Perbedaan HDD dan SSD Server
Blog Tips Keren

Perbedaan HDD dan SSD Server

Perbedaan hdd dan ssd server adalah sebuah pengetahuan dasar yang perlu anda ketahui sebelum anda ingin menggunakan perangkat lunak untuk web hosting berbasis yang anda inginkan. Dengan pemilihan yang tepat, sudah pasti akan lebih banyak lagi keuntungaan yang bisa anda dapatkan didalamnya. Sebagaimana yang diketahui bahwa SSD hosting adalah pilihan yang banyak dipakai dalam dunia hosting, tapi ada juga yang memilih HDD hosting. Sebenarnya apa saja perbedaan yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Dalam hal ini memang ada banyak yang bertanya tentang apa perbedaan dan kelebihan dari masing-masing opsi yang tersedia tersebut. Sudah pasti dari sini anda akan mampu menemukan sendiri banyak manfaat yang akan bebas anda capai di dalamnya.

Perbedaan HDD Dan SSD server Yang Perlu Anda Ketahui

 

Perbedaan HDD Dan SSD Server
idwebhost

 

Perbedaan hdd dan ssd server yang perlu anda ketahui akan dimulai dari HDD terlebih dahulu. Disini anda pasti tau bahwa HDD sudah diciptakan sejak lama tepatnya pada tahun 1956. Pada masa itu HDD sudah dikenalkan oleh IBM dengan berbagai fitur dan kelebihan yang bisa anda dapatkan didalamnya. Tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa tipe HDD ini bisa disebut sebagai tipe yang tradisional dan banyak digunakan saat ini. Dari sini anda bisa melihat bahwa memang fungsi yang bisa anda dapati didalamnya ada banyak dan begitu spesifik. Tak heran kalau HDD pernah mengalami kejayaan pada masanya.

Cara kerjanya juga cukup sederhana, yaitu menyerupai VCD atau DVD yang anda temukan saa ini. Jadi cara kerjanya seperti pemutar music atau video. Dimana HDD tersebut akan berputar sangat cepat untuk memaksimalkan kinerjanya dan menunjukan hasil yang dibutuhkan. Dengan kata lain teknologi GDD yang satu ini memberikan manfaat yang signifikan dalam hal access time yang ada didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda bingungkan lagi. Lalu bagaimana cara kerjanya dalam sebuah website? Biasanya anda pasti melihat ada beberapa layanan hosting yang menawarkan HDD hosting dengan spesifikasi yang beragam mulai dari 500 GB, 4 TB, dan lain sebagainya. Semuanya pun juga memiliki harga sendiri dan disesuaikan dengan ukuran.

Semakin besar kapasitas yang dibutuhkan oleh pengguna, tentu saja akan semakin besar pula harganya. Disini anda bisa memilih layanan hosting yang menyediakan kepada anda harga yang bisa disesuaikan dengan porsi yang anda inginkan saat ini. Yang jelas, anda bisa memilih pilihan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan sekarang juga agar bisa mendapatkan manfaatnya yang lebih nyata dan terbaik. Yang pasti, untuk website yang sudah berkembang dan ingin mendapatkan fitur yang lebih optimal sangat disarankan untuk memilih jenis yang tepat sehingga hasil yang didapatkan pun juga akan lebih optimal lagi dibandingkan dengan sebelumnya. Inilah yang akan membawa dampak terbaik yang dibutuhkan.

Kekurangan Dari HDD Hosting

Selain tentang perbedaan hdd dan ssd server, alangkah baiknya jika anda mengetahui kekurangan dari HDD hosting itu sendiri. Banyak yang mengatakan bahwa HDD hosting memiliki kekurangan dimana anda akan melihat kinerjanya tidak seperti SSD Hosting.

 

Perbedaan HDD Dan SSD Server
idwebhost

Apa Itu SSD Hosting Dan Keuntungannya?

Perbedaan hdd dan ssd server bisa dilihat dari bagaimana SSD hosting mampu memberikan hasil yang lebih optimal. Memang tak bisa dipungkiri bahwa SSD menyediakan banyak sekali keunggulan yang past hebat dan nyata didalamnya. Jadi tak ada yang perlu anda pusingkan lagi. Karena memang anda akan bisa mendapatkan kemudahan dalam menjalankan random data yang ada di situs anda. Performanya bahkan melebihi yang anda bayangkan, yakni 100x lipat atau lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Jadi tidak heran jika SSD menjadi pribadona yang banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia. Dengan banyaknya manfaat yang akan bisa anda temukan tersebut, sudah pasti akan lebih banyak yang akan bisa anda peroleh didalamnya.

Kekurangan Dari SSD Hosting

Selain perbedaan hdd dan ssd server, kekurangan juga akan bisa anda temukan dalam SSD tersebut, yakni bagaimana harganya yang sangat mahal tersebut. Jika anda tau bahwa harganya sudah mahal seperti ini, alangkah baiknya jika anda menerapkan yang terbaik dari sekarang. SSD sendiri dengan harga yang cukup tinggi hanya memberikan kapasitas yang tidak terlalu besar sepert HDD. Jika pada versi HDD anda melihat ukurannya bisa sangat luar biasa, untuk tipe SSD ini biasanya akan disesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa yang pastinya anda lihat ukurannya terlampau kecil. Jadi jangan kaget apabila ukuran tersebut akan menjadi masalah jika anda ingin menyimpan dalam jumlah besar, tapi tak perlu khawatir untuk hal olah data, karena anda akan bisa menemukan bahwa SSD mampu memberikan anda performa yang lebih optimal dalam hal olah data itu sendiri.

Lalu Mana Yang Terbaik?

Setelah mengetahui perbedaan hdd dan ssd server tersebut, anda pasti bertanya, lalu mana yang terbaik dari sejumlah opsi yang tersedia tersebut? Anda akan melihat bahwa yang terbaik didalamnya adalah yang mampu memberikan kepada anda manfaat yang sangat dahsyat dan juga luar biasa. Anda akan mampu mendapatkan lebih banyak keuntungan yang anda inginkan. Dalam hal ini, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda rasakan dan maksimalkan didalamnya. Anda bisa memilih SSD saja jika anda memang berniat untuk membeli sesuatu yang sesuai dengan performa yang diberikan, lalu anda punya cukup banyak budget untuk merogoh kocek dalam-dalam supaya bisa mendapatkan yang anda inginkan tersebut.

 

Perbedaan HDD Dan SSD Server
idwebhost

 

Baca Juga: Plugin; Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Perbedaan hdd dan ssd server bisa anda terapkan dalam hal ini dengan signifikan. Sekali lagi, jika anda memang menginginkan yang terbaik, alangkah baiknya jika anda memilih opsi yang tepat. Pilihan yang terbaik sebenarnya relatif karena disesuaikan dengan kebutuhan anda selaku pemilik website itu sendiri. Kalau anda merasa HDD sudah cukup bagus dan bisa anda pergunakan, anda bisa memilihnya saja langsung. Tapi kalau anda merasa bahwa opsi tersebut kurang, anda bisa menjatuhkan pilihan anda pada opsi lainnya yang anda inginkan. Tentu saja semua itu kembali lagi pada diri anda sendiri yang menentukan.

Yang pasti dengan adanya pemilihan terbaik tersebut, sudah pasti anda sendiri yang nantinya akan diuntungkan karenanya. Dimana didalamnya akan lebih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan. Satu hal yang pasti adalah perbedaan hdd dan ssd server tersebut akan kental terasa pada saat anda melihat banyaknya manfaat yang akan anda capai didalamnya dari sekarang. Inilah yang akan membawakan kepada anda manfaat yang lebih besar dan anda butuhkan tersebut. Dalam hal ini, anda memang benar-benar harus selektif dalam memilih mana yang tepat. Dengan memilih yang tepat guna, anda sendiri yang akan merasakan hasil dan manfaatnya tersebut secara maksimal pastinya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.