Blog Hosting Guru 5 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Nama Domain

5 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Nama Domain

Memilih nama domain yang tepat untuk bisnis adalah bagian penting dari proses startup. Ada banyak elemen berbeda yang dapat mempengaruhi efektivitas sebuah nama domain. Dengan mempertimbangkan segala elemennya, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapat nama domain yang sempurna. Anda mungkin sudah sering mendengar tips sebelum membeli nama domain. Misalnya memilih nama yang lebih pendek, menggunakan ekstensi .com bila memungkinkan, menghindari angka dan tanda hubung, hingga menggunakan ejaan yang benar. Tips di atas memang elemen penting sebelum membeli nama domain, namun ada beberapa hal lain yang tidak kalah penting. Berikut adalah 5 hal penting yang harus dipertimbangkan saat membeli nama domain.

  1. Targetkan Area Lokal Anda

Jika Anda menawarkan layanan yang bergerak di suatu area, pertimbangkan untuk menggunakan lokasi dalam memilih nama domain. Beberapa contohnya adalah LasVegasHeatingCooling.com atau ArizonaArts.com. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan sesuai dengan lokasi dimana layanan Anda dikembangkan. Imbuhkan juga nama-nama yang mengesankan dan relevan dengan produk atau jasa Anda. Menargetkan area lokal dalam nama domain juga dapat mempengaruhi peringkat di mesin pencari. Ketika seseorang mencari bisnis yang diinginkan, mereka cenderung mengetikkan lokasinya terlebih dahulu dengan harapan menemukan hasil yang paling relevan dengan tempat tinggalnya. Ini lah mengapa nama domain yang menggunakan lokasi dapat meningkatkan peringkat.

  1. Melakukan Pencarian

Ini sangat penting bagi Anda untuk meluangkan waktu dan melakukan research. Hal ini untuk memastikan bahwa nama domain yang dipilih bukan merupakan merek dagang atau hak cipta perusahaan lain. Anda juga perlu melihat tentang sejarah atau asal usul nama yang dipilih. Pastikan bahwa nama tersebut tidak menyalahi aturan dan tidak melanggar moral.

  1. Pilih Nama Domain yang Mudah Diucapkan

Anda mungkin telah memilih nama domain yang pendek, tidak menggunakan tanda hubung serta angka, hal ini tentu mengesankan. Tetapi bisakah nama domain tersebut diucapkan? Dan dapatkah Anda mengucapkannya dengan benar? Sebuah nama domain harus mudah disebar luaskan baik melalui mulut ke mulut. Ketika seseorang merekomendasikan situs Anda ke orang lain, maka situs tersebut harus memiliki nama domain yang mudah diucapkan. Hal ini juga terkait dengan kemudahannya dalam mengingat. Semakin mudah untuk diucapkan, maka akan semakin mudah orang-orang untuk membicarakan dan berpikir tentang bisnis Anda. Kemudian kita juga akan lebih mudah mengingatnya saat mengunjungi situs.

  1. Jangan Memaksakan Menggunakan Kata Kunci

Kata kunci dalam nama domain dapat berdampak pada peringkat di mesin pencari, tetapi tidak selamanya terjadi seperti itu. Google tidak menempatkan kata kunci untuk mencocokkan secara tepat, sehingga kata kunci tidak selamanya penting. Strategi terbaik adalah dengan fokus menargetkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah Anda mungkin menawarkan lebih dari satu produk atau jasa. Jika kata kunci tidak merangkul seluruh elemen produk atau jasa Anda, maka lebih baik menghindarinya dan tidak menggunakannya untuk nama domain.

  1. Asosiasi Mungkin Lebih Bekerja

Saat kata kunci bukan pilihan terabik untuk nama domain, mungkin sebuah asosiasi dengan kata kunci tersebut bisa menjadi lebih efektif. Misalnya, saat Anda ingin menjual buku secara online, Anda bisa menggunakan nama domain buybookonline.com atau lainnya yang lebih luas. Ada banyak variabel terkait saat memilih sebuah nama domain. Semoga dari 5 hal penting di atas dapat membantu Anda sebelum membeli nama domain yang tepat.