Google Trends Untuk Meningkatkan SEO Website Anda

14 Apr 2020
Google Trends Untuk Meningkatkan SEO Website Anda campaign-unlimited

Google sebagai salah satu perusahaan raksasa di bidang teknologi informasi terus melakukan sebuah terobosan yang membuat para pengguna google lebih terbantu dalam memperoleh informasi apapun untuk menunjang aktivitas mereka. Google Trends merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Google untuk mempermudah para pengguna Google.

Penggunaan internet dalam dunia bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat penentu strategi dalam bisnis di dunia internet seperti pemasaran dan penjualan sehingga jika anda adalah pelaku bisnis pada internet, anda harus cerdas memanfaatkan peluang yang ada.

Sekarang ini banyak orang yang memakai fitur dari Google yaitu Google Trends untuk konten SEO Mereka. Pentingnya SEO adalah agar website anda bisa muncul pada halaman utama google secara terus menerus, sehingga anda perlu melakukan riset bagaimana agar konten marketing anda bisa muncul di halaman utama dari google, Google trends bisa menjadi opsi layanan untuk anda melakukan riset tersebut.

Google Trends SEO

PENGERTIAN DARI SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin telusur, sehingga penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi. Jadi bisa dikatakan bahwa SEO adalah teknik yang digunakan untuk memaksimalkan suatu website agar lebih dikenal atau lebih mudah dibaca oleh search engine untuk menaikkan peringkat pada mesin pencari sehingga banyak pengunjung.

PENGERTIAN GOOGLE TRENDS

Merupakan sebuah fitur dari google berupa sebuah website yang berisi trends penggunaan kata kunci di website mesin pencari google dan berita yang sedang trends. Salah satu manfaat google trends adalah untuk research (riset). Dengan melakukan riset menggunakan Google Trends, orang-orang yang berkecimpung di dunia digital bisa mendapatkan perkembangan data pencarian dari Google. Sehingga bisa memutuskan untuk memulai suatu bisnis di dunia online atau membuka bisnis online baru dengan menggunakan media internet, terutama bagi para webmaster, bloger, internet marketing dan internet enterpreneur.

google trends website

MANFAAT GOOGLE TRENDS

Setelah mengetahui fungsinya, berikut adalah beberapa manfaat dari google trends. Google Trends memiliki manfaat yaitu:

  • Meningkatkan popularitas konten dalam kurun waktu tertentu.

Dengan melihat konten yang atau topik di search engine Google, akan berguna untuk membuat konten sehingga dapat meningkatkan traffic penggunjung.

  • Menemukan peluang dalam memasarkan produk secara cepat.

Pikirkanlah tentang sebuah momen yang akan menjadi tempat pemasaran yang bagus untuk bisnis anda dan carilah peluang cepat untuk menggunakan pemasaran dengan waktu real-time untuk meningkatkan traffic produk anda di media sosial.

  • Dapat menemukan ide konten.

Di saat membuat konten selalu dibutuhkan keyword yang tepat untuk meningkatkan traffic, konten juga bisa membuat hubungan baik antara anda dan calon konsumen. Dengan layanan ini, anda bisa  memeriksa kepopuleran sebuah kata kunci yang Anda pilih pada periode waktu tertentu sehingga anda dapat menemukan ide – ide yang bagus untuk konten dan meningkatkan traffic website anda.

  • Bisa mendapatkan keyword yang akurat.

Dengan menggunkan layanan anda bisa menemukan keywords yang sesuai dengan trend yang anda cari.

  • Memperbarui Brand.

Layanan ini mampu memperbarui brand (seperti contohnya pasar yang selalu mengikuti trend dan trend bersifat sementara dan kedepannya). Jika Anda ingin untuk memperbarui brand maka layanan ini akan membantu anda dalam mencari sebuah keywords yang tepat dan akurat. Kata kunci yang membuat brand anda tidak berakhir buruk, tapi tepat sasaran.

Setelah mengetahui Fungsi dan Manfaat, Berikut cara mudah untuk menggunakan Google Trends :

1. Cara menggunakan Google Trends

Google Trends adalah fitur yang hebat dari google untuk menemukan trend yang sedang naik dan yang sedang menurun. Setiap kali ada trend yang baru, anda harus merubah rentang waktu yang ingin anda telusuri. Melakukan hal ini membantu Anda melihat dengan jelas apa saja trend dalam rentang tahun tersebut dan apa saja trendnya. Selain itu juga memungkinkan anda untuk melihat tren musiman dalam satu waktu yang lebih jelas.

2. Cara mencari keywords

Katakanlah anda telah membuat sebuah perusahaan untuk bisnis anda. Setelah memiliki target pasar yang ingin anda tuju, andabisa melihat untuk memperluas ke bagian yang lain. Jadi, anda tidak hanya bisa melihat target pasar produk anda, Jika anda ingin menjual kategori produk lain, anda bisa melihat ketertarikan pasar melulai Google trends juga.

Untuk mencari keywords, anda hanya perlu mengetikkan di kolom explore topics dan enter, selanjutnya anda tinggal mencari keywords yang ingin anda lihat untuk kepentingan bisnis anda.

3. Google Trends Comparison

Di layanan ini, anda bahkan dapat memantau pesaing anda dan melihat seberapa baik kinerja mereka terhadap bidang bisnis yang sama dengan bisnis anda. Selain itu, Google trends mempunyai fitur untuk anda membandingkan apa yang ingin anda cari, atau keywords apa sih yang baru-baru ini paling di cari oleh orang. Perbandingan tersebut akan berupa grafik dan data.

4. Memprediksi Trend

Selain itu layanan ini dapat memberikan manfaat untuk mengetahui apa yang terjadi di pasar, banyak orang juga menggunakan google trens untuk menentukan target market mereka.

Nah selain itu google trends juga dapat penentuan strategi dalam pemilihan kata kunci yang digunakan dalam penulisan promosi. Hal ini diperlukan karena tingkat persaingan para pelaku bisnis yang memasarkan produk sejenis sangatlah banyak sehingga pemilihan kata yang tepat dalam penulisan promosi akan lebih efektif dengan mengetahui kata kunci yang digunakan oleh pelanggan dalam mencari produk melalui mesin pencari Google.

Google Trends Untuk Meningkatkan SEO
Jadi bagaimana nih, Apakah anda sudah siap untuk memanfaatkan Google Trends optimal secara optimal? jika anda masih kebingungan gimana sih cara meningkatkan SEO terbaru, atau juga anda belum tahu tentang pentingnya peringkat pada SEO jika anda mempunyai bisnis dan anda mempunyai sebuah website untuk bisnis anda.

Tahun 2020 merupakan tahun yang tepat bagi anda untuk meningkatkan pendapatan bisnis anda dengan mengetahui cara menggunakan google trends serta SEO website anda. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda!

Bagi anda yang belum mempunyai website juga bisa segera membuat website kalian sendiri untuk memperbesar dan meningkatkan bisnis yang sedang anda jalani saat ini. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.

Penulis
Member since 2 Jul 2013