Apa Itu Google SERP Snippet Dan Kegunaanya?
Blog Tips Keren

Apa Itu Google SERP Snippet Dan Kegunaanya?

Google SERP Snippet menjadi sebuah alat bantu yang tepat untuk meningkatkan optimasi yang dimiliki oleh website anda. Dalam hal ini featured snippet memang sangat berperan signifikan dalam menampilkan ringkasan jawaban terhadap apa yang ingin dicari oleh pencari informasi di mesin pencari. Dalam hal ini, hasil yang muncul adalah semacam kolom cuplikan yang langsung tertera di halaman hasil mesin pencari. Ini tentunya akan memberikan sesuatu yang sangat signifikan dan penting dalam peningkatan traffic dan juga menjadi sebuah user experience terbaru ketika orang hendak berkunjung ke situs anda.

Tentu saja anda sudah pasti tidak asing dengan fitur Google SERP Snippet yang satu ini. Adanya fitur tersebut juga sudah mulai dijalankan sehingga pastinya banyak yang tidak asing melihatnya. Sebetulnya ini juga sangat efektif karena akan membuat orang bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Jadi tidak ada yang perlu dicemaskan lagi. Semua informasi tersebut akan bisa diperoleh dengan mudah dan cukup baik itu sendiri.

Awal Mula Dibentuknya Google SERP Snippet

 

Apa Itu Google SERP Snippet Dan Kegunaanya?
idwebhost.com

 

Google SERP Snippet merupakan sebuah fitur yang pastinya tidak asing lagi untuk digunakan. Pada saat anda melakukan pencarian di Google, fitur semacam ini akan tersedia dengan signifikan. Pada dasarya penciptaan konten yang sebanyak-banyaknya akan membuat banyak orang bingung dalam memfilter mana informasi yang tepat untuk digunakan. Dalam hal ini teknik algoritma Google yang ada di Google SERP Snippet akan langsung memberikan solusi didalamnya.

Contoh sederhana bisa anda lihat ketika anda bertanya kepada mesin pencari, siapakah CEO Google, maka secara otomatis Google SERP Snippet akan menjawabnya dengan Sundar Pichai disertai dengan gambar dan lain sebagainya. Dari sini anda bisa melihat bahwa itu adalah sebuah fitur yang mutakhir dalam rangka menunjukan hasil yang dibutuhkan oleh mesin pencari. Tentu saja cara tersebut akan bisa memberikan hasil yang benar-benar dibutuhkan itu sendiri.

Kaitannya Google SERP Snippet Dengan SEO

Sekarang, mari kita bahas mengenai inti dari Google SERP Snippet itu sendiri. Lalu apa kaitannya dengan SEO atau untuk meningkatkan traffic yang ada di website anda? Pada dasarnya hal ini memang akan muncul dengan sendirinya. Pada saat ada hasil yang muncul, sudah pasti ini adalah sebuah penerapan yang signifikan didalamnya. Dimana pada saat tersebut, website anda sedang mendominasi di mesin pencari. Itu artinya juga pengunjung paling besar berdatangan ke website yang anda miliki. Beberapa hal yang perlu anda ketahui antara lain sebagai berikut:

  • Google akan memberikan peringkat #0 kepada website apa saja yang termasuk dalam mesin pencarian itu sendiri. Ini artinya adalah rangking #0 tersebut mengalahkan siapa saja yang menjadi web peringkat pertama di mesin pencari. Dalam hal ini dikarenakan banyak orang lebih suka menuliskan pertanyaan di Google yang mana nantinya mesin pencari akan langsung menyediakan informasinya secara otomatis.
  • Google SERP Snippet juga menunjukan bagaimana Google meningkatkan peluang bagi peningkatan CTR yang ada didalamnya. Ini tentunya akan berpengaruh signifikan. Pasalnya, hasil yang ditunjukan nantinya hanya sebatas ringkasan saja. Jika pengunjung ingin tahu lebih dalam atau lebih banyak, mereka wajib untuk masuk ke dalam situs hasil pencarian itu sendiri. Dalam hal ini Google SERP Snippet ternyata akan bisa berdampak signifikan dalam meningkatkan CTR itu sendiri. Hasilnya pun juga bisa dibilang cukup memuaskan.

 

Apa Itu Google SERP Snippet Dan Kegunaanya?
idwebhost.com

Cara Menjadikan Konten Anda Sebagai SERP Snippet

Pertanyaan selanjutnya adalah tentang bagaimana caranya supaya nanti konten yang anda buat tersebut akan bisa menjadi SERP Snippet dengan mudah. Tentu anda harus pahami lebih dahulu bahwa yang menginginkan hal ini tidak hanya anda. Banyak sekali peluang untuk bisa mendapatkan kesempatan menjadi snippet ini. Tapi di sisi lain, anda harus tahu bagaimana caranya untuk bisa menerapkan hal tersebut dengan tepat dan baik.

Beberapa cara dalam menjadikan konten anda sebagai Google SERP Snippet tentu ada banyak sekali. Salah satunya adalah membuat konten yang memungkinkan anda untuk melakukan segala hal secara sistematis. Dengan cara tersebut, sudah pasti anda akan bisa memperoleh sendiri manfaat yang memungkinkan anda untuk melakukan hal tersebut. Pada dasarnya ini adalah sebuah hal yang penting dan signifikan yang bisa anda peroleh dengan lebih mudah dan baik. Apabila anda bisa menciptakannya dengan tepat, maka dari sini anda akan bisa lebih unggul.

Tentu tak ada salahnya juga jika membuat konten yang berkaitan dengan 5W + 1H atau apa saja yang mengandung jawaban dan makna dari pertanyaan yang diajukan tersebut. Dengan cara demikian, sudah pasti akan lebih banyak lagi yang nantinya akan bisa anda capai didalamnya. Anda akan mampu dan bisa membuat sebuah konten yang tepat dan berkualitas itu sendiri. Semuanya akan bisa anda capai dengan mudah dan lebih baik.

Ketahui Keyword Apa Saja Yang Sering Dimunculkan Google SERP Snippet

Anda juga wajib mengetahui dan melakukan riset terhadap keyword apa saja yang sekiranya akan muncul dalam Google SERP Snippet itu sendiri. Dari sini anda bisa melihat bahwa ada banyak sekali pilihan yang akan bisa ditemukan didalamnya. Hal ini akan memastikan bahwa anda benar-benar tepat dalam menarget niche atau keyword tertentu yang sekiranya akan bisa berpotensi menjadi snippet yang berguna untuk mesin pencari nantinya.

Dari sinilah Google SERP Snippet akan memberikan sebuah kegunaan yang sangat istimewa itu sendiri. Semuanya akan bisa anda terapkan dengan mudah dan pada akhirnya keyword tersebut saat dimasukan di mesin pencari akan menunjukan halaman dari websit anda. Dari sinilah anda akan bisa merasakan manfaat dan keuntungan dari optimasi dan perencanaan yang tepat itu sendiri.

 

Apa Itu Google SERP Snippet Dan Kegunaanya?
idwebhost.com

 

Baca Juga: Cara Mendaftar Google Adwords Express Dengan Mudah

Manfaatkan Tag atau heading juga menjadi sebuah keunggulan tersendiri. Pasalnya, Google juga akan sesekali melakukan crawl pada halaman yang mengandung tag terkait. Jadi anda juga bisa menggunakan protocol yang dimiliki robot.txt untuk menciptakan sebuah cara tepat agar mesin pencari bisa mengcrawl bagian terpenting tersebut yang ada didalamnya. Hal ini sudah pasti akan mampu memberikan manfaat dan dampak yang lebih signifikan lagi.

Kesimpulan

Google SERP Snippet akan mampu memberikan dampak signifikan yang anda butuhkan didalamnya. Dari sini akan terlihat jelas bahwa mesin pencari akan menampilkan hasil yang dibutuhkan didalamnya. Dari segi keuntungan, tentu saja anda sendiri yang nantinya akan mampu mendapatkan manfaat yang ada didalamnya itu sendiri. Pada dasarnya memang akan terdapat banyak sekali manfaat yang bisa anda capai dan rasakan didalamnya. Selama anda tahu bagaimana penerapannya dengan baik, tentu ini bukanlah sebuah hal yang susah untuk diterapkan. Malah sebaliknya anda bisa memanfaatkan semua itu. Pada akhirnya, anda akan bisa unggul dalam hal mesin pencarian dengan mudahnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.