Hashtag: Cara Meningkatkan Brand dan Engagement Bisnis Anda dengan Maximal

24 Agu 2021
Hashtag: Cara Meningkatkan Brand dan Engagement Bisnis Anda dengan Maximal campaign-unlimited

Bagi Anda para pengguna media sosial, pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya hashtag atau tagar (#). Singkatnya, hashtag adalah sebuah tag yang diawali dengan simbol pagar (#). Nah, biasanya hashtag ini digunakan oleh pengguna media sosial untuk menyampaikan satu topik tertentu.

Tapi, penggunaan hashtag ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk bisnis, lho. Bahkan, tidak sedikit brand yang menggunakan hashtag di media sosial untuk mempopulerkan campaign atau produk mereka. Supaya brand Anda semakin dikenal lebih luas, pahami apa itu hashtag dan cara penerapannya dalam social digital marketing bisnis Anda.

Hashtag Adalah Tagar 

hashtag adalah

Apa yang dimaksud dengan hashtag? Hashtag adalah tag berisi kata kunci yang diawali dengan simbol pagar (#) dan ditulis tanpa spasi. Sebetulnya, tag dalam hashtag ini tidak selalu berisi kata kunci. Terkadang, ada beberapa pengguna yang membuat hashtag untuk menyuarakan sebuah campaign atau hanya sekedar kata biasa saja.

Baca Juga: Plugin Social Media WordPress Terpopuler

Yang pasti, kegunaan utama dari hashtag ini adalah sebagai kategorisasi konten-konten yang ada di berbagai platform. Nah, media sosial adalah platform yang paling banyak menggunakan hashtag. Bahkan, hashtag ini sudah seperti menjadi kewajiban bagi para penggunanya agar konten mereka bisa menjangkau lebih banyak audiens seperti di Instagram.

Hashtag sendiri sebetulnya ada berbagai jenis, tergantung pada fungsi atau tujuan penggunaan. Tetapi, ada setidaknya 4 jenis hashtag yang sering digunakan oleh para pengguna, baik dalam bisnis maupun untuk akun publik. Berikut ini adalah 4 jenis hashtag yang sering digunakan oleh pengguna media sosial.

  • Hashtag trending, jenis ini adalah yang paling sering digunakan oleh pengguna media sosial, baik untuk bisnis maupun akun publik biasa. Hashtag trending adalah jenis tagar yang memiliki volume pencarian yang besar karena terkait dengan isu-isu trend. Sebagai contoh #BlackFriday, #bigbangcomeback, dan lain-lain.
  • Hashtag niche, sesuai namanya tagar yang satu ini adalah tagar yang sesuai dengan jenis konten akun tersebut. Biasanya, tagar ini sering digunakan oleh brand untuk menggapai lebih luas audiens atau calon customer. Selain itu, hashtag jenis ini juga sering digunakan oleh komunitas.
  • Hashtag brand, tagar jenis ini adalah tagar yang mencerminkan sebuah brand, bisa dari namanya ataupun slogannya. Selain itu, hashtag yang satu ini juga sering digunakan untuk mengkategorikan tempat bisnis. Misalnya, #IDwebhost, #WebhostingyaIDwebhostaja dan #erigomalang.
  • Hashtag campaign, selain untuk mempromosikan produk dan brand, jenis lain dari tagar ini adalah untuk menyuarakan sebuah campaign. Tagar yang satu ini juga seringkali digunakan oleh para influencer atau bisnis untuk mengajak banyak orang berbuat sesuatu. Contoh hashtag campaign adalah #SaveTheEarth, #YukKurangiPlastik dan lain-lain.

Manfaat Hashtag dalam Social Media Marketing

hashtag adalah

Salah satu penggunaan hashtag adalah sebagai strategi dalam social media marketing. Tidak sedikit bisnis yang memanfaatkan tagar sebagai sarana untuk mengenalkan brand mereka lebih luas. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat hashtag bagi bisnis dalam social media marketing.

  • Hashtag Mengenalkan Brand Lebih Luas

Manfaat pertama yang didapatkan dari penggunaan hashtag ini adalah Anda dapat mengenalkan brand dengan jangkauan yang lebih luas. Bukan hanya menjangkau audiens yang sudah menjadi followers saja, tetapi Anda juga dapat meraih lebih banyak audiens di luar followers. Nah, dari brand yang telah dikenal luas ini, nantinya Anda dapat meningkatkan konversi.

  • Meningkatkan Engagement

Salah satu hal penting dalam social media marketing adalah tingkat engagement. Untuk meningkatkan engagement ini, Anda tentu harus membuat konten yang berkualitas. Nah, hashtag adalah cara untuk mendukung agar konten tersebut meraih lebih banyak engagement dari para followers. Dengan hashtag, Anda dapat mengajak followers untuk membagikannya lebih luas.

  • Menambah Konteks Lain dalam Satu Post

Seperti yang sudah dijelaskan, salah satu jenis hashtag yang sering digunakan adalah hashtag trending. Nah, hashtag ini dapat Anda manfaatkan untuk posting-an di media sosial. Misalnya, Anda ingin menggunakan hashtag #dressanak dan saat ini sedang trend tagar #Ramadhan2022. Anda dapat memanfaatkan momen dari hashtag trending tersebut untuk menaikkan konten Anda.

Cara Menerapkan Hashtag dalam Social Media Marketing

hashtag adalah

Sebetulnya, cara membuat hashtag di berbagai media sosial, seperti Instagram, Twitter dan Facebook, tidak terlalu berbeda. Akan tetapi, untuk menerapkan hashtag yang tepat, Anda harus melakukan riset dengan mendalam. Sehingga, nantinya hashtag tersebut dapat meraih lebih banyak engagement dan menjangkau audiens lebih luas.

Nah, berikut ini cara yang tepat untuk menerapkan hashtag dalam social media marketing bisnis Anda.

  • Analisis Hashtag Kompetitor

Cara pertama untuk menerapkan hashtag dalam social media marketing yang tepat adalah dengan menganalisa tagar yang digunakan oleh kompetitor. Anda dapat melihat hashtag apa saja yang biasanya digunakan oleh kompetitor. Mulai dari hashtag produk hingga pada cara mereka membuat tagar untuk brand.

Baca Juga: Cara Jitu Jualan Online Agar Cepat Laku

Hasil analisa ini nantinya dapat menjadi referensi Anda dalam menentukan hashtag apa yang tepat untuk digunakan dalam strategi social media marketing. Anda juga dapat menganalisa seberapa besar engagement yang didapat dari hashtag tersebut.

  • Track Popularitas Hashtag

Selain menganalisa hashtag kompetitor, cara selanjutnya adalah melakukan tracking popularitas dari tagar tersebut. Penggunaan hashtag yang tidak populer hanya membuat jangkauan konten Anda tidak luas. Sebaliknya, semakin populer sebuah hashtag maka semakin besar pula kemungkinan jangkauan konten Anda jadi lebih luas.

Biasanya, jumlah penggunaan hashtag ini dapat Anda lihat saat akan mem-posting konten. Tetapi, Anda dapat mengetahui tingkat popularitas sebuah tagar dengan menggunakan hashtag generator. Nah, hashtag generator ini merupakan tools yang dapat Anda gunakan untuk mencari tagar terpopuler di berbagai media sosial.

  • Gunakan Hashtag Secukupnya

Salah satu kesalahan dalam penggunaan hashtag adalah terlalu banyak menggunakan tagar dalam satu posting-an. Penggunaan yang terlalu banyak ini hanya akan mengganggu audiens untuk melihat keseluruhan isi konten Anda.

Padahal, tujuan dari hashtag yaitu untuk mendorong sebuah konten menjangkau lebih banyak audiens. Oleh karena itu, gunakanlah hashtag yang efektif dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, jangkauan audiens tetap luas dan konten tetap berkualitas.

Kesimpulan

Hashtag adalah tag yang berisi susunan kata kunci yang diawali dengan simbol pagar (#) dan ditulis tanpa spasi. Nah, hashtag ini adalah salah satu strategi yang dapat Anda gunakan dalam social media marketing. Ada banyak manfaat yang dapat bisnis Anda peroleh dengan menggunakan tagar pada setiap posting-an.

Agar penggunaan hashtag Anda maksimal dan tentunya efektif, jangan lewatkan cara penerapan tagar yang tepat untuk social media marketing. Nah, selain media sosial, Anda juga dapat melakukan marketing melalui media digital lainnya seperti website.

IDwebhost adalah web hosting terbaik yang memberikan banyak sekali layanan. Mulai dari membuat website bisnis hingga menyediakan layanan hosting murah. Tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk membuat website sebagai bentuk digital marketing. Apalagi ditambah dengan promo menarik dari IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost

Penulis
Member since 2 Jul 2013