Setting Counter
Blog Hosting Guru Setting Counter

Setting Counter

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengetahui berapa kali halaman atau artikel yang ditulis mendapatkan kunjungan dari pengguna. Atau, Anda ingin tahu berapa kali artikel yang ditulis dibaca banyak orang. 

Sebenarnya, kebanyakan tema WordPress sudah memiliki fitur tersebut. Namun, apa jadinya jika tema yang Anda gunakan tidak mendukung fitur tersebut? 

Jumlah view pada suatu website, atau lebih spesifik lagi, artikel dapat mempengaruhi para pengunjung untuk mengakses artikel atau website tersebut. Jika sebuah artikel banyak dilihat oleh pengunjung, umumnya dapat memancing para pengunjung lain untuk membaca artikel tersebut. 

Namun yang menjadi masalah adalah, jika pengunjung tidak dapat melihat jumlah view pada artikel tersebut. Hal ini, tidak bisa tidak, dapat membuat sebuah artikel kurang diperhatikan oleh pembaca. 

Cara Menampilkan Jumlah Pengunjung Website

Dengan counter kita dapat mengetahui seberapa banyak jumlah pengunjung dari situs kita dengan menampilkan html dari counter yang kita buat dari menu cpanel.

Untuk membuat counter bisa melalui cpanel hosting anda. Langkah pertama silakan login ke cpanel, http://domainanda.com/cpanel/

Setelah klik menu CGI center. Maka akan muncul jendela berikut:

Kemudian pilih menu counter, maka akan tampil jendela seperti berikut:

Kita bisa edit sesuai yang kita inginkan seperti :
• Frame Thickness : untuk mengatur ketebalan tampilan counter.
• Max Digits : untuk mengatur banyaknya digit yang akan ditampilkan di counter
• Sytle : untuk mengatur style yang akan kita inginkan ( kita bisi memilih dari A-Z dan 1-7.
• Counter Name : kita dapat mengganti nama counter yang kita buat sesuai keinginan kita

Kemudian setelah kita setting, untuk warna dan lainnya seperti diatas, kita bisa lihat hasilnya dengan klik Preview

Cara Menampilkan Jumlah Pengunjung Website

Lalu klik ‘Make HTML’ untuk melihat script HTML yang nantinya akan diupload ke website kita.

Setelah itu buka script html website anda di mana counter akan di letakkan, sisipkan script counter di dalam script html website anda tersebut.

Setelah disimpan, maka anda dapat merefresh browser anda, dan tampilan counter akan muncul di website anda.

Cara Menampilkan Jumlah Pengunjung Website

Cara Menampilkan Jumlah Pengunjung Website Menggunakan Histats

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa menambahkan informasi statistik pengunjung website Anda menggunakan Histats. Histats merupakan sebuah website yang menyediakan layanan monitoring statistik user atau pengunjung website secara gratis. Meskipun gratis, fitur yang dimiliki Histats,dapat dikatakan cukup lengkap. Anda bisa melakukan monitoring jumlah pengunjung atau page view yang bersifat real time. 

Cara Daftar di Histats

Agar dapat menggunakan Histats, Anda harus mendaftarkan diri pada situs tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah mendaftar Histats: 

Buka website Histats

Untuk dapat membuka website tersebut, silakan klik histats.com 

Registrasikan website Anda

Setelah masuk ke halaman utama Histats, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan website Anda. Silakan gulir layar sampai bagian bawah, kemudian Anda akan menemukan menu Register. Dan Anda harus memasukkan alamat website yang nantinya ingin didaftarkan. 

Isikan Data

Masukkan alamat email dan password yang Anda inginkan. Selanjutnya pada bagian additional information, Anda dapat mengisinya dengan name dan username. Kemudian, centang bagian “Privacy”. Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk memasukan captcha dengan benar. Lakukan pengecekan dengan benar sebelum klik daftar. 

Jika pendaftaran yang Anda lakukan berhasil, nantinya akan muncul pop up yang memberitahukan bahwa pendaftaran Anda telah berhasil. 

Cara memasang Histats pada Website 

Agar bisa memasang Histats, Anda harus memastikan untuk memiliki akses agar dapat membuka menu yang terdapat di pada themes atau template. Hal ini karena nantinya Anda diwajibkan untuk memasukkan kode HTML atau Javascript. Berikut ini adalah langkah-langkah memasang Histats pada website Anda: 

Login ke Histats

Untuk bisa login ke Histats, tentu saja Anda harus memiliki akun Histats terlebih dulu. Jika belum, Anda bisa mendaftarkan diri sesuai dengan panduan diatas. 

Tambahkan Website

Selanjutnya Anda akan masuk ke dashboard. Silakan klik “Add Website” untuk menambahkan alamat website Anda yang akan ditambahkan Histats. 

Tambahkan Data Website 

Pada bagian data website, Anda harus menambahkan site URL website milik Anda. Juga, bahasa yang digunakan, serta kategori website yang diinginkan. 

Menambahkan Negara Asal 

Anda juga wajib untuk memasukkan lokasi negara di mana Anda berasal. Tak lupa juga untuk memilih zona waktu yang dapat disesuaikan dengan target dari pengunjung website Anda. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Login PhpMyAdmin

Masukkan Judul, Deskripsi, dan Mengisi Kode Captcha

Masukkan judul website yang sudah Anda daftarkan disertai deskripsinya. Jika Anda merasa bingung, Anda bisa mengisinya dengan apa saja, karena memang bisa diisi apa saja. Kemudian, Anda juga harus memasukkan kode captcha yang sama. Jika sudah, silakan klik Lanjutkan. 

Klik pada URL Website 

Selanjutnya, klik URL website agar dapat menambahkan kode script yang nantinya akan dimasukkan ke dalam website. 

Pilih Counter Code dan Add New Counter 

Kemudian, Anda juga bisa memilih counter histats yang ada di bagian atas, yang berdekatan dengan tombol login. Selanjutnya, pilih pada add new counter. Nantinya akan terdapat banyak pilihan tampilan histats yang bisa Anda pilih, sesuai selera. 

Melakukan Kustomisasi Histats 

Anda dapat berkreasi dengan memilih tema yang sesuai dengan selera. Tak hanya itu, pada panel bagian atas, nantinya ada tambahan data tentang jumlah pengunjung pada hari itu, page view, total pageviews, dan juga jumlah user yang online. 

Simpan dan Masukkan Kode Script

Jika Anda merasa semuanya sudah cukup silakan simpan pengaturan tersebut. Selanjutnya, Anda dapat mengklik pada counterID, yang kemudian akan muncul kode script yang dapat dipasang di website. 

Masuk ke Theme Editor 

Jika Anda menggunakan WordPress, silakan masuk ke index.html. Anda dapat melakukan login menggunakan akun WordPress. Silaka masuk ke tab Appearance, pilih Widget dan Custom HTML. 

Silakan mempaste file untuk script HTML Histats yang sudah Anda copy tadi. Klik Save untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Silakan melakukan pengecekan, apakah Histats Counter sudah tampil di website Anda. 

Penutup 

Seperti yang telah disebutkan pada bagian awal artikel ini, adanya tampilan website counter dapat memacu pembaca untuk mengetahui lebih banyak tentang isi konten pada suatu halaman website. Semoga artikel cara menampilkan jumlah pengunjung website ini dapat memberikan inspirasi untuk Sahabat IDwebhost

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Ayo tunggu apalagi beli domain dan hosting termurah IDwebhost sekarang juga dan buktikan murahnya!

9 Comments

  • Saya blogger baru di WordPress, karena selama ini saya menggunakan blogger.com untuk blog-blog saya yang easy to use. Yang paling saya suka dari blogger karena kita bisa mengedit elemen halaman tanpa harus menguasai HTML. Oya, saya sudah coba setting conter-nya, tapi kenapa ya edit HTML pada blogku tak bisa disimpan? Atau saya salah masuk editor? Mohon bantuannya

  • Terima kasih atas infonya,

    Pak Kalau untuk mencegah kalau action refresh screen counter tidak bertambah bagaimana ?
    tolong kalau ada script atau triknya email saya pak.

    terimakasih

  • This is a great post and makes me think of where I can fit in. I do a little bit of everything mentioned here and I guess I have to find my competitive advantage.

  • aax

    kalo nampilin hasil dari AWStats caranya gimana ? udah nyoba pake plugin tetep aja gax bisa.

  • kurang banya ya?

  • Hey could I use some of the perception discovered on this blog if I produce a link again to your website?

  • great and informative post there.

  • Kalau membuat efek reload atau refresh di widget khususnya pada counter pengunjung bagaimana ya gan?

Comments are closed.