mengatur custom error pages dgn cpanel
Blog Hosting Guru mengatur custom error pages dgn cpanel

mengatur custom error pages dgn cpanel

Kita mungkin sering menjumpai pesan error dengan kode Error 404 – Page Not Found yang dihasilkan dari link yang rusak/tidak benar atau dari penulisan URL yang salah. Berikut contoh error page tersebut:


Error page 404 – Page Not Found

Namun beberapa website telah mengatur tampilan untuk error ini dengan halaman yang mereka buat sendiri, biasanya menampilkan logo dan pesan error mereka sendiri, seperti yang terlihat dibawah ini:


Error page 403 – Forbidden yang telah dimodifikasi

Untuk melakukan penggantian ini bisa dilakukan dengan cara mengubah error pages melalui cpanel hosting anda, caranya adalah:

1. Cari menu “Error Pages” pada cpanel anda.

2. Klik pada menu “Error Pages” tersebut, kemudian anda akan menemui tampilan daftar halaman error yang dapat diganti.

3. Pilih halaman yang ingin diganti tampilannya, kemudian akan muncul halaman untuk memasukkan script seperti berikut:

4. Kemudian ketikkan kode html di kotak yang tersedia (warna merah) dengan script yang akan menggantikan error page tersebut, jika dalam script tersebut membutuhkan gambar atau logo, maka gambar atau logonya dapat diupload secara manual sesuai dengan link yang tertulis.

5. Setelah selesai menuliskan script, silahkan simpan halamannya, biarkan nama filenya default (contohnya: 404.shtml), tidak usah diubah. Setelah disave, jika user melakukan kesalahan yang menimbulkan error, maka akan ditampilkan halaman pengganti tersebut.

6. Selain script yang ditulis manual, kita juga dapat melengkapinya dengan berbagai script lain, contohnya adalah script untuk menampilkan ip pengunjung. caranya adalah dengan menekan tombol fungsi script yang berada pada bagian atas kolom script. Saat tombol ditekan, maka script yang diinginkan akan otomatis dimasukkan kedalam kotak.

6 Comments

Comments are closed.