Meningkatkan Kecepatan Website Dengan GTMetrix

Meningkatkan Kecepatan Website Dengan GTMetrix

Kehadiran plugin membuat aktivitas mengutak-atik website WordPress menjadi hal yang menyenangkan. Banyaknya plugin WordPress yang tersedia, kadang membuat banyak pemilik website larut dalam eksperimen. 

Meskipun terkesan menyenangkan, eksperimen pada website dengan menambahkan plugin dan fungsionalitas, terkadang dapat mengorbankan beberapa hal. Salah satunya adalah kecepatan. 

Dengan kata lain, makin banyak fungsi yang ditambahkan ke website, membutuhkan ruang server yang lebih besar. Ruangan server yang tersedia penting agar plugin-plugin tersebut dapat berjalan dengan baik. 

Namun, membebani server dengan fungsi dan plugin yang terlalu banyak dapat membuat website menjadi lambat untuk diakses. 

Penasaran, mengapa situsmu menjadi lambat? 

Tenang, pada artikel kali ini, IDwebhost akan berbagi dengan Sahabat semua tentang penggunaan GTmetrix untuk menguji kecepatan situsmu. 

Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Mengapa Kecepatan Website Begitu Penting? 

 

GTMetrix adalah
GTMetrix adalah tools untuk mengecek kecepatan website

Kecepatan adalah salah satu parameter yang menentukan kualitas sebuah website. Tentu bukan tanpa alasan mengapa kecepatan website begitu penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kecepatan website begitu penting: 

Rentang perhatian manusia yang pendek 

Sahabat, rata-rata manusia memiliki rentang perhatian yang pendek. Bahkan daripada makhluk hidup lainnya. 

Sebagai contoh, orang akan langsung menutup website yang memiliki loading time lebih dari 3 detik. 

Kecepatan website mempengaruhi SEO

Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, Google memiliki lebih dari 200 faktor yang digunakan untuk menentukan peringkat website di halaman hasil pencarian, dan kecepatan website adalah salah satunya. Google sangat menyukai website yang dapat memuat dengan cepat. 

Makin lambat loading time sebuah website, besar kemungkinan websitemu lebih sulit untuk ditemukan. 

Baca Juga: Mengganti Web Server Apache

Meningkatkan pengalaman pengguna 

Salah satu faktor yang membuat sebuah website disukai adalah pengalaman pengguna yang menyenangkan. Dan salah satu faktor untuk meningkatkan pengalaman pengguna adalah loading time website yang demikian cepat. 

Makin cepat loading time, makin bagus pengalaman yang didapatkan oleh pengunjung. 

Sekarang, kamu sudah tahu kan, betapa pentingnya kecepatan loading website? Nah, untuk melakukan pengukuran kecepatan website, kamu bisa menggunakan GTmetrix

GTMetrix Adalah? 

GTmetrix adalah tools pemeriksa kecepatan website, yang menunjukkan seberapa cepat websitemu. Dengan GTmetrix, kamu bisa mengukur kecepatan website dengan informasi yang lebih detail. 

Misalnya, seberapa cepat websitemu ketika dimuat di komputer dan perangkat mobile. Bahkan, lengkap dengan berbagai jenis device yang digunakan. 

Kamu juga bisa memeriksa bagaimana halaman website dimuat dari 65 server yang tersebar di 22 titik di seluruh dunia. Tentu saja, ini adalah fitur yang baik untuk mengetahui bahwa website dapat menerima trafik dari mana saja. 

Bahkan, penyedia hosting terbaik menggunakan tools ini untuk mengetahui penyebab dari lambatnya website milik klien mereka. 

Cara Menggunakan GTmetrix 

gtmetrix adalah

Kabar baiknya GTmetrix adalah tools yang bisa digunakan secara gratis.  Ada beberapa cara berbeda yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan kecepatan website: 

Melakukan pengecekan cepat 

Untuk melakukan pengecekan cepat, silakan klik gtmetrix.com. Setelah itu, masukkan URL website box ‘test your site’

Setelah klik tombol tes kecepatan website, GTmetrix akan menjalankan analisis cepat dan hasilnya bisa langsung diketahui. 

Karena menggunakan akun gratis, GTmetrix menetapkan lokasi default di Vancouver, Kanada, dan default server ke Google Chrome. 

Dari hasil pengetasan, ada beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan, antara lain: 

  • GTmetrix Grade. Keseluruhan skor dari hasil evaluasi kinerja dan struktur website. 
  • Web vitals. Indikator berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat konten terbesarmu. Berapa banyak waktu yang diblokir oleh script, dan CLS. 
  • Speed visualization. Meskipun gratis, GTmetrix juga menyediakan visualisasi kecepatan, yang menunjukkan waktu demi waktu yang dibutuhkan sampa website loading dengan sempurna. 
  • Performance. Metrik yang berisi indikator seperti kecepatan, waktu interaktif, dan loading konten terbesar. 
  • Struktur. Jika mengklik tab “Structure”, kamu bisa melihat audit yang lebih dalam tentang segala sesuatu tentang websitemu. Juga, dampaknya dengan loading time website. 
  • Waterfall chart. Ini adalah tab yang menunjukkan pada kamu visualisasi permintaan per permintaan dari pemuatan halaman. Memang, untuk pengguna awam akan sulit memahami grafik-grafik yang terpampang di sana. Namun, GTmetrix juga memberikan tutorial cara membaca grafik tersebut. 
  • History. Data historis dasar pada website. 

Kalau ingin mendapatkan data yang lebih lengkap, kamu bisa membuat akun gratis. Setelah berhasil membuat akun dan melakukan pengetesan, data yang kamu dapatkan akan lebih lengkap, antara lain: 

  • Lokasi. Akun gratis yang terdaftar memungkinkanmu untuk mengatur lokasi, seperti di Dallas, Hong Kong, London, Mumbai, Sydney, São Paulo, dan Vancouver. 
  • Perangkat. Ketika kamu mendaftarkan akun gratis, kamu bisa menguji menggunakan perangkat tambahan, termasuk Chrome dan Firefox desktop secara gratis. 
  • Kecepatan koneksi. Fitur gratis ini memungkinkanmu untuk menguji berbagai opsi broadband. 
  • Data historis. Kamu akan mendapatkan lebih banyak laporan historis, menambahkan catatan, dan mengunduh data. 
  • Video. Dalam mode login, kamu bisa merekam video pemuatan dan mengidentifikasi kendala yang terjadi. 

Satu hal yang harus diingat adalah, akun gratis hanya dapat menguji satu halaman per hari. 

Cara Meningkatkan Kecepatan Website

GTMetrix adalah
GTMetrix adalah tools yang bagus untuk SEO

Website yang lambat dapat memberikan dampak buruk. Bukan hanya untuk website, namun juga dapat memberikan pengalaman pengguna yang buruk. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan website: 

Memilih Paket Hosting yang Tepat

Hosting adalah salah satu alasan penting eksisnya sebuah website. Karena itu, kecepatan website sangat tergantung dari paket hosting yang kamu pilih. 

Tak hanya sebagai rumah, hosting juga bertindak sebagai perantara website dengan pengunjung. Kecepatan transfer data juga sangat dipengaruhi oleh server yang kamu pilih. Pilihlah penyedia hosting yang tidak hanya menawarkan harga termurah, tapi juga kualitas server dan pelayanan yang diberikan. 

Baca Juga: Mengapa Memilih Dedicated Server? 

Optimasi Gambar 

Untuk meningkatkan kecepatan website, kamu perlu melakukan optimasi gambar yang terdapat di sebuah konten. Setelah melakukan optimasi, akan ada perbedaan yang kamu rasakan. Loading time website akan lebih cepat. Trafik juga akan meningkat. 

Dari sisi SEO, optimasi gambar adalah pilihan terbaik. Untuk optimasi gambar, ada banyak tools yang bisa digunakan untuk optimasi gambar. Salah satunya adalah plugin bernama TinyJPG. Apapun websitemu, optimasi gambar jelas sangat penting. 

Penutup 

GTmetrix adalah tools sangat tepat untuk memeriksa kecepatan website. Dengan GTmetrix, kamu bisa mengetahui berbagai indikator yang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kecepatan website

Mau punya website andal, cepat, dan aman, jangan lupa berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost. Udah murah, banyak promo juga yang menantimu, lho! 

Web hosting, ya IDwebhost!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019