Cara Setting Thunderbird Mail Client
Blog Hosting Guru Cara Setting Thunderbird Mail Client

Cara Setting Thunderbird Mail Client

Anda pusing mengelola banyak akun email? Tenang, di luar sana ada banyak sekali aplikasi email  client yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pengelolaan email. Dan salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengelola email tersebut adalah Mozilla Thunderbird? Adakah Sahabat IDwebhost yang familiar dengan tools yang satu ini? Pada artikel kali ini, kami akan membagikan cara setting Thunderbird Mail Client, jadi silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mozilla Thunderbird sendiri adalah aplikasi email berbasis sumber terbuka yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation sejak tahun 2004. Mozilla Foundation sendiri dikenal dengan Mozilla Firefox, salah satu web browser terkemuka dunia, yang merupakan pesaing dari Chrome dari Google. 

Pengertian Email Client 

Email client adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengirim dan menerima melalui email tanpa menggunakan browser. Hanya dengan menjalankan software email client, secara otomatis email akan terdownload ke komputer Anda. 

Ketika Anda sedang tidak terhubung ke internet, Anda bisa membaca email yang telah terdownload secara otomatis tersebut. 

Cara Setting Thunderbird Mail Client

Proses setup Mozilla Thunderbird sendiri sebenarnya cukup sederhana. Berikut ini adalah cara setting  Thunderbird Mail Client yang harus Anda lakukan:

1.   Install Thunderbird

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan Thunderbird adalah menginstalnya terlebih dahulu. Aplikasi email client ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

2.   Setting Email

Setelah Thunderbird terinstall, segera buka aplikasi tersebut. Mari asumsikan Anda adalah pengguna baru Thunderbird. Nantinya akan ada pop up notifikasi yang berisis perintah “Set Up Your Existing Email Address”. Silakan buka File à New à Existing Mail Account.

Silakan melengkapinya dengan nama, alamat email, dan password. Kemdian,lakukan konfigurasi secara manual. Configure Manually. Masukkan pengaturan mail server Incoming/Outgoing. Misalnya untuk Incoming Mail, Anda bisa menggunakan protokol IMAP,dan untuk Outgoing Mail, Anda bisa menggunakan SMTP.

IMAP (Internet Message Access Protocol ) adalah protokol  untuk mengakses atau mengambil email dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan email yang akan diambil, membuat folder di server, mencari pesan, maupun menghapus email yang ada.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Merupakan sebuah protokol email yang umum digunakan untuk pengiriman di internet. Protokol jenis ini digunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim ke server email penerima.

3.   Lakukan Re-Test

Jika semuanya sudah, silakan klik Re-test. Hal ini agar aplikasi dapat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan secara otomatis. Isi kolom username dengan alamat email. Jika tidak dapat terhubung secara otomatis, Anda bisa memasukkan informasi yang dibutuhkan secara manual.

Jika setup yang Anda lakukan berhasil, silaka klik Done. 

Fitur Thunderbird 

Thunderbird menjadikan pengalaman email untuk menyatukan kecepatan, privasi, dan teknologi terbaru. Berikut ini adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh Thunderbird: 

Pengaturan Akun Email Otomatis 

Sebelum adanya fitur ini, pengguna yang akan melakukan pengaturan akun harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang IMAP, SMTP, dan SSL/TLS. Sekarang, Anda hanya perlu memasukkan nama, alamat email, da kata sandi. Wizard akan menyiapkan secara otomatis setelan email untuk Anda. 

Buku Alamat Sekali Klik

Untuk menambahkan kontak ke daftar alamat, Thunderbird memiliki fitur One-click Address Book. Anda bisa menambahkan orang dengan mudah, hanya dengan sekali klik ikon bintang pada pesan yang Anda terima. Double click bisa membuat Anda untuk menambahkan informasi lebih detail seperti foto, tanggal ulang tahun, dan informasi kontak lainnya. 

Attachment Reminder 

Attachment reminder berguna untuk mencari kata-kata di badan email. Fitur ini juga bisa mengingatkan Anda untuk menambahkan lampiran sebelum menekan tombol kirim. 

Multitab Email 

Jika Anda adalah pengguna browser Mozilla Firefox, tentu sudah biasa dengan tampilan multi tab.  Dengan Thunderbird, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang serupa. Multi tab email memungkinkan Anda memuat email di tab terpisah, sehingga Anda dapat lebih cepat untuk beralih diantaranya. 

Misalnya, Anda ingin menanggapi sebuah email dan perlu merujuk pada email lainnya. Dengan multi tab, tak perlu banyak waktu yang dihabiskan ketika mencari referensi. 

Lalu, saat Anda keluar dari Thunderbird, tab yang tadi terbuka akan disimpan dan dipulihkan kembali ketika Anda membuka Thunderbird di lain waktu. Untuk beralih antar tab, ada menu Tab yang bisa Anda gunakan. 

Quick Filter Toolbar 

Kemudian ada fitur Quick Filter Toolbar. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memfilter email lebih cepat. Hanya dengan mengetikkan kata yang ingin dicari di bilah pencarian, hasilnya bisa langsung ditampilkan. 

Anda juga bisa memfilter pencarian berdasarkan indikator tertentu. Mulai dari email baru, tag, dan orang-orang yang ada di daftar kontak Anda. Anda juga bisa menyematkan atau menyimpan filter dan menggunakannya di beberapa folder. 

Baca Juga : Tutorial Mengidentifikasi Email Penipuan

Tools Pencarian 

Interface pencarian di Thunderbird berisi tool filterisasi dan timeline untuk menunjukkan dengan tepat email yang Anda cari. Thunderbird akan mengindeks semua email dan percakapan Anda agar proses pencarian dapat berlangsung lebih cepat. Nantinya, hasil pencarian ini akan ditampilkan di tab, sehingga Anda dapat dengan mudah beralih ke hasil pencarian email lainnya. 

Pengarsipan Email 

Jika Anda merasa membutuhkan email di lain waktu dan ingin mengeluarkannya dari kotak masuk tanpa harus menghapusnya, mengarsipkan adalah pilihan terbaik. Pengarsipan membantu Anda mengelola inbox dan memasukkan email ke dalam sistem folder arsip. 

Kustomisasi Manajemen Email 

Thunderbird juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan kustomisasi manajemen email. Salah satu kemampuan penting yang dimiliki Thunderbird adalah bisa mempercepat transfer dokumen berukuran besar dengan mengunggahnya ke cloud service. 

Jika Anda bosan dengan tampilan dashboard yang itu-itu saja, Thunderbird memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi tema. Ada dua tema bawaan dari Thunderbird, yaitu tema gelap dan terang. Bila tidak puas dengan keduanya, Anda bisa menggunakan add on yang tersedia. Adanya smart folder membantu Anda mengelola beberapa akun email dengan menggabungkan folder khusus. 

Keamanan

Pada sebuah aplikasi client email,aspek keamanan merupakan sesuatu yang tidak bisa dikesampingkan. Thunderbird sendiri memiliki beberapa fitur keamanan yang cukup memberikan perlindungan untuk para penggunanya. Beberapa fitur keamanan yang dimiliki Thunderbird antara lain Robust Privacy, Phishing Protection, Cutting Out the Junk, dan Automated Update. 

Penutup 

Thunderbird adalah sebuah aplikasi email client yang memungkinkan penggunanya mengelola email dengan mudah. Untuk bisa menggunakannya, cara setting email Thunderbird juga cukup mudah. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting murah Indonesia.