2 Aspek Penting Dalam Menentukan Sebuah Nama Domain
Blog Hosting Guru 2 Aspek Penting Dalam Menentukan Sebuah Nama Domain

2 Aspek Penting Dalam Menentukan Sebuah Nama Domain

Ketika anda memulai sebuah website baru, salah satu keputusan pertama dan paling penting adalah Anda harus memilih nama domain. Pilihan nama domain akan mempengaruhi kesuksesan sebuah website di hampir setiap aspek, termasuk Search Engine Optimization (SEO) dan Social Media Marketing. Hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengerti apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah domain. Jadi, menjadi penting untuk menetahui cara menentukan nama domain.

Apakah Memilih Nama Domain yang Tepat, Penting Untuk SEO?

cara menentukan nama domain

Ketika ada pertanyaan demikian, maka jawabannya adalah, Iya! Sebagai pemilik website, Anda tentu ingin pengunjung penasaran dengan produk dan penasaran dengan isinya hanya dengan membaca nama websitenya, saja. Anda harus mengoptimalkan nama domain dengan pendekatan berdasar SEO, untuk menarik orang-orang agar tertarik mengunjungi website Anda.

Dalam hal ini, nama domain lebih banyak akan muncul di halaman pencarian semakin tinggi kemungkinan untuk di-klik. Salah satu contoh penting bagaimana domain sangat berpengaruh bisa dilihat pada website spammer. Seseorang memilih nama domain dengan menargetkan kata kunci karena hasil yang sudah pasti: Yaitu jumlah klik yang meningkat dan ranking yang tinggi pada halaman pencarian mesin pencarian.

Maka sudah dapat dipastikan bahwa nama domain memang sangat penting. Memilih nama domain yang tepat dapat membantu Anda untuk mendapatkan pengunjung yang sudah Anda targetkan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai dua aspek penting dalam menentukan sebuah nama domain.

Baca Juga : LSI Keyword Tools dan Kegunaannya Untuk SEO

Cara Menentukan Nama Domain

Menggunakan keyword pada nama domain

Sebagai pebisnis yang mempunyai website, tentu Anda ingin website Anda mudah ditemukan di halaman pencarian Google, bukan? Ya, memang ada berbagai cara agar website Anda bisa tampil di halaman pertama Google. Tapi Anda bisa melakukannya dengan meletakkan kata kunci penting bisnis Anda pada nama domain.

Memilih domain berdasarkan keyword yang menjadi target adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan. Nama domain berbasis keyword ini nantinya memuat kata-kata yang berkaitan dengan bisnis, produk, ataupun layanan milik Anda. Misalnya, Anda adalah seorang fotografer dengan spesialisasi pernikahan. Anda bisa memilih nama weddingjogjaphoto.com.

Selama bertahun-tahun, para pakar SEO dan pemasaran sering membeli domain yang mengandung keyword yang diinginkan dalam rangka meningkatkan peringkat pada mesin pencari. Banyak dari mereka yang membeli domain yang sama persis dengan keyword yang mereka gunakan. Seperti contohnya, jika mereka ingin menggunakan kata kunci ‘toko online’ maka mereka pun juga menggunkana domain tokoonline.com.

Hal seperti ini memiliki beberapa keuntungan, yang pertama keberadaan keyword dalam sebuah domain itu sendiri sebenarnya sudah merupakan salah satu faktor peringkat. Kedua, keberadaan keyword dalam sebuah domain akan mendorong para webmaster lain untuk menyertakannya.

Catatan Memilih Nama Domain Berdasarkan Keyword

cara menentukan nama domain

Hanya saja ada satu catatan yang harus Anda pertimbangkan. Anda bisa melakukan ini jika kondisi memungkinkan. Meskipun banyak website bisnis yang tampil di halaman pertama Google menyisipkan kata kunci di nama domainnya. Mengapa demikian? Hal ini tidak lepas dari kecenderungan Google yang lebih menyukai pemakaian nama brand sebagai nama domain.

Memilih domain yang brandable

Setiap bisnis tentu perlu untuk memiliki sebuah brand. Dengan demikian, produk atau layanan Anda akan lebih banyak dikenal dan mendapatkan kepercayaan konsumen. Adanya brand dapat membuat sebuah bisnis dapat diingat oleh orang banyak.

Memiliki nama domain yang sesuai dengan keyword memang menawarkan beberapa manfaat, tetapi ada juga alternatif lain yang bisa anda pertimbangkan, yaitu menggunakan domain yang brandable. Sebuah brand dari suatu bisnis sangatlah penting, dan nama domain Anda adalah sebuah pondasi untuk membangun sebuah brand online.

Anda bisa memilih nama domain berdasarkan merek atau branding produk Anda. Hal ini tentang bagaimana pengunjung mencari, mengingat, dan membagikan apa yang pengunjung temukan di website Anda. Pada umumnya, seseorang harus menentukan nama domain pada saat memilih nama brand atau merek. Dengan kata kata lain, Anda harus menggunakan merek bisnis sebagai nama domain Anda.

Mengapa Memilih Nama Domain Berdasarkan Brand?

Nama domain akan digunakan oleh user untuk menemukan, mengingat, berbagi dan mengidentifikasi bisnis anda secara online. Baik dalam social media ataupun mesin pencari, nama domain adalah cara utama dimana user dapat mengidentifikasi sebuah link. Saat ini masih banyak orang yang berpikir bahwa SEO hanyalah mengenai keyword dan link saja, namun kenyataannya Google sebenarnya juga menyukai sebuah brand. CEO Google, Eric Schmidt pernah menyatakan bahwa brand adalah sebuah solusi, bukan masalah. Karena brand sangat meyakinkan para pelanggan.

Memilih nama domain bisa menjadi sebuah hal yang sedikit rumit. Dalam beberapa kasus, banyak nama domain yang sudah digunakan dan akan mahal untuk membelinya. Yang anda butuhkan adalah diskusikan selalu pemilihan nama domain bersama dengan tim Anda untuk menemukan beberapa ide. Dan selalu yakinkan bahwa nama domain yang Anda pilih akan mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Bagi Anda yang sudah menentukan nama brand, Anda juga dapat menggunakannya sebagai nama domain website. Selain agar bisnis Anda terkenal secara online, orang lain juga tidak dapat menggunakan domain dengan nama brand.

Berikut adalah beberapa harus diperhatikan bila memilih nama brand sebagai nama domain:

  • Nama brand Anda sudah Ada dan sudah dikenal secara luas.
  • Anda sudah mulai melakukan promosi dan membangun kesadaran merek, atau brand awareness.
  • Brand Anda sudah memiliki nama tersendiri.
  • Brand Anda memang sangat unik, tidak ada yang lainnya.
  • Anda ingin website Anda mendapat peringkat yang baik, untuk meningkatkan hasil pencarian brand Anda.

Domain Berdasarkan Lokasi

cara menentukan nama domain

Pemakaian nama domain ini akan membantu Anda untuk mentargetkan calon pelanggan di sekitar wilayah Anda. Nama domain ini akan membuat calon pelanggan mengetahui bahwa Anda memiliki produk atau layanan berdasarkan dari nama domain, dan berada di wilayah tertentu. Namun kelemahan dari pendekatan ini, akan membuat Anda kesulitan saat ingin mengembangkan merek karena terhalang lokasi geografis yang sudah tertarget.

Domain Berdasarkan Nama Layanan

Nama domain ini akan membantu Anda memasarkan produk dan layanan Anda. Dengan highlight layanan atau produk, orang akan mencari tahu tentang apa isi website Anda. Juga, apa yang mereka harapkan produk Anda. Domain jenis ini juga menghilangkan batasan geografis dari domain lokal. Yang perlu Anda lakukan adalah menentukan layanan isi dari konten website Anda.

Kesimpulan

Menentukan nama domain adalah salah faktor penting pada sebuah website. Semoga dengan artikel ini membuka pemahaman tentan cara menentukan nama domain yang tepat.

Go digital sekarang juga dengan berlangganan hosting murah IDwebhost. Klik di sini untuk informasi lebih selanjutnya.