Cara Menghapus Log VPS
Blog Hosting Guru Cara Menghapus Log VPS

Cara Menghapus Log VPS

Mempunyai website yang cepat dan dibarengi kontrol penuh adalah salah satu keinginan setiap pemiliki website. Untuk mendapatkan itu semua, salah satu hal yang patut diperhatikan adalah pemilihan jenis hosting. Dan jenis hosting yang dapat memenuhi keinginan tersebut adalah VPS hosting, alias virtual private server. Akan ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan VPS hosting.

Pertama, pengguna akan mendapatkan hak akses penuh pada server. Pengguna juga bisa dengan leluasa mengubah konfigurasi server sesuai dengan kebutuhan untuk menyesuaikan server dengan kebutuhan website. Dan tentunya, karena sistem operasi VPS yang terpisah dengan pengguna lainnya, menjadikan server VPS dapat diandalkan pada aspek keamanan.

Tetapi, karena memiliki potensi lebih berkat sistem kontrol penuh yang dimilikinya, tak jarang membuat space penyimpanan VPS hosting menjadi penuh. Hal ini tentu saja dapat memberikan pengaruh pada pada performa website secara keseluruhan. Dan salah satu cara agar ruang penyimpanan menjadi lega adalah dengan menghapus log journal di server VPS.

Apa itu VPS Hosting?

Cara Menghapus Log VPS

Sesuai dengan namanya, Virtual Private Server, sebagai pengguna, Anda akan mendapatkan layanan server bertipe virtual. Selain itu, Anda juga diberikan kebebasan untuk memilih sistem operasi yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan Windows atau Linux. Pilihan tersebut tergantung dari preferensi Anda sebagai pengguna dan pemliki website.

Ada satu hal yang membuat VPS begitu disukai. Tak lain karena adanya aksses langsung ke root. Hal ini tentu saja bukan tanpa manfaat. Dengan akses root, Anda dapat melakukan kustomisasi server. Termasuk menghapus log journal.

Pembagian resource atau sumber daya adalah keunggunalan lain yang dimiliki oleh VPS. Anda bisa dapat menginstal software panel yang diinginkan untuk dibagi-bagikan lagi. Dari sini, Anda bisa melakukan pembagian server dengan perangkat lunak virtual berkat adanya server fisik. Anda bisa menampung server guest di dalam server VPS.

VPS Server Low

Salah satu isu yang kerap menimpa VPS server adalah kapasitas memori yang mudah sekali penuh. Perlu diingat bahwa VPS server berbeda dengan shared hosting, karena sama sekali tidak menggunakan ruang server yang dedicated. Tak heran, pengguna baru menyadari ruang penyimapanan telah penuh setelah website terasa sedikit melambat. Hal ini kerap disebut dengan low memory.

Low memory bisa terjadi karena terlalu banyak program atau file yang tersimpan di server. Selain website yang terasa melambat, biasanya akan muncul popup peringatan yang berbunyi “virtual memory low”. Hal ini ini tentu dapat sangat mengganggu apabila tidak segera ditangani.

Virtual memory merupakan memori yang digunakan oleh pengguna komputer. Nantinya, memori inilah yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang terpasang di komputer Anda, sebagai bagian dari memori sekunder yang seolah-olah digunkan sebagai RAM fisik. Tak hanya itu, virtual memori juga dapat dibuat menggunakan memori yang terdapat pada hard disk.

Memeriksa Kapasitas VPS

Cara Menghapus Log VPS

Pernahkah Anda mendapati VPS server yang Anda miliki penuh karena terisi banyak data di dalamnya? Sebagian besar orang mungkin akan terheran-heran, padahal VPS sudah memiliki kapasitas yang besar, tetapi mudah sekali penuh.

Hal ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang mengherankan. Seiring berjalannya waktu, padatnya aktivitas yang dilakukan dengan menyimpan banyak data di server, dapat mengakibatkan kapasitas server menjadi tereduksi.

Baca Juga: Cara Rebuild VPS IDwebhost

Terdapat dua cara untuk mengatasi hal ini. Yaitu upgrade layanan VPS atau menghapus file yang tidak perlu. Karena sesuai judul artikel cara menghapus log VPS, tentu yang harus Anda lakukan adalah menghapus log VPS tersebut.

Namun sebelum memutuskan menghapusnya, Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu, bagian mana yang menyebabkan server menjadi penuh. Yang kemudian bisa menjadi pertimbangan, mungkin saja Anda dapat menghapus file yang tidak penting sehingga akan memberikan ruang penyegaran.

Berikut adalah cara cek kapasitas VPS server Anda.

Langkah pertama – login dahulu ke SSH server / VPS Anda

Langkah pertama adalah login ke server VPS melalui SSH. Jika Anda menggunakan Windows, Anda bisa menggunakan Putty. Jika menggunakan MacOS atau Linux, Anda bisa menggunakan Terminal.

Langkah kedua – Tuliskan perintah root

Setelah berhasil login, silakan ketikkan perintah:

[root@  ~] #  df  -h

Langkah ketiga – Melihat kapasitas penyimpanan Anda

Setelah mengetikkan perintah diatas, nantinya akan tertera kapasitas keseluruhan yang ada di server /VPS Anda. Jika Anda menginginkan mengetahui detail space yang digunakan di setiap direktori, silakan masuk ke root directory terlebih dahulu menggunakan perintah:

[root @    ~]# cd /

Lalu ketikkan perintah

[root @   /] du  -h  –max-depth=1

Nantinya akan tertera detail space yang digunakan di setiap direktori.

Cara Menghapus Log VPS

Cara Menghapus Log VPS

Diatas telah dijelaskan penyebab penuhnya server VPS. Dan juga tentang bagaimana cara mengecek kapasitas memori VPS server. Selanjutnya adalah tentang cara menghapus log VPS server. Sekali waktu, tentu Anda akan merasa memori VPS Anda terasa penuh. Padahal Anda tidak menambahkan banyak data website. Jika terjadi kondisi demikian, besar kemungkinan munculnya log journal dengan ukuran yang cukup besar di VPS Anda.

Log journal adalah sekumpulan file log yang mencatat keseluruhan aktivitas di sistem VPS. Pada rentang waktu tertentu, log journal dapat terakumulasi menjadi ukuran yang cukup besar. Log journal ini aman untuk dihapus dan tidak akan berpengaruh terhadap fungsionalitas pada website Anda.

Kemudian, bagaimana cara mengatahui adanya log journal dan bagaimana cara untuk menghapusnya? Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengahapus log VPS server.

Langkah pertama – login ke server VPS melalui SSH

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke server VPS melalui SSH. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, silakan menggunakan aplikasi Putty. Namun apabila Anda menggunakan MacOS atau Linux, Anda bisa menggunakan aplikasi Terminal Linux.

Langkah kedua – cek disk space

Setelah berhasil login ke server VPS melalui SSH, pertama-tama silakan cek disk space dari server VPS Anda. Silakan ketikkan perintah df –h. Kemudian akan muncul output yang menginformasikan kalah disk usage server sudah penuh.

Langkah ketiga – pindah ke direktori

Kemudian silakan pindah ke direktori /var/log/journal dengan mengetikkan perintah:

Cd/var/log/journal lalu klik enter.

Kemudian ketikkan perintah du –h.

Langkah keempat – menghapus log journal

Kemudian langkah terakhir adalah menghapus log journal dengan mengetikkan perintah sebagai berikut:

Rm rf namafilelog

Setelah proses penghapusan selesai, Anda dapat mengecek kembali ke disk space VPS Anda dengan perintah df. Dan Anda akan mendapatkan output disk space yang sudah berkurang.

Kesimpulan

Demikian cara menghapus log VPS server. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jadikan website Anda lebih cepat lagi dengan berlangganan VPS hosting IDwebhost.

2 Comments

  • itu kalo kloxo gan, nah kalo cpanel gan?

    • Muh Hanafi

      cpanel dari whm

Comments are closed.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/idweb01/public_html/blog/wp-includes/functions.php on line 4609