Menentukan Nama Domain Yang Tepat Dan Keuntungannya Bagi Anda
Blog Domain Menentukan Nama Domain Yang Tepat Dan Keuntungannya Bagi Anda

Menentukan Nama Domain Yang Tepat Dan Keuntungannya Bagi Anda

Mendaftarkan domain yang tepat merupakan sebuah keputusan penting. Sebuah domain yang baik dapat membantu Anda dalam membangun merek yang akan terus melekat di benak pelanggan dan akan mempermudah Anda dalam menentukan target pasar. Menentukan suatu bisnis dengan nama domain yang tepat dapat menjadi salah satu aspek yang paling menantang dalam dunia bisnis online. Dalam artikel ini kami akan mencoba menjelaskan mengapa nama domain adalah faktor yang sangat penting, bagaimana cara mendapatkan nama domain yang paling tepat serta apa saja keuntungannya untuk bisnis Anda.

Mengapa nama domain begitu penting

Mengapa Nama Domain Begitu Penting?

Nama domain adalah salah satu dari tools pemasaran yang akan sering dilihat oleh pelanggan. Pemilihan nama domain yang tepat dapat membuat pelanggan semakin yakin dengan bisnis kita. Dan yang paling penting, nama domain merupakan bagian penting dari merek dan produk Anda secara utuh. Meskipun hingga kini masih menjadi perdebatan di kalangan komunitas pelaku SEO, nama domain dan ekstensi domain juga dianggap salah satu faktor dalam algoritma peringkat yang digunakan oleh Google untuk menentukan peringkat kemunculan suatu situs dalam sebuah mesin pencari.

Permasalahan yang sering dijumpai adalah, sebuah bisnis telah menentukan nama untuk bisnis mereka namun kesulitan mendapatkan nama domain yang tepat karena sudah tidak tersedia atau digunakan oleh orang lain. Namun saat ini sudah banyak tools yang berfungsi sebagai generator nama domain yang membantu anda menemukan nama-nama domain yang sesuai dan masih tersedia seperti Dot-o-mator, Domainhole, Lean Domain Search, Wordoid dan masih banyak lagi. Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan beberapa tips berikut jika akan menentukan suatu nama domain seperti menggunakan nama yang singkat, jelas dan mudah diingat, hindari penggunaan suatu merek dagang tertentu serta mencoba untuk mencari nama yang unik, kreatif dan menarik.

Mendaftarkan ekstensi domain di suatu negara tertentu

Mendaftarkan Ekstensi Domain Di Suatu Negara Tertentu

Setelah anda mendaftarkan nama domain utama, misalnya www.youronlinestore.com, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan untuk mendaftarkan merek Anda di satu atau lebih domain negara tertentu, seperti www.youronlinestore.co.id. Mendaftarkan ekstensi domain di negara lain merupakan langkah yang baik untuk memperluas pasar dan memberikan perspektif baru bagi pelanggan. Misalnya, jika anda akan memperluas pasar di beberapa negara, memiliki domain di sebuah negara tertentu bisa membuat pengunjung lebih nyaman mencari informasi mengenai bisnis Anda. Selain itu, penggunaan domain suatu negara tertentu dapat memberikan peringkat yang lebih baik dalam algoritma pencarian pada Google.

Sudah Siap Memilih Nama Domain untuk Website Anda

Menggunakan Ekstensi Domain Premium Yang Unik

Sekarang, telah banyak perusahaan hosting yang menawarkan ekstensi domain yang unik selain yang banyak dijumpai selama ini. Nama domain seperti .coffee, .boutique dapat digunakan sebagai alternatif untuk membuat bisnis anda menjadi lebih menarik. Selain itu, nama domain yang unik ini masih belum banyak digunakan dan masih banyak tersedia, sehingga tentu lebih mudah untuk didapatkan. Menggunakan domain seperti ini juga dapat berfungsi di masa mendatang untuk melindungi dari pihak yang ingin mencoba memplagiat merek bisnis kita.

Baca juga: Cara Memilih Domain Murah Namun Berkualitas

Tips Memilih Nama Domain

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Bagi sebagian orang, kesan pertama terhadap sebuah bisnis bisa jadi melalui sebuah nama domain. Menggunakan nama yang tepat adalah langkah awal untuk membangun sebuah bisnis online yang dapat bersaing secara kuat. Melalui artikel di atas, harapannya akan menambah ide dan wawasan Anda sehingga Anda tidak akan lagi kesulitan dalam memperoleh nama domain yang tepat.
Memilih nama domain ini sama halnya dengan memilih nama bisnis atau organisasi yang ingin di bangun.

Hal ini terkadang juga membutuhkan waktu untuk menentukan mana yang tepat, terbaik dan sesuai dengan bisnis yang kan dijalankan. Tak heran karena nama domain ini akan menjadi identitas di internet sehingga pengunjung atau orang dapat dengan mudah mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan. Nah jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan nama domain kami akan memberikan tips cara memilih nama domain yang tepat dan pas untuk website Anda nantinya sebagai berikut:

1. Memilih Domain Yang Tepat, Kreatif dan Brandable

Karena nama domain ini akan menjadi identitas dari website Anda, maka dari itu tentukan dengan nama yang brandable sehingga nanti akan lebih mudah dalam melakukan branding. Selain itu dari nama domain ini akan menjadi identitas yang dicari, diingat, dan disebarkan oleh pengunjung website Anda.

2. Membuat Nama Domain Yang Mudah Diketik

Pastikan untuk memilih domain dengan nama yang pendek dan mudah diketik sehingga orang akan lebih mudah memasukkan nama situs Anda pada pencarian atau browser. Coba perhatikan nama berikut 12357-sepatu-biru.com dari nama tersebut pastinya akan sangat sulit untuk diingat atau di ketikkan. Beda dengan nama domain idwebhost.com pasti akan sangat mudah untuk diingat.

3. Sertakan Kata Kunci Sesuai Dengan Website Anda

MIsalkan saja website Anda adalah toko online baju maka ada baiknya untuk memasukkan kata kunci sesuai website tersebut misalnya saja bajumurah.store dan lain sebagainya. Pada nama domain terdapat kata kunci yang bisa membantu mengoptimalkan pada mesin pencari seperti Google. Dengan memasukkan kata kunci ini maka memberikan nilai plus pada mesin pencari dan SEO website Anda.

4. Menggunakan Ekstensi Domain Sesuai Kebutuhan

Ada banyak ekstensi yang bisa digunakan seperti .COM, .ID, .NET, .ORG, .CO.ID, dan lain sebagainya. Pada umumnya kebanyakan orang memilih .COM, .ID karena paling populer hingga saat ini. Domain .com paling populer di seluruh dunia paling murah ditawarkan di idwebhost. Karena memang saat ini telah tersedia ratusan ekstensi domain yang bisa digunakan dengan harga yang bervariasi.Meskipun saat ini sudah ada ratusan domain yang bermunculan tetapi seluruh dunia sudah sepakat bahwa untuk pencarian domain awal pasti tertuju untuk cari domain .COM. Jutaan orang di seluruh dunia sudah memiliki domain .COM. Apakah Anda termasuk didalamnya?

5. Lindungi Reputasi Website dan Domain

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang cukup besar pasti keamanan selalu diperhatikan. Selain itu untuk menjaga reputasi baik bisnis Anda maka ada baiknya untuk membeli ekstensi domain yang lainnya misal jika Anda telah membeli domain .COM maka domain .ID juga perlu Anda beli juga. Hal ini untuk menghindari orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin memanfaatkan nama besar dari perusahaan Anda.

Demikian pembahasan kali ini terkait bagaimana memilih nama domain yang tepat. Mudah-mudahan dari artikel ini membantu anda bisa lebih mudah dalam menentukan domain website Anda nantinya. Selanjutnya Anda pun bisa langsung membelinya di IDwebhost karena harga domain terjangkau dan promo-promo yang menarik.