Pengertian dan Fungsi Google Search Console

Pengertian dan Fungsi Google Search Console campaign-unlimited

Google Webmaster Tools berganti nama menjadi Google Search Console (GSC). Lalu apa pengertian Google Search Console? GSC merupakan salah satu layanan gratis milik Google yang ditunjukan untuk para webmaster (pemilik website atau blog).

Layanan ini dapat membantu webmaster yang menginginkan website-nya teroptimasi serta mempunyai struktur yang sesuai dengan batasan-batasan dan rekomendasi pada search engine Google (terutama dari bagian on-page).

Google Search Console banyak digunakan para praktisi SEO untuk mengoptimasi website milik mereka ataupun website milik klien. Mulai dari mengidentifikasi pada halaman-halaman duplikat, halaman-halaman yang tidak ditemukan atau error (404), melihat status indeks serta sampai dengan menganalisis CTR (click through rate) di halaman pencarian. Google Search Console juga bisa mendeteksi apakah websitemu sudah menggunakan SSL atau belum dan juga AMP website sudah dioptimasi atau belum.

Buat kamu yang fokus pada bidang SEO, Google Search Console adalah salah satu tool wajib dimiliki. Supaya website-website yang kamu kelola, senantiasa sesuai dengan aturan-aturan atau guidelines Google.

Mengenal 8 Menu Utama di Google Search Console

Google Search Console memiliki banyak fitur yang bisa kita gunakan. Fitur – fitur tersebut ada yang sangat penting, ada juga yang kurang penting. Namun yang harus kita pahami adalah fitur-fitur tersebut adalah fitur yang paling baik yang dikembangkan oleh Google untuk pengelolaan SEO website kita. Di sebelah kiri halaman (sidebar), ada 8 menu utama yang dapat kamu explore, yaitu:

  1. Dasbor (Dashboard)
  2. Pesan (Messages)
  3. Tampilan Penelusuran (Search Appearance)
  4. Lalu Lintas Penelusuran (Search Traffic)
  5. Google Indeks (Google Index)
  6. Perayapan (Crawl)
  7. Masalah Keamanan (Security Issues)
  8. Sumber Daya Lainnya (Other Resources)

Mari kita bahas 8 menu tersebut berserta fungsi-fungsinya.

1. Dasbor (Dashboard)

Di menu dasbor, kamu dapat melihat ikhtisar (rangkuman) dari statistik website. Statistik yang muncul disini ada 3 jenis, biasanya 3 statistik tersebut adalah  “Kesalahan Perayapan”, “Telusuri Analytics” dan “Peta Situs”.

dasboard status saat ini google search console

Statistik-statistik di atas nantinya juga dapat ditemukan pada masing-masing menu yang berkaitan.

2. Pesan (Messages)

Fitur ini menyediakan layanan berbagai informasi tentang isu-isu penting terkait dengan situs webmu. Biasanya dikirim otomatis dari Google jika ditemukan masalah penting dan beberapa perubahan besar untuk blogmu. Seperti perubahan penargetan lokasi blog, ataupun perubahan bahasa yang dipakai, biasanya pemberitahuan tersebut dikirim melalui fitur pesan ini.

3. Tampilan Penelusuran (Search Appearance)

Menu ini berkaitan langsung dengan bagaimana websitemu muncul di halaman pencarian Google. Tampilan Penelusuran Google terdiri dari beberapa sub-menu yaitu mulai dari Data Terstruktur (Structured Data), Kartu Rich (Rich Cards), Penyorot Data (Data Highlighter), Penyempurnaan HTML (HTML Improvements), dan Laman Seluler yang Dipercepat (Accelerated Mobile Pages).

4. Lalu Lintas Penelusuran (Search Traffic)

Menu ini berhubungan langsung dengan websitemu, yang dimulai dari trafik, backlink, internal link dan lainnya. Menu Lalu Lintas Penelusuran memiliki 6 sub-menu yaitu Telusuri Analytics (Search Analytics), Tautan ke Situsmu (Links to Your Site), Tautan Internal (Internal Links), Tindakan Manual (Manual Actions), Penargetan Internasional (International Targeting) dan Kebergunaan Seluler (Mobile Usability).

Telusuri Analytic

Sub-menu ini merupakan salah satu fitur paling penting yang terdapat pada Google Search Console. Di sini kamu dapat melihat data statistik kunjungan (trafik) yang telah masuk ke website, mulai dari data kueri atau kata kunci yang dipakai pengunjung, jumlah klik, dan rasio klik-tayang (RKT) atau CTR. Serta peringkat website pada search engine untuk masing-masing kata kunci yang digunakan pengunjung.

Tautan ke Situs

Sub-menu ini memberitahukan data-data tentang backlink yang telah masuk ke websitemu. Website yang paling banyak memberikan data backlink, halaman pada websitemu yang paling banyak mendapatkan backlink dan banyak anchor text dari data backlink ada disini.

Tautan Internal

Sub-menu ini memberitahukan data internal link (link antar halaman) pada website.

Tindakan Manual

Sebaiknya kamu berharap untuk isi dari sub-menu ini supaya selalu kosong. Karena jika terdapat peringatan tindakan manual, berarti website terindikasi sebagai webspam dan kamu harus siap ‘bersih-bersih’ supaya terhindar dari penalty.

Penargetan Internasional

Sub-menu ini dipakai untuk menargetkan pengunjung website berdasarkan konfigurasi lokasi dan bahasa. Di sub-menu ini terdapat 2 tab yaitu “Bahasa” dan “Negara”. Pada tab “Bahasa” tidak perlu untuk setting apapun jika websitemu cuma terdiri dari satu bahasa.

Lain halnya jika kamu memiliki web berbahasa Inggris, kemudian ingin membuat versi bahasa Indonesia dari website tersebut, contohnya di directory namadomain.com/id. Jika seperti ini, kamu harus memakai tag hreflang=”id” pada bagian header dari namadomain.com/id tersebut. Pada bagian “Negara”, kamu dapat memilih negara sesuai dengan pengunjung website yang ingin ditargetkan.

Kebergunaan Seluler

Sub-menu ini memberitahukan halaman-halaman di website yang masih belum mobile-friendly dengan disertai permasalahannya.

5. Google Indeks (Google Index)

Google Indeks memberitahukan berbagai jenis data dari hasil crawling dan indexing bot Google pada websitemu. Menu ini mempunyai 4 sub-menu yaitu Status Indeks, Kata Kunci Konten, Sumber Daya yang Diblokir, dan Hapus URL.

Status Indeks (Index Status)

Sub-menu ini memberitahukan jumlah halaman pada website yang sudah di index Google. Di sini kamu juga dapat melihat jumlah halaman yang dicekal (halaman yang tidak masuk index dikarenakan dibatasi oleh robots.txt).

Kata Kunci Konten (Content Keywords)

Sub-menu ini memberitahukan banyak kata kunci (keywords) yang menurut Google sesuai dengan websitemu. Perlu diingat, ini tidak ada kaitannya dengan ranking website pada SERP untuk kata kunci tersebut. Kata kunci konten ini cuma menampilkan keyword yang paling sering muncul pada websitemu ketika Googlebot melakukan crawling serta indexing.

Sumber Daya yang Diblokir (Blocked Resources)

Sub-menu ini memberitahukan resources yang diblokir pada websitemu (dari robots.tx), seperti CSS, javascript, JQuery, file image dan lainnya. Pastikan bahwa kamu tidak memblokir akses ke berbagai resources pada website melalui robots.txt supaya robot Google dapat dengan mudah melakukan crawling serta indexing.

Hapus URL (Remove URLs)

Sub-menu ini dipakai jika kamu ingin untuk menghapus salah satu halaman pada website dari indeks Google. Jika kamu memiliki halaman yang tidak SEO friendly, konten yang seharusnya tidak muncul pada mesin pencari dan sebagainya, kamu dapat menggunakan fitur ini.

Baca Juga : Mempelajari AMP (Accelerated Mobile Pages) Google

6. Perayapan (Crawl)

Menu Perayapan memberitahukan segala hal terkait dengan perayapan (crawl) yang dilakukan oleh robot Google pada websitemu. Menu ini terdiri dari 6 sub-menu, diantaranya Kesalahan Perayapan, Statistik Perayapan, Ambil sebagai Google, Penguji robots.txt, Peta Situs, dan Parameter URL.

Kesalahan Perayapan (Crawl Errors)

halaman - halaman 404 google search console

Sub-menu ini memberitahukan data kesalahan yang terjadi pada websitemu. Ketika robot Google melakukan aktivitas perayapan dalam 90 hari terakhir, seperti pada kesalahan DNS, konektivitas server, pengambilan robots.txt, halaman 404, dan lainnya.

Statistik Perayapan (Crawl Stats)

Sub-menu ini memberitahukan statistik perayapan dalam 90 hari terakhir, dimulai dari halaman yang dirayap perhari, lalu data yang diunduh perhari serta waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh sebuah halaman.

Ambil sebagai Google (Fetch as Google)

Sub-menu ini berguna untuk mensimulasikan bagaimana cara robot Google (Googlebot) merayapi serta merender (menyajikan dalam bentuk visual) websitemu. Selain itu juga biasa dipakai para pemain SEO untuk mempercepat indexing di website mereka.

Penguji robots.txt (robots.txt Tester)

Sub-menu ini dipakai untuk menguji apakah file robots.txt pada website sudah benar serta tidak memblokir di halaman/resource yang penting. Jika kamu mau menghalangi Googlebot merayapi salah satu direktori website, kamu dapat mengaturnya melalui robots.txt serta menguji pemblokiran tersebut sudah benar atau belum pada sub-menu ini.

Peta Situs (Sitemaps)

Sub-menu ini dipakai untuk mengirim peta situs (sitemap) supaya Googlebot lebih mudah menemukan halaman-halaman baru pada website.

Parameter URL (URL Parameters)

Gunakan fitur ini hanya jikalau kamu yakin bagaimana cara parameter bekerja. Kesalahan mengecualikan URL bisa menyebabkan banyak laman tidak tampil dalam penelusuran. Saya sendiri kurang yakin bagaimana cara Parameter URL ini bekerja. Kecuali kamu merupakan seorang yang mengerti tentang bahasa pemrograman, alangkah baiknya tidak mengubah fitur ini.

7. Masalah Keamanan (Security Issues)

Jika ada masalah penting lainnya tentang keamanan di website, biasanya muncul pemberitahuan di menu ini. Masalah keamanan yang paling sering dijumpai yaitu adanya malware, script-script mencurigakan serta situs yang diretas (hacking).

8. Sumber Daya Lainnya (Other Resources)

Menu ini menampilkan banyak layanan Google lainnya yang dapat digunakan untuk membantu mengoptimasi websitemu.

Layanan-layanan tersebut antara lain :

  • Alat Pengujian Data Terstruktur (Structured Data Testing Tool)
  • Pemandu Markup Data Terstruktur (Structured Data Markup Helper)
  • Penguji Markup Email (Email Markup Tester)
  • Google Bisnisku (Google My Business)
  • Google Merchant Center
  • PageSpeed Insights
  • Penelusuran Khusus (Custom Search)
  • Google Domain (Google Domains)
  • Akademi Webmaster (Webmaster Academy)

sumber daya lainnya google search console

kamu bisa klik pada tiap-tiap layanan untuk menggunakannya.

Itulah fitur-fitur yang ada di halaman sidebar kiri Google Search Console berikut penjelasannya. Jangan lupa, pastikan websitemu dikelola oleh webhosting yang berkualitas dan stabil, agar mesin crawl Google dapat mengidentifikasi dengan lancar.

Pengen punya website yang SEO friendly tapi bingung mulai dari mana? Langganan paket hosting awesome bisa menjawab apa maumu, lho! 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019