Blog Hosting Guru Dapatkah Kita Mendaftarkan Merek Dagang untuk Nama Domain?

Dapatkah Kita Mendaftarkan Merek Dagang untuk Nama Domain?

Merek dagang adalah nama atau logo yang digunakan oleh perusahaan untuk identitas barang atau jasa mereka. Banyak merek dagang yang di registrasi, tetapi merek dagang tidak begitu perlu didaftarkan oleh pemilik untuk menjaganya. Sayangnya, terkadang sering kali terjadi pelanggaran merek dagang. Pelanggaran merek dagang biasanya melibatkan barang atau jasa sebuah perusahaan yang dapat membingungkan mengenai sumber atau hubungannya. Misalkan, jika seseorang penjual yang tidak sah atau tidak ada hubungan dengan perusahaan Adidas tapi menjual baju olahraga bernama AdidasStuff, maka si penjual mungkin melanggar merek dagang Adidas. Banyak pelanggaran merek dagang yang bisa dilakukan, salah satunya melalui nama domain. Berikut kami akan memberi informasi mengenai pendaftaran merek dagang untuk nama domain agar tidak terjadi pelanggaran merek dagang.

Apa Niat Awal Anda?

Hal pertama yang perlu dipahami untuk mendaftarkan nama domain adalah apa niat awal Anda? Ini akan menjadi faktor penting untuk menentukan apakan nama domain Anda akan menyebabkan pelanggaran merek dagang atau tidak.

–          Niat Baik

Saat mendaftarkan nama domain, Anda mungkin tidak tahu bahwa nama tersebut sudah menjadi merek dagang dari perusahaan lain. Hal ini bisa saja terjadi karena nama domain sudah berkembang dengan pesat di seluruh penjuru dunia. Anda bisa tetap menggunakannya karena ketidak sengajaan ini dan mungkin saja bidang yang bergerak dari merek dagang tersebut berbeda dengan Anda. Inilah mengapa Anda perlu melakukan riset sebelum mendaftarkan, apakah nama domain tersebut sudah menjadi merek dagang perusahaan lain atau tidak.

Kadang-kadang Anda juga tahu bahwa nama domain tersebut sudah menjadi merek dagang. Ini bisa tetap Anda gunakan jika niat awal Anda baik. Misalkan untuk memberikan kritik atau menciptakan parodi dari merek dagang tersebut. Maka hal ini dapat dipertimbangkan untuk diterima, selama Anda sama sekali tidak menggunakan merek dagang tersebut untuk menghasilkan uang.

–          Niat Buruk

Niat yang buruk saat mendaftarkan merek dagang sebagai nama domain dapat membuat Anda terseret masalah pelanggaran merek dagang. Jangan perna mencoba untuk melakukannya. Hal ini nantinya dapat membuat Anda kesusahan karena bermasalah dengan hukum.

Apa yang Bisa Terjadi?

Jika Anda tetap melangkah untuk mendaftarkan merek dagang lain sebagai nama domain karena alasan tertentu, maka Anda harus siap-siap menerima konsekuensinya. Saat pemilik merek dagang telah mengetahuinya dan memutuskan untuk mengambil tindakan, maka ada beberapa langkah yang dapat mereka ambil.

–          Uniform Rapid Suspension (URS)

Jika nama domain Anda menggunakan TLD baru seperti (.photography, .food, dll) maka URS adalah cara termudah yang dapat diambil oleh pemilik merek dagang untuk mengklaimnya. Mereka hanya perlu mengajukan klaim ke registry dan apabila pelanggaran merek dagangnya begitu jelas, bisa melewati arbitrase.

–          Unique Domain Name Dispute Resolution Policy (UDRP)

UDRP ada di bawah pengawasan ICANN. Klaim UDRP bersifat lebih intensif dan dapat memiliki konsekuensi yang lebih kuat. Mereka akan mengevaluasi apakah merek dagang yang digunakan sebagai nama domain tersebut melanggar merek dangan atau tidak. Jika terbukti bersalah, nama domain tersebut dapat dibatalkan atau dialihkan ke pemilik merek dagang.

–          Anticybersquatting Consumer Protection Act (ACPA)

Meskipun ACPA adalah hukum yang berlaku di Amerika, tetapi banyak negara lain yang memiliki hukun serupa. Jika pemilik merek dagang memutuskan ke pengadilan dan Anda terbukti bersalah, maka Anda bisa dikenakan hingga $100.000 per nama domainnya.