Google Rangking, Ini Hal Terpenting dari Sistemnya
Blog Tips Keren Google Rangking, Ini Hal Terpenting dari Sistemnya

Google Rangking, Ini Hal Terpenting dari Sistemnya

Google rangking merupakan sistem peringkat yang digunakan oleh google dalam me-list situs dengan diperanguhi oleh teknik SEO. Sebenarnya, ketika situs Anda mendapatkan peringkat pertama dalam mesin pencarian google, itulah penentu kesuksesan yang terjadi pada bisnis Anda. Bisa dengan menjadi blogger seorang diri atau yang sedang mengelola sebuah perusahaan, yang terpenting website Anda harus mencapai keberhasilan dengan menjadi peringkat pertama.

Sebagian orang memang sudah mengetahui seberapa penting penggunaan SEO, apalagi untuk mereka yang terobsesi untuk meningkatkan page rank situs mereka di Google. Pada suatu penelitian yang dilakukan oleh Infront Webworks mengemukakan bahwa website yang sudah berada di page one pada hasil mesin pencarian Google maka akan mendapatkan 95% website traffic, jika terdapat pada halaman berikutnya hanya akan menerima sebesar 5% traffic pengunjung situs.

Pada saat Anda berada di page one pada hasil pencarian google, kemungkinan situs untuk dikunjungi dan ditinjau menjadi sangat besar. Hal ini disebabkan karena seseorang yang mengakses sebuah website mendapatkan hasil halaman pertama pada hasil pencarian akan sangat besar. Apalagi jika orang melihat produk atau bisa saja jasa yang Anda tawarkan. Berawal dari sanalah, Anda akan mendapatkan kesempatan yang jauh lebih besar untuk dibeli produk atau jasa yang sudah ditawarkan.

Hasilnya memang tidak dapat dirasakan dalam waktu yang cepat. Namun tetap bisa Anda coba untuk mengetahui diperingkat keberada situs Anda berada pada Google Rangking.

Hal Penting dalam Google Rangking

google rangking

Beberapa langkah di bawah ini adalah hal yang harus Anda lalui agar bisa mendapatkan rangking satu atau page one pada mesin pencarian google. Sehingga Anda juga perlu untuk meninjau satu demi satu agar tujuan yang Anda inginkan dapat tercapai.

  1. Mengetahui Algoritma Sebagai Penentu Page Rank

Umumnya, Google akan terus memperbaiki sistem yang digunakan untuk menelusuri situs yang bertujuan agar menghasilkan pencarian yang jauh lebih akurat. Ada sebuah data yang dilansir oleh Moz, terdapat 500 sampai 600 pembaruan atau perubahan yang sudah dilakukan oleh Google setiap tahunnya.

Algoritma inilah yang nantinya akan menentukan apakah website yang Anda miliki layak untuk direkomendasikan pada halaman utama di sistem pencarian google. Sehingga Anda juga harus mengetahui bagaimana sistem tersebut bekerja dan bagaimana dampaknya terhadap website yang Anda miliki.

Yang perlu Anda lakukan adalah terus mencari informasi yang berkaitan dengan pembaruan algoritma Google. Tidak hanya itu, Anda juga harus mencoba untuk trial and error.

  1. Melakukan Evaluasi Google Rangking

Dalam meningkatkan rangking situs Anda, perlu juga untuk meninjau sudah sampai mana progress yang terjadi pada website Anda. Hal ini pun berlaku untuk website yang baru Anda bangun atau hanya mempunyai jumlah postingan yang sedikit. Tools yang dapat membantu Anda dalam meninjau rangking website bisa menggunakan SERPs (Search Engine Results Page). Sehingga ketika Anda ingin menargetkan keyword yang lebih spesifik yang terdapat dalam konten website bisa dengan menggunakan tools tersebut. Nantinya Anda akan mendapatkan items yang akan muncul pada page Keyword Rank Checker, diantaranya peringkat website Anda yang ada di SERP, halaman awal pada situs Anda yang nantinya akan muncul ketika pencarian yang berkaitan dengan topic, jumlah pencarian yang berkaitan dengan konten dan juga biaya yang harus dibayarkan ketika menggunakan adwords.

  1. Prioritaskan Organic Traffic

google rangking

Penggunaan organic traffic ini dapat Anda gunakan untuk mengarah pada visitor website Anda sebagai pencapaian dari penelusuran yang sukarela atau tidak dibayar (organic). Arah lalu lintas organic ini berbeda dengan lalu lintas yang dibayar. Untuk menentukan visitor website yang dinilai organic ditandai dengan yang menemukan situs setelah menggunakan Google. Atau dengan kata lain visitor tersebut tidak berdasarkan rujukan yang terdapat pada situs lainnya.

Sebenarnya, cara yang paling mudah dalam membantu meningkatkan google rangking adalah dengan cara menerbitkan sebuah konten. Yang berkualitas secara teratur dan juga berkelanjutan.

Kriteria konten berkualitas adalah Anda harus memperhatikan relevansi tulisan dengan topic yang akan Anda bahas. Jangan lupa untuk disesuaikan dengan niche Anda. Yang tak kalah penting adalah tampilan website Anda, usahakan tulisan yang mudah dilihat. Selain itu Anda juga dapat menambahkan konten multimedia untuk menarik pembaca.

  1. Pastikan Website Mobile Friendly

Data resmi yang dilansir dari Google menunjukan bahwa lebih dari 50% dari total jumlah pencarian di Google berasal dari mobile device. Dari Google sendiri juga mengatakan bahwa situs yang tidak mobile friendly sudah dijamin tidak berada di peringkat pertama.

Untuk mengeceknya Anda dapat menggunakan Google’s Mobile Friendly Test. Tools tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis.

  1. Lakukan Keyword Research

google rangking

Lakukan riset secara menyeluruh terhadap keyword sudah menjadi langkah utama yang harus Anda lakukan sebelum membuat sebuah konten. Anda juga harus tau keyword apa saja yang akan dicari dan juga digunakan oleh target market Anda. Anda dapat menggunakan tools seperti Google Keyword Planner. Dengan menggunakan tools tersebut, nantinya Anda akan lebih mengenal dengan target market.

  1. Mulai membangun Link Secara Benar

Terdapat dua macam link yang bisa Anda bangun pada situs Anda yaitu internal link dan juga external link. Perbedaannya adalah jika internal link merupakan link yang nantinya menuju halaman dari dalam website yang Anda punya. Sedangkan untuk external link merupakan link yang nantinya akan menuju halaman dari situs yang lain. Semakin banyak jumlah internal dan eksternal link yang ditautkan pada konten Anda, akan semakin baik. Tentunya Google akan mengetahui jika konten Anda merupakan konten yang komprehensif.

Jangan lupa untuk tetap meninjau konten yang sudah Anda post dan jangan lupa untuk membuang toxic link. Toxic link disini merupakan link yang berdampak buruk untuk website. Contohnya adalah sebuah link yang tidak natural atau link yang bertujuan untuk menipu pengunjung. Dan terdapat banyak tools gratis yang dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi beberapa tautan yang tidak sehat.

Kesimpulan Google Rangking

google rangking

Dengan adanya pembahasan diatas, sedikit demi sedikit Anda akan mengetahui bagaimana caranya untuk mencapai rank page halaman utama. Karena pada dasarnya semua orang juga menginginkan websitenya berada di halaman utama google. Dengan cara tersebutlah, website Anda akan lebih banyak diakses oleh orang lain. Tentu saja usaha tersebut sangat berkaitan dengan google SEO. Sehingga Anda juga perlu menjadi seorang pengelola website yang harus banyak akal, mempunyai dedikasi yang tinggi dan juga kreatif. Karena hal tersebut akan dipengaruhi oleh beberapa perubahan dan juga pembaruan yang terus menerus dilakukan oleh Google Rangking. Apalagi yang berkaitan dengan algoritma mesin pencarinya. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.