Mengapa Nama Domain Sangat Penting Bagi Bisnis Anda?

15 Sep 2016
Mengapa Nama Domain Sangat Penting Bagi Bisnis Anda? campaign-unlimited

Pada tingkat dasar, nama domain merupakan hal yang sangat penting karena skema pengalamatan Internet sangat tidak efektif tanpa adanya domain. Setiap komputer di Internet memiliki sebuah alamat Internet Protocol (IP), yaitu sebuah kombinasi string unik yang terdiri dari empat angka yang dipisahkan oleh titik, seperti 165.166.0.2. Karena mengingat seluruh alamat IP dari semua situs favorit anda merupakan hal yang hampir mustahil, sekelompok ilmuwan komputer telah menciptakan suatu sistem nama domain untuk menetapkan nama unik untuk setiap alamat IP numerik.

Namun domain sebenarnya lebih dari sekedar perihal shortcut teknis saja. Sebuah domain name yang singkat dan mudah diingat dapat membuat sebuah perbedaan signifikan apakah akan menciptakan sebuah kehadiran atau justru membuat pengunjungnya akan ‘tersesat’ di dunia maya.

Apakah Anda ingin memiliki sebuah website? Jika iya maka tidak hanya hosting saja yang perlu diperhatikan namun domain juga bagian penting dari website Anda nantinya. Domain ini bisa dikatakan sebagai identitas website Anda sehingga pengunjung akan lebih mudah dalam menemukan situs yang Anda miliki. Jangan sampai memilih nama domain itu asal-asalan sehingga sulit untuk dieja yang pada akhirnya pengunjung tidak jadi dan ragu untuk mengakses website Anda.

Lalu bagaimana memilih domain name yang tepat untuk keuntungan bisnis Anda? Nah pada artikel ini IDwebhost akan membahas tips dan trik cara memilih domain yang tepat untuk Anda.

Berikut lima hal mengapa domain sangat penting bagi bisnis anda.

Sebuah nama domain menambah kredibilitas bisnis anda

1. Sebuah domain menambah kredibilitas bisnis anda

Memiliki domain sendiri akan membuat perusahaan anda menjadi terlihat profesional. Jika anda mempublikasikan situs anda melalui ISP atau situs web hosting gratis, anda akan mendapatkan URL seperti www.yourisp.com/-yourbusiness. Alamat generik ini kurang memberikan kepercayaan kepada pelanggan dibandingkan nama domain seperti www.yourcompany.com.

Sebuah nama domain pertanda anda telah berpikiran maju

2. Sebuah domain pertanda anda telah berpikiran maju

Memiliki sebuah domain sendiri menunjukkan bahwa anda merupakan bagian dari revolusi digital yang berarti bahwa anda selalu up-to-date pada teknologi yang muncul. Memiliki nama domain anda juga dapat menempatkan anda di depan pesaing anda.

meningkatkan kehadiran online bisnis anda

3. Domain dapat meningkatkan kehadiran online bisnis anda

Memiliki domain anda sendiri dapat membuat anda selalu membawa nama tersebut jika anda melakukan proses transfer web host atau mengganti in-house server anda. Jika anda tidak memiliki nama domain anda sendiri, anda harus menggunakan sebuah URL baru, yang akan menghambat proses branding yang telah anda lakukan.

dapat menarik orang ke dalam bisnis anda

4. Domain yang tepat dapat menarik orang ke dalam bisnis anda

Jika anda memutuskan untuk mendaftarkan domain yang sesuai dengan konsep bisnis anda dan bukan nama bisnis, anda mungkin akan dapat menarik orang-orang untuk mencari topik itu. Misalnya, sebuah toko perangkat keras yang terdaftar dengan nama domain Hammers.com mungkin akan mendapatkan pengunjung yang ingin mencari palu secara online di Internet.

membangun merek anda

5. Domain membangun merek anda

Nama domain dapat meningkatkan kesadaran orang-orang terhadap merek bisnis anda. Jika domain Anda sesuai dengan nama perusahaan anda, hal tersebut akan memperkuat merek anda, sehingga memudahkan pelanggan untuk mengingat dan terus kembali mengunjungi bisnis anda. Hal ini juga akan membuat anda lebih mudah untuk menyebarkan bisnis anda melalui mulut ke mulut karena pelanggan akan mengingat nama merek anda dan membagikannya kepada teman-teman mereka.

Intinya adalah bahwa domain yang baik dapat membawa anda lebih jauh. Seperti menghasilkan traffic ke situs anda dan membangun reputasi yang baik untuk bisnis anda. Yang pada akhirnya, akan menghasilkan lebih banyak pelanggan dan penjualan yang lebih baik.

Baca juga:  Cara Memilih Nama Domain Website yang Baik dan Benar

Tips Memilih Domain Tepat unutk Bisnis Anda

1. Memilih Domain Yang Singkat Dan Mudah Diingat

Pada dasarnya memilih atau menentukan domain itu bebas sesuka hati pembelinya, namun demikian ada baiknya untuk memilih nama domain yang tepat dan efektif. Usahakan untuk membuat nama domain yang singkat dan mudah diingat, karena dengan nama yang singkat akan lebih mudah untuk di hafal juga. Nah disini usahakan jangan membuat nama domain lebih dari 3 kata panjang. Coba perhatikan domain berikut facebook.com, Google.com, twitter.com, dan lain sebagainya. Dari nama tersebut akan lebih mudah untuk diingat dan diketikkan pada pencarian atau browser. Karena domain singkat ini sering di incar oleh orang jadi agak sulit menentukan yang pas untuk website Anda jadi segera tentukan dan beli domain keinginan Anda sekarang juga.

2. Domain Harus Mudah Untuk Diketik

Bagaimana pendapat Anda tentang nama domain berikut 123-laptop-murah.com? Saat Anda mengetikkan nama tersebut pastinya akan sangat sulit. Dengan demikian pengunjung akan mencari website yang lain saja.

3. Masukkan Kata Kunci Jika Memungkinkan

Jika Anda memiliki usaha jasa pembuatan website misalnya maka dengan menggunakan kata kunci seputar website akan lebih SEO di mesin pencari dan mudah untuk mendapatkan peringkat. Sebagai contoh jasawebku.com, juraganwebsite.com dan lain sebagainya. Pada domain tersebut terdapat kata kunci.

4. Gunakan Nama Brand Sebagai Domain

Jika Anda memiliki perusahaan atau bisnis dengan menggunakan nama domain sesuai dengan bisnis Anda maka juga bisa meningkatkan branding dari bisnis tersebut. Dengan demikian perusahaan Anda akan lebih dikenal oleh orang secara luas.

5. Gunakan Ekstensi Yang Sesuai

Saat Anda membeli domain tentunya akan tersedia berbagai macam ekstensi yang bisa dipilih seperti .Com, .Net, .Id, .org, dan lain-lain. Domain-domain tersebut yang paling populer saat ini salah satunya .COM atau domain .ID yang juga populer dan memiliki kredibilitas tinggi.

6. Pastikan Domain Belum Digunakan Pihak Lain

Tentunya Anda tidak bisa menggunakan atau membeli domain yang sudah dibeli oleh orang lain. Selain itu Anda perlu menghindari domain yang sudah terkenal atau dari perusahaan brand yang besar hal ini jika menggunakan nama tersebut bisa jadi merepotkan ke depan karena bisa dianggap melanggar hak cipta dan lain sebagainya.

7. Segera Beli Domain Yang Telah Anda Tentukan

Setiap harinya ada ratusan bahkan ribuan orang mencari domain untuk kebutuhan mereka. Nah tentu saja jika nama domain sudah dimiliki orang lain tidak bisa di beli lagi. Oleh karena itu segeralah mengamankan domain keinginan Anda jika sudah cocok dengan pilihan Anda. jika tidak bisa jadi ada orang yang menginginkan domain seperti yang ingin Anda beli tersebut.

Pilih Nama Domain Murah Yang Kamu Inginkan!

Sudah Siap Membeli Domain? Tentukan pilihan Anda sekarang juga

Nah jika sudah silakan mengecek di IDwebhost karena IDwebhost adalah penyedia layanan web hosting berpengalaman dengan teknologi super canggih. IDwebhost menyediakan layanan domain terjangkau dan juga hosting murah di Indonesia. Jadi tunggu apa lagi segera pilih nama domain Anda sekarang juga di IDwebhost.

Penulis
Member since 2 Jul 2013