Blog Hosting Guru Apakah TLD Baru Mempengaruhi SEO?

Apakah TLD Baru Mempengaruhi SEO?

Mendaftarkan sebuah nama domain baru merupakan langkah besar untuk membawa situs Anda menjadi seperti yang diinginkan. Itulah mengapa begitu penting untuk mempertimbangkan dan memikirkan dengan matang dalam memilih nama domain. Selain itu, dalam memilih nama domain juga perlu memperhatikan TLD (Top Level Domain) yang tepat. Adanya ratusan TLD sekarang ini menuntut kita untuk lebih cermat memilih yang sempurna dan sesuai bisnis yang dijalani. Misalnya beralih dengan memilih TLD baru seperti .pizza, .auto, dll terlepas dari TLD generik. Karena hal ini masih baru bagi banyak orang, maka bisa dimengerti mengapa kekhawatiran muncul ketika memilih TLD yang berbeda dari TLD generik biasanya.

Peringkat dalam hasil pencarian adalah prioritas utama untus situs web apapun. Lalu apakah dengan menggunakan TLD baru akan memperngaruhi hasil pencarian atau SEO? Berikut kami akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Google Mengatakan Tidak Ada Pengaruh Atau Perbedaan

Bukti pertama yang menunjukkan bahwa Google memiliki penilaian yang sama terhadap semua TLD dalam hasil pencarian atau SEO adalah dari tahun 2012 dimana Matt Cutts, Kepala dari Webspam mengklarifikasi tentang hal ini. Dalam hal itu, Matt Cutts membaca postingan dari seseorang dimana orang itu mengklaim bahwa alamat web dengan TLD baru secara otomatis akan meningkatkan peringkat di Google.

Matt Cutts mengutarakan bahwa hal tersebut tidak benar. Google memiliki langkah tersendiri dalam meningkatkan hasil pencarian, terlepas dari TLD. Google akan menggunakan langkah yang tepat untuk mengatur hasil pencarian bagi situs dengan TLD baru. Terlepas dari hal tersebut, dirinya tetap menyarankan untuk menggunakan TLD generik seperti .com. Jika Anda ingin menggunakan TLD baru untuk suatu alasan tertentu maka itu adalah pilihan Anda, namun Anda tidak harus menanamkan pemikiran bahwa dengan TLD baru akan menaikkan peringkat SEO, karena hal tersebut tidak benar.

Beberapa Melihat Efek Positif Terhadap SEO

Ada beberapa website yang membuktikan bahwa dengan TLD baru tidak hanya menaikkan peringkat tapi juga bisa tampil lebih baik daripada TLD generik seperti .com. Salah satunya adalah coffe.club. Hal yang bisa dipelajari disini adalah, tidak ada link yang menggunakan istilah coffe club, tetapi 80 persen menggunakan link coffe.club. Ini membuat Google mempertimbangkan TLD sebagai kata kunci. Jika ini benar, maka menggunakan TLD dengan kata kunci yang relevan akan memberikan website Anda keuntungan dalam peringkat SEO dibandingkan dengan TLD generik seperti .com.

Google (Masih) Mengatakan Tidak Ada Perbedaan

Spekulasi terjadi baik pada Google atau website dengan TLD coffe.club diatas. Akibatnya, John Mueller, Webmaster Trends Analyst dari Google mengklarifikasi hal tersebut. Dirinya menyatakan bahwa Google tetap memperlakukan tingkat yang sama terhadap TLD apapun. Mueller memposting artikel di blog Pusat Webmaster Google untuk menjelaskannya. Mengatasi masalah ini secara langsung, ia menyatakan “Sistem kami memperlakukan TLD baru seperti TLD lainnya (seperti .com, .org, dll). Kata kunci tidak memberikan perbedaan dan pengaruh apapun dalam pencarian”.

Terlepas dari berbagai spekulasi di atas, satu hal yang dapat dipelajari adalah keberhasilan website dengan TLD berbeda tidak mempengaruhi SEO. Dengan TLD baru pun kita bisa meningkatkan SEO melalui faktor lainnya. Hal ini merupakan kabar baik bagi para pendaftar domain yang ingin menggunakan TLD yang tepat tanpa khawatir berdampak pada peringkat SEO. Segera tentukan nama domain beserta TLD yang terbaik untuk menjalankan situs Anda.