Add Account Email di Cpanel
Blog Hosting Guru Add Account Email di Cpanel

Add Account Email di Cpanel

Semua tahu, pada saat ini banyak cara yang dilakukan oleh orang untuk mempromosikan bisnisnya. Boomingnya internet secara langsung maupun tidak telah merubah cara pandang orang tentang cara promosi yang efektif. Dan salah satu sarana promosi yang dianggap efektif adalah email. Ya, Anda tidak salah baca. Adalah email marketing, yang dianggap sebagai salah satu metode pemasaran paling efektif.

Meskipun banyak yang menyebut email marketing sebagai hal yang kadaluarsa, nyatanya, metode ini masih menjadi cara yang ampuh. Terutama, karena dengan email, Anda bisa mengumpulkan database pengguna, yang jika diolah dengan baik dan benar akan berpotensi meningkatkan bisnis Anda.

Bagi sebuah website, keberadaan email juga sangat penting. Karena, semua informasi yang keluar masuk ke website akan terdistribusi melalui email. Sebagai pemilik website, Anda tentu sudah paham betul dengan hal ini, bukan? 

Pentingnya mengonlinekan bisnis

Ketika Anda memutuskan membawa bisnis Anda go online, akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Antara lain, memudahkan orang untuk menemukan bisnis Anda, mengiklankan bisnis Anda pada khalayak, dan mendapatkan umpan balik.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis Anda lewat website. Anda bisa membuat website dengan tampilan yang sederhana, atau serumit perusahaan-perusahaan besar kelas dunia.

Jika ingin bisnis Anda segera online, ada tiga cara mudah yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah langkah-langkah tersebut:

          Mendaftarkan nama domain

Nama domain bisa diibaratkan sebagai alamat bisnis Anda. Dan agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan, Anda harus memilih nama domain yang tepat. Sebuah nama domain yang ideal umumnya pendek, mudah untuk dituliskan, dan mudah diingat.

Anda bisa mendaftarkan nama domain ke berbagai penyedia hosting yang ada. Atau biasa disebut dengan registrar. Penyedia hosting yang baik banyak yang mem-bundling pendaftaran domain dengan layanan web hosting.

          Berlangganan hosting

Seperti yang telah disebutkan diatas, telah menjadi standar umum bahwa registrar membundling registrasi domain dengan layanan hosting. Sebagai pengguna Anda tentu tidak boleh salah saat memilih registrar domain. Pilihlan registrar domain yang andal, cepat, dan customer oriented.

          Membuat website

Ada tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat website. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut ringkasannya untuk Anda:

Menggunakan website builder

Membuat website menggunakan website builder menawarkan kemudahan bagi penggunanya untuk membuat website professional hanya dalam hitungan menit. Plesk, sebagai salah satu panel kontrol terkemuka memiliki fitur ini.

Menggunakan content management system

Content management system (CMS) adalah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan memaintenance websitenya. Menawarkan kustomisasi lebih luas, pengguna juga dituntut untuk setidaknya sedikit paham tentang pengetahuan teknis.

Menggunakan jasa professional

Untuk Anda yang ingin garansi website Anda bisa langsung online, Anda bisa menyerahkannya pengerjaannya pada orang yang ahli dibidangnya. Konsekuensinya adalah, ada biaya ekstra yang harus Anda keluarkan untuk hal ini. 

Cara Add Account Email di cPanel

Fitur hebat yang dimiliki cPanel adalah kemudahan dalam mengelola email. Anda misalnya, bisa membuat email dengan domain sendiri menggunakan akun email. Sedikit ingin bergaya dengan membuat email balasan secara otomatis? Bisa juga. Anda bisa menggunakan Autoresponders.

Ada juga menu Email Filter untuk menyaring email yang masuk. Sedangkan untuk mengamankan email, Anda bisa menggunakan Apache SpamAssasin dan Authentication. 

Sebelum memulai cara add account email di cPanel, satu hal yang harus Anda pastikan adalah memiliki akses ke akun cPanel Anda. 

Langkah 1 : Mengakses cPanel 

Langkah pertama, silakan akses akun cPanel Anda. Untuk bisa mengaksesnya, Anda bisa menggunakan member area IDwebhost. Kemudian login menggunakan username dan password cPanel milik Anda. 

Langkah 2 : Pilih Menu Email 

Setelah berhasil masuk ke dashboard cPanel, silakan buka menu Email Accounts pada kolom Email. Anda juga dapat mengetikkan Email Accounts pada kolom pencarian di cPanel, agar lebih mudah. 

Langkah 3 : Membuat Akun Email 

Langkah ini adalah proses untuk membuat akun email. Caranya, silakan masukkan nama dari akun email yang ingin Anda buat. Misalnya, emailanda@domainsaya.com. Setelah itu, masukkan password yang ingin Anda gunakan untuk email Anda. IDwebhost sangat menyarankan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, simbol, dan angka pada password Anda. 

Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menetapkan Mailbox Quota. Tujuannya tak lain adalah untuk menentukan besar ukuran penyimpanan akun email Anda. 

– Tersedia dua pilihan default, yaitu pilihan standar sebesar 1024 MB dan Unlimited. 

– Jika Anda memilih 1024 MB dan email sudah mencapai limit, Anda tak dapat menerima email lagi. 

– Jika Anda memilih unlimited, Anda tak perlu lagi menambah limit jika email sudah penuh. Unlimited bisa jadi pilihan yang sangat rasional. 

Langkah 4 : Menyelesaikan Cara Membuat Email di cPanel 

Setelah mengisi semua detail yang Anda perlukan, silakan klik tombol Create Account. Selanjutnya, Anda akan menemukan pesan bahwa akun email Anda telah berhasil dibuat. 

Mengapa Anda Memerlukan Email Bisnis?

Mengapa saya memerlukan email bisnis? Ya, pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh para pengguna yang belum familiar dengan pentingnya email bisnis. Email bisnis, memungkinkan Anda untuk menggunakan nama domain perusahaan sebagai domain email, alih-alih menggunakan nama platform yang sedang Anda pakai.

Misalnya, dengan email bisnis, Anda akan memiliki email dengan nama namaAnda@domainAnda.com. Bukan namaAnda@gmail.om.

Karena email adalah salah satu kanal untuk berbagi informasi yang cukup berpengaruh dalam bisnis. Maka menggunakan akun email untuk bisnis adalah suatu keharusan, untuk siapa saja yang sekarang sedang menjalankan bisnisnya.

Tak hanya akan memberikan kesan professional, ada keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan email bisnis. Pertama, email bisnis dapat menumbuhkan kepercayaan dari konsumen potensial. Tentu, Anda tidak menginginkan email bisnis yang telah susah-susah dikirim hanya akan masuk ke kotak spam?

Selain itu, orang yang melihat email Anda, akan segera menyadari perusahaan asal Anda. Dan hal ini, juga dapat berpotensi untuk meningkatkan brand awareness produk Anda.

Tetapi, anggapan yang beredar di masyarakat membuat email bisnis dapat menghabiskan biaya yang cukup mahal. Tetapi, ada juga layanan email bisnis yang juga memberikan layanan email bisnis secara gratis. Tentu, dengan beberapa keterbatasan. Di atas itu semua, email bisnis juga cukup mudah untuk di-setting, dan Anda hanya memerlukan sedikit teknis. 

Itulah tadi cara add account email di cPanel. Mau punya website, aman, dan andal? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost.  

25 Comments

  • wah…blog-nya baru nih …Saya pelanggan idwebhost..
    Kalo untuk simple-nya memang mudah pakai File Manager di CPanel..
    Tapi jumlah file yang diupload terbatas, ngga kayak FileZilla…

  • terima kasih untuk idwebhost atas tutorialnya, sekarang sya sudah punya account email 🙂

  • hallo how are you .,,,,lagi baik kannn,,,,,?

  • waduuh makasih bgt jogjacam jadi tmbh ilmu
    sukses selalu

  • Mampir, dan meninggalkan jejak.

  • A wonderful article…. this is just what I needed to read today. Thanks for describing the way you work and how you structure your writing projects. I’ll go read that article now.

  • Good post,This was exactly what I needed to read today! I am sure this has relevance to many of us out there.

  • terima kasih atas supportnya ya. semoga makin jaya

  • aax

    mau tanya nih

    1. kenapa fitur cpanel setelah order berbeda dengan cpanel pada demo sedangkan fitur yang dihilangkan tidak disebutkan di https://idwebhost.com/hosting-murah, misal DNS Zone editor, webalizer, dll.

    2. Mohon penjelasan tentang ” 0 (Max 2) ” pada fitur Park Domain dan Addon Domain di https://idwebhost.com/hosting-murah

    sory klo salah tempat.

    • hanafi

      @aax, maksud 0 (Max 2) adalah, untuk addon domain anda perlu order (50rb/domain), bila 2 (Max 4) berarti sdh siap untuk 2 addon tanpa order, dan maksimal 4, adapun yang ke 3 dan 4 perlu order, trm kasih

  • Thx very much JogjaCamp Team for your excellent info for this session. =)

  • Terima kasih banyak atas layanan IDWebhost yang benar-benar 24hours!
    Saya juga sangat berterima kasih kepada Mas Tanto (tentu crew lainnya juga) yang dengan sabar dan telaten chat menjawab “kebingungan” saya hahaha… Mantap!

    • hanafi

      @New Surya Promo, terima kasih. bila ada kesulitan lain silakan hub CS kami kembali

  • salam, saya ingin merubah tampilan template di web saya,karena tampilannya masih seperti blogspot.
    bagaimana caranya?

  • Sangat membantu mas..
    apakah nantinya bisa di sinkronkan dengan outlook mas?

  • Ikut menyimak artikelnya Gun 🙂
    Silahkan mampir2 juga ke Web saya.

    Salam !

    • hanafi

      @Outbound, terima kasih telah berkunjung di blog.idwebhost.com

  • Sipp bos.. Sangat menarik dan manfaat infonya, Sekarang bisa sedikit keren ya punya e-mail dengan namadomain sendiri.. Hihihihihi

    SALAM: FAEDAH JAYA

    ***

    • hanafi

      ok

  • ada beberapa hal yang ingin ditanyakan:
    1. phpmyadmin pada cpanel kok ga bisa tampil. ada statement error.
    2. ketika meng-upload file yang telah di zip, kok tidak bisa sekali saja dilakukan.

    • hanafi

      mohon diinfo nama domainya? trm kasih

  • nugra

    min saya mau tanya…. klau saya buat 1 domain berikut hostingnya, apakah saya bisa membuat 4 alamat web email. trims

    • Muh Hanafi

      membuat 4 email account bisa

  • Mas Kalau Mau Buat Ini,Harus Punya Hosting Ya?

    • Muh Hanafi

      iya harus ada hosting domain

Comments are closed.