4 Tips Mudah Membuat Website Pertama Anda
Blog Hosting Guru 4 Tips Mudah Membuat Website Pertama Anda

4 Tips Mudah Membuat Website Pertama Anda

Mungkin Anda adalah orang yang baru pertama kali membuat website untuk bisnis Anda. Anda sudah memiliki nama domain dan bersiap untuk membuat website pertama Anda. Jika Anda telah mendaftarkan nama domain, berarti Anda sudah satu langkah lebih dekat untuk membangun bisnis Anda dan mempromosikannya secara online. Pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang harus dilakukan setelah nama domain sudah didaftarkan? Memulai untuk membuat dan menjalankan sebuah website tidaklah sulit, apalagi jika kita menggunakan tools yang tepat untuk membantu kita. Dalam artikel ini, kami mencoba membantu Anda untuk memahami semua langkah yang perlu di lakukan untuk membuat sebuah website pertama Anda dengan cepat dan mudah. Mari kita mulai!

  1. Siapkan website dengan dua free page sebagai permulaan

Setelah anda memiliki domain, anda tidak perlu langsung membuat sebuah website yang lengkap. Sebenarnya, sebelum Anda mulai membuat sebuah website dan memilih template, ada baiknya anda mencoba sementara waktu untuk membangun konsep yang user-friendly untuk website Anda. Meskipun hal ini mungkin memerlukan waktu tambahan, tidak ada salahnya anda membuat sebuah website dengan dua free page sebagai pengganti sampai Anda siap untuk meluncurkan website anda. Hal ini sering diterapkan oleh para profesional dan pelaku bisnis di seluruh dunia melalu fitur ‘coming soon’ pada halaman mereka selama bertahun-tahun untuk membiarkan pengunjung tahu bahwa mereka akan segera online serta dapat menciptakan buzz pada waktu yang bersamaan. Ini adalah opsi yang menarik jika Anda belum siap untuk meluncurkan website secara full tetapi ingin membuat beberapa buzz sebelum memulai peluncuran besar yang sebenarnya.

  1. Membangun website Anda

Sebelum anda mulai membangun sebuah website, pertama-tama Anda harus berpikir tentang struktur yang Anda inginkan dan bagaimana semua informasi serta halaman akan disatukan. Jika itu adalah sebuah website sederhana di mana Anda mempresentasikan bisnis Anda, anda mungkin hanya perlu beberapa halaman seperti homepage, informasi perusahaan, halaman kontak serta berita bisnis. Jika anda menjual produk secara online, maka website anda juga akan mencakup halaman produk, formulir pemesanan online, kontak, serta bantuan dan dukungan. Anda pun dapat membangun sebuah website sendiri dari awal, menggunakan jasa website builder atau menggunakan jasa perusahaan profesional tergantung pada kemampuan teknis dan biaya yang anda miliki.

  1. Melakukan hosting untuk website Anda

Setelah anda selesai membangun website Anda, berikutnya adalah menggunakan web hosting. Jika anda menggunakan jasa website builder atau perusahaan profesional, Anda mungkin tidak perlu khawatir karena proses ini biasanya sudah termasuk di dalam layanan mereka. Ketika memilih mana web hosting yang akan digunakan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Untuk situs yang sederhana, biasanya cocok menggunakan pilihan entry-level hosting. Hosting ini harus mencakup setidaknya 10 MB untuk ruang penyimpanan
  • Pastikan Anda dapat dengan mudah meng-upgrade website Anda
  • Untuk website yang lebih besar dengan banyak traffic, Anda membutuhkan hosting dengan unlimited bandwidth sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang limit charge atau biaya ekstra saat website menjadi benar-benar populer
  • Mencari informasi sebanyak dan tim pendukung yang kuat dapat membantu Anda kapan saja ketika anda membutuhkan bantuan
  • Melakukan penelitian untuk memastikan penyedia web hosting yang Anda pilih benar-benar handal, aman dan terpercaya
  1. Mengatur email profesional Anda

Anda sebaiknya juga membuat sebuah alamat email profesional yang dipersonalisasi untuk nama domain anda. Anda tentu tidak ingin menggunakan alamat email yang bersifat generik yang telah anda gunakan sebelumnya, karena hal ini menyangkut image dari bisnis Anda. Anda harus menunjukkan keseriusan untuk setiap detailnya, maka langkah selanjutnya adalah mengatur email Anda untuk mencocokkannya dengan nama domain Anda. Anda kemudian dapat menggunakannya untuk semua kebutuhan agar menjaga setiap pekerjaan selalu terorganisir dengan baik, mulai dari mengatur email dan kontak sampai pada penjadwalan tugas dan kalender. Anda dapat membeli email ini secara terpisah, tergantung pada fitur dan penyimpanan yang anda butuhkan, atau juga mendapatkannya secara gratis melalui paket hosting yang Anda pilih.

Membuat dan mempersiapkan sebuah website Anda tentu membutuhkan usaha lebih. Namun, siapa pun bisa melakukannya, terlepas dari seberapa besar keterampilan teknis yang dimilikinya. Dengan tools dan informasi yang tepat, Anda bisa membuat website pertama anda berjalan dengan baik dan sukses seperti yang Anda harapkan.