

  • Saya sdh buat database, tapi di filezila di folder public html sy tidak menemukan foldel database yg sy buat, apa yg salah ya? upload isi dr folder prestashop nya d iinstall di dalam folder data base nya kan ya?
    Mohon bantuannya, thx.

  • @Yudhi, database tersebut dibuat di cpanel, MySQL Database, jadi memang tidak muncul di public_html, bila kesulitan kontak saja ke support@idwebhost.com

  • mas cmod dah 777 tp knp msh merah? mohon bantuan utk butikgazeladesign.com

    • hanafi

      @software toko, ada kemungkinan folder didalamnya belum 777 dan perlu di 777 (recursively). Akan kami cek utk kami bantu dan silakan kontak support@idwebhost.com bila masih menemui kesulitan

  • kalau editan prestashop dari local host,kita kan punya database dan data yang telah di edit secara offline.. lalu ingin di pindahkan ke hosting idwebhost gmn tutorialnya.. terutama mengganti database servernya .. tolong pencerahannya..!

    • hanafi

      @Haris, di upload semua filenya, lalu create database di MySQL database beserta user dan passwordnya, lalu import database yg sdh ada dari komp lokal melalui PHP MyAdmin, lalu configurasi nama, user dan password database yg di create disamakan.

  • oke thx yaaa..!!

  • pak, panduan diatas kan harus buat folder baru shg urlnya http://domain-anda.com/tokosaya/. Bgm cara install di publik html, shg urlnya http://tokosaya.com? mhn pencerahannya…

    • hanafi

      @Tas Anak, di instal tidak d public_html/tokosaya/ tapi di public_html saja

    • untuk sampean… bawa aja semua yg di dlm folder itu di cut trus di taruh di root ..
      tp kayaknya hrs edit database dulu broo…

      ok sekedar masukan aja.

    Pingback: Solusi blank page setelah install PrestaShop - Forum INFOServiceHP

    Pingback: Install Prestashop Offline di Windows 7 « - = [ Cacing Site ] = -

    Pingback: Install Prestashop Offline di Windows 7 « - = [ Arief Cacing Site ] = -

  • ahmad

    mas mau tanya ngerubah chmod nya posisi filenya dimana ya?trim

    • hanafi

      di file manager cpanel, klik kanan file-nya, trus klik permission, nanti dirubah sesuai permission yang diinginkan, laluk OK

  • Belajar..membuat toko online
    Terima kasih informasinya

    • hanafi

      @I Gede T. Susanta, terima kasih kembali

  • wah..baru tau ternyata install prestashop mudah ya..trus ada tutorial tambahan lainnya pak? seperti penambahan logo dan setting bahasa.

    jadi pengen nyoba pake prestashop ni…

    makasih atas pencerahannya pak.

    • hanafi

      @souvenir handuk, silakan dicoba.. terima kasih

  • Saya udah menginstal prestashop.
    bahasa udah disetting ke Indonesia
    Tapi kok di menu tampilannya tetep inggris ya?
    (waktu instal bahasa ada peringatan error data tidak dapat diekstraksi)

    • bro buatin untuk id nya dengan cara mengocpy halaman yg ada di folder “leng” dn edit “eng” di ganti “id” lalu upload di server sesuai folder tsb.

      semoga membantu

  • This is getting a bit more subjective, but I much prefer the Zune Marketplace. The interface is colorful, has more flair, and some cool features like ‘Mixview’ that let you quickly see related albums, songs, or other users related to what you’re listening to. Clicking on one of those will center on that item, and another set of “neighbors” will come into view, allowing you to navigate around exploring by similar artists, songs, or users. Speaking of users, the Zune “Social” is also great fun, letting you find others with shared tastes and becoming friends with them. You then can listen to a playlist created based on an amalgamation of what all your friends are listening to, which is also enjoyable. Those concerned with privacy will be relieved to know you can prevent the public from seeing your personal listening habits if you so choose.

  • terimakasih banyak atas infonya

    • hanafi

      @infolomba, terima kasih kembali

  • lina

    ass.wr.wb. tolong pandu saya utk menginstal prestashop. sya sm sekali tdk mengerti bahasa program. mulai dri nol. download sudah,selanjutnya saya tdk paham. trima kasih

    • CARANYA :
      upload di root aja semua isi forlder yg ada di “prestashop” yg hasil extractan dr zip hasil dr download .
      lalu ikuti sesuai panduan di atas termansuk mendelete folder install dn merename folder admin.

      thank’s

    • hanafi

      @balidriver, terima kasih tambahan infonya

  • oggi

    minta FB kalian ddong all

  • thanks infonya.
    Saya uda coba install presta, pada step 8 saya kesulitan nerusin instalasi. Step 3 uda lewat, bikin database uda bisa. Tapi di step 8 kok ada login, in login yg mana ya? Trus database engine kok gak ada mySQl ya?
    trims,
    wassalam
    abbas

  • wah.. sangat membantu.. bermanfaat!
    terus berbagi.. salam sehat 🙂

  • Gan.. ini buat dropship reseller site bisa juga ya ?

    • hanafi

      @Fazdirect, mohon diinfokan dropship yang dimaksud dan requirement servernya, terima kasih

  • terima kasih tutorialnya
    🙂

    • dyah

      sama-sama 🙂 semoga membantu

  • Halo…saya sedang edit folder and file permission. Tapi kok ada folder/file yang gak ada ya , padahal itu harus di ubah ke 777. Please help

  • saya saat permission gagal terus.gimana y?pdahal sudah saya ganti permisiion nya di Cpanel

  • upin

    klo instalasi di komputer lokal gmna ?

    • hanafi

      @upin instalasi lokal bisa menggunakan misal Xampp

  • bro ane bingung hrs isi apa uang ini…….. PrestaShop database tables prefix:

  • bro ane bingung hrs isi apa YANG ini…….. PrestaShop database tables prefix:

    • hanafi

      @prefiknya dibiarkan saja, trus next hingga finish

  • yang perlu kita siapkan apa aja pak hosting aja kah

  • yang perlu kita siapkan apa aja pak hosting aja kah atau sbeelumnya kta jga harus beli domain dlu pak

    • hanafi

      intinya perlu domain dan hosting untuk instalasi tersebut

  • mas…jika web sudah kita buat d localhost ap saja yg perlu kita seting d hosting stelah upload dan create database?? tank’s ats jbwan nya…

    • hanafi

      import database melalui phpmyadmin cpanel, dan upload data websitenya di public_html

    • udh pada bagian itu mas..tapi stelah semua dset mlah redirect ke hostingan mngkin mastah bisa bntu sya dengan melihat kelahan yg terjadi ne alamat nya mastah http://www.beutyfashion.sexyi.me maaph klo hostingan gratis mas..coz lgi belajar 🙂

    • hanafi

      kami cek beutyfashion.sexyi.me tidak dapat diakses

  • budiharu

    pak mau tanya saya udah selese membuat webnya , tetapi ketika memulai belanja begitu masuk bagian shipping langsung eror gimana betulinnya ya? jadi proses belanja tidak bisa berlanjut sampai selesai thx

    • nama domainya apa pak? silahkan kirim permasalahan di sertai screenshot errornya ke support@idwebhost.com
      agar di cek oleh tim support kami. trimakasih

    • budiharu

      pak masalah yg tadi udah solved 🙂 thx sekarang aku pengen menghilangkan deskripsi yg ada di featured produk supaya tidak terlalu besar jaraknya gmana ya? bisa cek di indojcfashion.com bagian featured produk di home? thx buat jawabannya

    • hanafi

      @budiharu, mohon maaf kami masih blm bisa membantu..

  • Biaz

    Sewaktu saya install di step 3 kok muncul kaya gini ya? padahal db udah dibikin loh…

    Database server was not found. Please verify the login, password, and database server name fields.

    • hanafi

      coba cek penulisan databasenya, biasanya pakai tanda _ misal nama_apa

  • ramadhan

    hai gan,, yang mau benar-benar domain .com .org .net gratis, register langsung aja di sini gan,,
    100% gratis kok….!!!!
    http://www.FreePremiumDomain.com/?r=574479

Comments are closed.