Hardware Adalah: Fungsi, Cara Kerja, dan Bagian-bagiannya

25 Jan 2024
Hardware Adalah: Fungsi, Cara Kerja, dan Bagian-bagiannya campaign-unlimited

Kamu mungkin sudah terbiasa menggunakan keyboard dan monitor untuk mengerjakan berbagai tugas dan pekerjaan. Tapi, apakah kamu tahu bahwa kedua perangkat ini merupakan hardware dalam komputer? Hardware adalah komponen utama dalam sebuah perangkat komputer.

Bukan hanya perangkat yang bisa kamu lihat dari luar saja, hardware juga mencakup bagian-bagian lain yang terdapat dalam mesin komputer. Selengkapnya akan kami jelaskan apa saja bagian-bagian hardware dalam komputer, fungsi, dan cara kerjanya. Jadi, selamat menyimak pembahasan kami, ya!

Pengertian Hardware

Hardware adalah setiap elemen pada komponen komputer yang bersifat fisik. Artinya, semua bagian yang dapat dilihat dan disentuh, bisa disebut sebagai hardware. Perangkat keras dikategorikan menjadi dua, yaitu komponen internal dan eksternal.

Pengelompokkan ini didasarkan pada tugasnya. Komponen internal merupakan bagian-bagian dalam komputer yang bekerja secara kolektif untuk memproses dan menyimpan instruksi. Komputer memerlukan komponen internal agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan menerima instruksi dari program atau sistem operasi.

Sementara, komponen eksternal merupakan item pada komputer yang bertugas untuk menambah atau meningkatkan fungsionalitas saja. Komponen ini juga disebut sebagai perangkat periferal. Biasanya, komponen hardware ini dihubungkan secara eksternal untuk mengontrol fungsi input dan output.

Fungsi Hardware

Hardware adalah komponen yang bertugas untuk menjalankan fungsi komputer, mulai dari menerima instruksi, menyimpan, memproses, hingga menghasilkan output. Menurut pengertiannya ini, fungsi hardware dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Menerima Input

Hardware bertugas untuk menerima input dari user. Input ini bisa diterima dalam berbagai bentuk, melalui berbagai periferal. Misalnya dalam bentuk input tulisan menggunakan keyboard atau input suara menggunakan mikrofon.

2. Menyimpan Informasi dan Data Perangkat

Instruksi yang telah diolah menjadi output tidak akan hilang begitu saja. Hardware bukan hanya menghasilkan output namun juga akan menyimpan datanya. Tanpa kamu sadari, biasanya aktivitasmu di komputer menyimpan informasi dan data pada RAM komputer.

3. Memproses Informasi dan Data pada Perangkat

Instruksi akan diolah oleh hardware untuk memberikan hasil sesuai dengan keinginan user. Proses ini melibatkan pengolahan data dan informasi yang disusun sedemikian rupa, agar dapat ditampilkan dan dipahami oleh manusia.

4. Menghasilkan Output

Hasil pengolahan instruksi yang telah ditampilkan disebut dengan output. Hardware menghasilkan output sesuai dengan data dan informasi yang telah diolah sehingga dapat dipahami oleh manusia.

Cara Kerja Hardware

Hardware bekerja berdasarkan instruksi yang diberikan. Instruksi ini disebut juga sebagai instruction set, yang memungkinkan hardware untuk melakukan berbagai jenis tugas yang telah diminta oleh user.  Adapun tiga instruction set untuk menjalankan hardware adalah sebagai berikut:

  • Instruksi dasar input – merupakan instruksi untuk memberikan data pada perangkat lunak. Instruksi ini diberikan usai hardware mendapatkan input dari user dan diteruskan ke perangkat lunak. Contohnya, saat user menggunakan mouse untuk memindahkan kursor atau melakukan aksi tertentu.
  • Instruksi dasar proses – merupakan instruksi yang menjadi perantara proses input dan output. Proses ini tidak terjadi di keseluruhan sistem komputer, melainkan hanya pada satu bagian hardware tertentu saja.
  • Instruksi dasar output – merupakan instruksi untuk melakukan aksi tertentu sesuai dengan input pada suatu hardware yang diberikan oleh user. Sebagai contoh saat user menyalakan CPU atau meningkatkan volume pada speaker eksternal.

Bagian Hardware

Untuk memperjelas gambaran tentang hardware, kami akan menjelaskan bagian-bagian hardware. Sebagai elemen fisik komputer, hardware adalah komponen yang terdiri atas banyak bagian. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. CPU

Pengguna komputer tentu sudah tahu bahwa CPU merupakan komponen krusial dalam komputer. CPU adalah pusat pemrosesan dan eksekusi instruksi digital dari berbagai program.

Perangkat keras ini juga bisa disebut sebagai otak dari sebuah komputer. Setiap CPU memiliki kecepatan yang berbeda-beda, namun semakin cepat CPU maka semakin baik kinerjanya dalam memproses data.

2. Motherboard

Masuk lebih dalam ke CPU, kamu akan menemukan hardware yang bernama Motherboard. Ini merupakan sebuah unit yang menampung pusat pemrosesan. Sebagai sebuah perangkat keras, Motherboard memiliki bentuk seperti papan sirkuit cetak.

3. Hard Drive

Ini merupakan perangkat keras yang bertugas menjadi ruang penyimpanan data. Hard drive menyimpan data, baik secara sementara maupun permanen. Di dalamnya, kamu dapat menyimpan berbagai jenis file. Misalnya seperti, program aplikasi, OS, video, suara, foto, dan lain sebagainya.

4. Keyboard

Seperti yang sudah disebutkan beberapa kali di atas, keyboard dapat dikelompokkan ke dalam komponen hardware eksternal. Keyboard dihubungkan dengan mesin komputer secara eksternal. Periferal ini bertugas untuk menyampaikan input yang diberikan oleh user.

Komponen keyboard menampilkan input karakter huruf, angka, maupun simbol. Dengan memanfaatkan komponen ini, user dapat memasukkan input berupa teks, karakter khusus, maupun angka. Tidak hanya itu saja, keyboard bahkan juga memungkinkan instruksi shortcut untuk memerintahkan hardware melakukan aksi cepat.

5. Mikrofon

Komponen hardware periferal lainnya adalah mikrofon. Jika keyboard memberikan instruksi dalam bentuk teks, mikrofon memberikan input dalam bentuk suara. Mikrofon bekerja dengan menangkap suara dari user.

Suara ini selanjutnya diterjemahkan menjadi sinyal listrik yang mendukung komunikasi berbasis komputer, agar dapat diproses. Jika user menginstruksikan output dalam bentuk suara juga, maka hardware akan memproses output dan menerjemahkannya ke dalam gelombang suara lagi. Output ini kemudian dikeluarkan oleh hardware speaker.

6. RAM

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat memori penyimpanan sementara, yang berfungsi untuk menyimpan data sebelum diproses dan dilanjutkan ke output. Data yang disimpan di RAM biasanya merupakan data dari berbagai perangkat lunak yang sedang dijalankan di komputer.

Memori dalam RAM akan secara otomatis dikosongkan apabila aplikasi atau program yang dijalankan di komputer ditutup. Kapasitas RAM yang besar dapat mendukung kinerja perangkat menjadi lebih cepat.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa hardware adalah setiap komponen fisik yang terdapat pada komputer, baik untuk melakukan pemrosesan data maupun mengontrol proses input dan output. Dalam mengoperasikan komputer, hardware bekerja sama dengan software untuk menghasilkan fungsional sesuai instruksi user.

Kerja sistem hardware didasarkan pada instruksi atau instruction set. Melalui instruksi dasar input, instruksi dasar proses, dan instruksi dasar output, hardware melakukan pemrosesan dan penerjemahan data, agar dapat dimengerti sistem komputer dan manusia.

Bagian-bagian dari hardware tidak terbatas pada yang ada di dalam mesin komputer saja. Hardware meliputi seluruh komponen fisik yang terdapat di dalam maupun luar komputer. Mulai dari motherboard, CPU, hard drive, mouse, monitor, keyboard, speaker, headset, printer, dan webcam.

Nah, sekarang kamu telah mengenal hardware dengan lebih baik. Semoga penjelasan kami ini dapat membantu kamu untuk mengenal dasar-dasar komputer, ya.

Jika kamu menyukai artikel seperti ini, baca juga artikel kami lainnya di blog IDwebhost, gratis. Kami membahas berbagai topik seperti teknologi, digital marketing, dan website. Kalau kamu sedang mencari layanan hosting website, IDwebhost juga punya solusinya lho.

Pakai hosting high performance, bisa bantu bisnis kamu lebih berkembang dengan service yang optimal! Dapatkan space SSD hingga 10 GB, SSL Sectigo, dan domain gratis! Mulai dari Rp 50 ribuan saja, cek penawarannya sekarang yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022