Google Tools UTM, Tools Jitu Analisis Trafik
Blog Tips Keren Google Tools UTM, Tools Jitu Analisis Trafik

Google Tools UTM, Tools Jitu Analisis Trafik

Artikel kali ini akan membahas tentang Google Tools UTM tentang Google analytics. Pelacakan UTM menawarkan tingkat akurasi dan detail yang tak tertandingi saat anda melacak traffic anda. Anda dapat melacak traffic dari berbagai sumber dan menampilkan hasilnya di dasboard Google Analytics yang gratis dan familier.

Tingkat detail akan mengesankan dari tools berbayar yaitu mengatur UTM dengan benar dan anda dapat melihat berapa banyak traffix yang berasal dari tweet tertentu, atau dari gambar tertentu dalam email tertentu. Dari memantau seluruh kampanye hingga perubahan pengujian A / B dalam citra, penempatan dan salin, pelacakan UTM memberikan kedalaman detail yang anda butuhkan untuk membuat setiap keputusan didorong oleh data.

Jadi mengapa tidak lebih banyak pemasar menggunakan UTM? Terutama karena dianggap sulit, rumit dan memakan waktu. Tetapi tidak harus begitu.

Google Tools UTM, Tools jitu analisa Traffic

Apa itu Parameter Tools UTM?

Parameter UTM atau kadang-kadang disebut codes UTM adalah sebuah tools berbentuk string teks spesifik yang dapat anda tambahkan ke URL yang memungkinkan anda melacak URL-URL itu ketika mereka diklik. Parameter UTM membuat Google Analytics mengambil data dalam kode dan mencatatnya dengan tampilan halaman. Data yang dihasilkan terlihat di Google Analytics, yang berarti anda dapat melacak lalu lintas dari mana asalnya dan bagaimana anda mendapatkannya.

Google akan melacak lalu lintas dengan cookie tetapi UTM memungkinkan anda menimpa pelacakan Google standar dengan pelacakan kustom anda sendiri, disesuaikan dengan parameter yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

Beri tag URL Anda dengan UTM dan Google akan memberi tahu anda dari mana lalu lintas berasal, kampanye mana yang menjadi bagiannya dan rute yang ditempuh untuk mencapai anda. Serta informasi tentang di mana tepatnya di layar pengunjung anda mengklik dan kata kunci mana yang efektif.

Apa yang dapat anda lacak dengan Tools UTM?

Sosial

Parameter UTM memungkinkan anda melacak upaya media sosial, memungkinkan anda menampilkan konten mana yang paling efektif di saluran mana.

Email

Tautan dalam email dapat memiliki UTM yang dilampirkan. Anda bisa mendapatkan metrik klik-tayang diferensial dari email yang sama – apakah lebih banyak orang mengklik tautan di bagian atas, atau bagian bawah? Tandai laman landas yang sama atau URL pendaftaran dalam email yang dikirim ke daftar yang berbeda atau pada waktu yang berbeda dan dapatkan tingkat granularitas yang unik.

Advertisements

Iklan PPC dapat dimonitor secara ketat dengan UTM. Bedakan antara kinerja iklan sidebar dan banner, atau desain uji A / B, grafik, ukuran dan salin. Apa pun yang melibatkan seseorang mengklik tautan atau mengetik URL untuk datang ke situs web anda dapat dilacak dengan UTM. Bahkan iklan cetak dapat menawarkan URL singkat, biasanya redirect agar domain anda tetap terlihat, yang kemudian dapat digunakan untuk melacak tingkat respons.

Satu tempat yang anda benar-benar tidak ingin menggunakan UTM adalah pelacakan internal. Setiap kali tautan yang berisi parameter UTM diklik, Google menandai kunjungan baru. Jika seseorang menavigasi sekitar beberapa halaman di situs Anda menggunakan URL UTM, Anda akan melihatnya dalam analisis Anda sebagai banyak pengunjung baru, mengurangi data Anda menjadi berantakan. UTM juga akan mengesampingkan data rujukan asli sehingga Anda tidak akan dibiarkan mengetahui sumber lalu lintas yang sebenarnya. Lebih masuk akal untuk menggunakan pelacakan acara atau fungsi _trackPageView JavaScript.

Anatomy dari Tools UTM

URL telanjang, bebas UTM mungkin terlihat seperti ini:

https://idwebhost.com/blog/bisnis-yang-tidak-ada-di-internet/

Tetapi keseluruhan URL termasuk kode UTM terlihat seperti ini:

https://idwebhost.com/blog/bisnis-yang-tidak-ada-di-internet/ utm_source=ReviveOldPost&utm_medium=social&utm_campaign=ReviveOldPost

Semuanya mulai dari tanda tanya dan seterusnya adalah modul pelacakan. Anda akan melihat tiga di URL itu; sebenarnya ada lima kategori UTM. Kampanye Source dan Media adalah wajib. Anda harus menggunakannya jika anda menggunakan UTM sama sekali. Dua lainnya Term dan Konten adalah opsional, sehingga anda melihatnya lebih sedikit.

Google Tools UTM, Tools jitu analisa Traffic

Pengaturan Google Tools UTM

Menyiapkan tag UTM Anda sederhana. Jika Anda melakukan kampanye kecil atau sekali saja, gunakan Pembuat URL Google.

Untuk pekerjaan yang lebih besar, generator UTM seperti UTM Builder milik McGaw.io telah Anda liput.

Parameter UTM peka huruf besar kecil dan harus dimasukkan sama persis setiap kali. Jika tidak, mereka akan ditandai oleh Google sebagai saluran yang berbeda. Salah satu solusinya adalah menyimpan spreadsheet dan menempelkannya langsung ke parameter UTM yang Anda buat. Anda kemungkinan akan menggunakan spreadsheet untuk menyimpan kode dan artinya, memungkinkan Anda untuk melacak beberapa kampanye, sumber, dan media.

Untuk memastikan bahwa parameter dimasukkan secara akurat, tim Anda dapat menggunakan plugin Chrome UTM Builder milik McGaw.io, yang menawarkan preset untuk menyimpan UTM yang Anda butuhkan. (Ini terintegrasi dengan Google Sheets juga.)

Apakah harus 150 karakter. Jadi bawa ke Bitly atau layanan pemendekan URL lainnya dan turunkan, atau gunakan integrasi Bitly bawaan di McGaw.io’s UTM Builder untuk menghasilkan URL Bitly secara langsung. (anda juga dapat menggunakan pengalihan 301 untuk membuat URL singkat yang diarahkan ke URL yang mengandung UTM. Namun ini dapat memiliki konsekuensi SEO yang merugikan.)

Pelacakan UTM semuanya utuh. jika anda Tweeting, Maka itu saja yang anda butuhkan. Jika anda mempostingnya ke Facebook, anda harus menggunakan Editor Daya Facebook untuk menambahkan parameter UTM anda setelah anda memasukkan URL biasa. Temukan iklan anda di Power Editor, pilih iklan anda dan gulir ke bawah untuk Melacak, lalu tempel parameter UTM anda ke dalam kotak Tag URL.

Google Tools UTM, Tools jitu analisa Traffic

Kesimpulan

Parameter Google tools UTM unggul dalam dua cara berbeda sekaligus. Pertama anda mendapatkan rincian yang sangat baik, dan Anda mendapatkannya di seluruh saluran dengan hasil semuanya di satu tempat. Anda juga mendapatkannya seperti yang anda inginkan, dengan kontrol atas bagaimana itu dicatat dan disajikan. Itu adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap pemasar.

Satu catatan terakhir untuk mereka yang peduli tentang SEO. Pastikan untuk menggunakan tag kanonik di kepala halaman web anda. Ini akan menghilangkan masalah duplikat konten yang mungkin dibuat oleh tautan UTM. Selamat membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.