Blog Hosting Guru Cara Menilai Sebuah Nama Domain

Cara Menilai Sebuah Nama Domain

Kini sudah ada berbagai nama domain yang beragam dan digunakan oleh jutaan situs di internet. Sayangnya, tidak banyak pengguna yang mengetahui tentang nilai sebuah nama domain. Padahal, mengetahui nilai sebuah nama domain sangatlah penting dalam industri bisnis saat ini. Meskipun tidak ada formula yang tepat untuk menilai sebuah nama domain, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam menetapkannya. Tentu saja sangat mudah untuk memisahkan antara nama domain yang sudah terkenal dan yang tidak. Tapi bagaimana menilai nama domain yang lebih baik dari tempat perdagangan yang sama?

Seperti banyak hal lainnya, nilai sebuah item dapat dilihat dari seberapa besar harganya dibanding yang lain. Artinya, ada harga maka akan ada kualitas yang sesuai. Domain yang dibeli dengan harga tinggi akan memberikan daya tarik yang lebih tinggi dan memiliki nilai yang lebih tinggi. Sedangkan domain dengan nama yang sulit diingat, memiliki kesalahan ejaan dan tanda hubung, atau mendapat masalah tentang merek dagang, maka akan memberikan nilai yang lebih rendah.

Ekstensi cukup mempengaruhi nilai sebuah nama domain. Ekstensi domain .com hingga saat ini memang mengungguli dan memberikan nilai tinggi pada sebuah nama domain. Namun, bukan berarti ekstensi domain lainnya seperti .net, .org, dll tidak dapat memiliki nilai yang tinggi pula. Bahkan, beberapa nama domain yang menggunakan ekstensi selain .com terbukti dapat memberikan nilai lebih. Hal ini dapat diketahui dari likuiditas serta respon dari para pelanggan yang memberi nilainya setelah menggunakan sebuah nama domain.

Ada juga berbagai faktor lain yang dapat mempengaruhi nilai dari sebuah nama domain. Secara khusus, adanya akronim, nama merek atau bisnis, kata generik, hingga kata kunci dapat memberi nilai tersendiri pada nama domain. Demikian pula dengan aspek seperti lalu lintas (traffic) pencariannya, sistem SEO, backlink, usia domain, Google CPC, serta otoritas domain juga merupakan faktor yang dipertimbangkan dalam penilaian nama domain. Hal tersebut adalah faktor dalam metode yang sering digunakan untuk mengevaluasi sebuah situs web. Bagaimanapun metode tersebut, tidak ada jaminan pasti bahwa mereka dapat menghasilkan nilai yang akurat. Salah satu sistem penilaian domain secara otomatis adalah dengan menggunakan Estibot. Sistem ini dapat digunakan sebagai referensi karena dapat menjadi salah satu sumber daya terbesar yang membantu menentukan nilai dari sebuah domain.

Sementara itu, salah satu sistem dengan metode terpercaya dalam menilai domain adalah dengan menggunakan situs seperti NameBio untuk mengukur hasil dari penjualan yang sama. Hal ini meliputi: jenis nama domain yang sama (misalnya menggunakan tiga huruf akronim), domain dengan sektor yang sama, maupun domain dengan target pembeli yang sama.

Dari beberapa faktor di atas, memang tidak ada cara yang pasti dan konsisten dalam menilai sebuah nama domain. Setiap domain memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga cukup sulit untuk menilai mana yang terbaik. Masing-masing domain dapat dinilai dengan cara yang berbeda sesuai dengan fungsi dan keterkaitannya pada bisnis yang dijalani. Agar lebih mudah menilai sebuah nama domain, maka Anda bisa mengelompokkan domain dari segi harganya (dari rendah ke tinggi) yang selanjutnya dapat Anda tentukan kualitasnya.