Hashtag: Cara Meningkatkan Brand dan Engagement Bisnis Anda dengan Maximal
Blog Social Media Marketing Hashtag: Cara Meningkatkan Brand dan Engagement Bisnis Anda dengan Maximal

Hashtag: Cara Meningkatkan Brand dan Engagement Bisnis Anda dengan Maximal

Hashtag yang biasa Anda gunakan dalam melakukan postingan media sosial tidak sekadar hiasan. Ternyata, hashtag juga dapat digunakan untuk memaksimalkan promosi bisnis Anda lho. Ingin tahu bagaimana caranya?

Anda dapat mempelajari lebih lengkapnya di bawah ini.

 

Isi Artikel  :

 

 

 

Apa Itu Hashtag?

 

hashtag

Hastag merupakan sebuah kata kunci yang ditulis tanpa menggunakan spasi dan memiliki tanda pagar (#) di depannya. Misalnya #IDwebhost dan #WebhostingyaIDwebhostaja..

Hashtags umumnya digunakan untuk mengelompokkan konten-konten suatu media sosial ke bagian suatu topik spesifik. Sehingga audiens menjadi lebih mudah menemukan konten yang mereka sukai di media sosial. 

Saat ini, hampir semua media sosial mempunyai hashtags. Contohnya Instagram, Twitter dan juga Tik Tok. Ada banyak jenis hashtag yang dapat Anda pakai di media sosial tersebut, yaitu:

  • Hashtags Trending: hashtags yang mempunyai volume pencarian besar dari audiens. Biasanya berkaitan dengan momentum. Misalnya, #ThrowbackThursday
  • Hashtag Industri: hashtags yang spesifik ini mencerminkan dari industri Anda. Misalnya #travel #website #food
  • Hashtag Brand: hashtags yang mencerminkan nama brand, slogan bisnis, atau tempat bisnis. Contohnya #IDwebhost, #WebhostingyaIDwebhostaja

 

 

Cara Kerja Hashtag di Berbagai Media Sosial

 

hashtag

Bagaimana cara kerja hashtag ? Berikut penjelasannya dalam penerapannya di berbagai media sosial:

1.Hashtag Instagram

Katakanlah Anda posting suatu foto produk atau konten marketing pada Instagram, kemudian Anda menyisipkan hashtags sesuai kebutuhan Anda. Ketika pengguna lain klik hashtags Anda, semua foto produk Anda yang memiliki hashtags tersebut dapat muncul.

Sebagai contoh, IDwebhost menggunakan hashtags  #wordpress di konten Instagram. 

Ketika pengunjung sedang melakukan pencarian dengan hashtag #wordpress, semua konten marketing IDwebhost yang memiliki hashtags tersebut akan muncul di hasil pencarian mereka. Selain itu juga konten tersebut juga muncul bersama konten milik pengguna lain dengan hashtags serupa. 

Postingan yang memiliki engagement paling banyak dapat muncul di kolom Top Post, sedangkan postingan terbaru akan muncul di bagian kolom Most Recent.

 

2.Hashtag Twitter

Twitter dapat mengumpulkan berbagai konten hashtag ske dalam beberapa kategori, yaitu: 

  • Top tweets, yaitu tweet yang memiliki hashtags yang paling banyak bisa mendapat interaksi. Biasanya dari orang atau brand berpengaruh.
  • Latest, yaitu kumpulan tweet terbaru dari orang yang memiliki suatu hashtags.
  • Photos, yaitu tweet dengan foto yang memiliki suatu hashtags.
  • Videos, yaitu tweet dengan video yang memiliki suatu hashtags.

Nah, ketika hashtags Anda telah populer, tweet yang mempunyai hashtags Anda bisa berpotensi untuk muncul di bagian Trending Topic.

 

3. Hashtag TikTok

Hashtags pada TikTok bisa membantu Anda dalam mendapatkan banyak view, reach dan followers. Bagaimana cara kerja hashtags TikTok?

TikTok dapat mengelompokkan konten-konten yang ada berdasarkan hashtags yang digunakan. Dengan begitu, pengguna TikTok dapat lebih mudah menemukan konten Anda. 

Contohnya ketika Anda akan memposting sebuah video lucu di TikTok. Di bagian caption, Anda bisa menyisipkan hashtags #comedy. 

Jadi, ketika pengguna lain ingin mencari video lucu, mereka dapat klik Discovery pada bagian bawah screen mereka. 

Anda juga dapat menggabungkan hashtags pilihan Anda dengan hashtags #foryoupage, #foryou atau #fyp. Konon, algoritma TikTok dapat menampilkan video Anda di beranda pengguna yang mempunyai interest terhadap video Anda. 

Misalnya, jika Anda menyisipkan hashtags #comedy dan #foryourpage, algoritma TikTok bisa menampilkan video Anda di halaman beranda pengguna yang tertarik dengan video lucu. 

Menariknya, berbeda dengan Instagram atau Twitter, untuk menayangkan video di beranda menggunakan hashtags #foryoupage, Anda tidak perlu mempunyai banyak followers atau likes yang banyak.

Tak hanya Instagram, Twitter dan TikTok saja, saat ini hampir semua postingan di media sosial menyisipkan hashtags lho. Namun, sejauh ini hashtags yang paling banyak digunakan adalah di Instagram dan Twitter yang berguna untuk mencari lebih banyak eksposur dari target audiens. 

 

Tips Memilih Hashtag yang Tepat

 

hashtag

Pemilihan hashtags di berbagai media sosial terdapat perbedaan dalam segi strateginya. Untuk itu, berikut ini merupakan tips memilih hashtags yang tepat:

1. Monitor Media Sosial Kompetitor

Pertama-tama, Anda perlu untuk menganalisisa media sosial kompetitor dan influencer yang relevan pada brand Anda. Tujuannya agar Anda dapat mengetahui strategi untuk mendapatkan engagement pada target audiens.

Hal yang perlu Anda amati adalah pada bagian marketing campaign apa yang lebih sering dilakukan pada media sosial; Setelah itu,  Anda dapat mencatat hashtags apa saja yang sering digunakan pada postingan kampanye marketing mereka;

Catat berapa banyak hashtags yang telah digunakan dalam satu postingan kampanye marketing.

Nah, dengan begitu Anda juga dapat mengetahui hashtags yang sering mereka gunakan. Jadi, Anda juga dapat menggunakan hashtags itu untuk menjaring target audiens yang sama dengan kompetitor. 

Meski begitu, Anda juga perlu memperhatikan untuk jangan memakai semua hashtags kompetitor. Anda dapat memilih beberapa hashtags yang relevan dengan bisnis Anda.

 

2. Tracking Tingkat Popularitas Hashtag

Hashtags yang populer tentu bisa memberikan banyak pencarian oleh audiens. Untuk itu, Anda perlu mencari hashtags populer pada Twitter dan Instagram Anda dengan menggunakan tools tertentu. Bagaimana caranya?

Anda dapat menggunakan tools hashtags analytic. Contohnya, Hastagify.me yang bisa menampilkan popularitas suatu hashtags.

Contohnya, ketika Anda mencari tingkat kepopuleran hashtags #ecommerce, Anda bisa mendapatkan persentase secara keseluruhan. Seperti tingkat popularitas terbaru, bulanan, sampai mingguan baik itu pada Twitter maupun di Instagram.

 

Cara Menggunakan Hashtag dengan Tepat

Berikut ini adalah cara tepat dalam menggunakan hashtags pada masing-masing media sosial:

  1. Instagram

Terdapat tiga saluran yang digunakan untuk hashtags di Instagram, yaitu melalui feed postingan Instagram, Instagram stories, dan juga IGTV. Masing-masing saluran mempunyai jumlah hashtags yang berbeda-beda, yaitu:

  • Pada feed postingan Instagram, Anda dapat menggunakan lebih dari 30 hashtags pada kolom caption. Jika Anda berkeinginan menampilkan caption yang lebih rapi, Anda dapat menggunakan hashtags di kolom komentar.
  • Pada Instagram stories Anda bisa menyisipkan lebih dari 3 hashtags
  • Pada IGTV Anda dapat menyisipkan lebih dari 30 hashtags

Meskipun batas maksimal hashtags cukup banyak, Anda juga tidak boleh sembarangan memilih hashtags. Berikut ini adalah formula hashtags pada Instagram yang perlu Anda coba:

  • Pilih 3-5 hashtags populer
  • 3-5 hashtags dengan kepopuleran sedang
  • 3-5 hashtags industri atau niche Anda
  • Pilih satu hingga dua hashtags brand Anda
  • Nah, dengan formula ini, Anda sudah telah mempunyai 12 hingga 15 hashtags yang relevan untuk brand Anda. 

 

2. Twitter

Jika Anda ingin menyisipkan hashtags di Twitter, Anda perlu cukup menggunakan 1-2 buah saja. Sebab, tweet dapat menampilkan bersama dengan hashtags. Jadi, penggunaan hashtags yang berlebih mungkin dapat dianggap sebagai spamming. 

Jika Anda sudah menemukan hashtags yang tepat, Anda dapat menulisnya tanpa menggunakan spasi dan juga tanpa tanda baca. 

 

3. TikTok

TikTok mempunyai limit karakter dengan caption maksimal 100 karakter. Sedikit sekali, ya? Oleh karena itu, penggunaan hashtags pada TikTok yang ideal yaitu 4-5 buah.

Lalu, hashtags apa saja yang perlu Anda pilih dalam konten TikTok?

  • Pilih 2 hashtags dengan niche spesifik. Contohnya, #socialmediamarketingtips dan #socialmediatips
  • Pilih 2 hashtags dengan topik umum. Contohnya #marketing dan #instagrammarketing
  • Jangan lupa pilih hashtags trending yang masih relevan pada konten Anda. contohnya, #tipsbuatkamu.

 

Kesimpulan

Setelah Anda mempelajari artikel ini, ternyata hashtag memiliki banyak manfaatnya untuk bisnis Anda, kan? Contoh manfaat hastag untuk bisnis adalah dari konten yang mudah ditemukan audiens, brand awareness dan juga engagement yang berpotensi dapat meningkat, hingga kemudahan dalam melakukan promosi digital.

Semoga bermanfaat 

Selanjutnya, supaya Anda juga bisa mendapatkan informasi artikel lainya, Anda bisa mengunjungi halaman website IDwebhost di bagian blog IDwebhost.

Kabar lainnya, Anda juga bisa memilih hosting terbaik pilihan yang disediakan oleh IDwebhost dan domain lengkap beserta promo didalamnya yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis online Anda. 

Tidak lupa juga jika Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website, Anda juga bisa menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.