Mengenal Google Public DNS Sebagai Layanan DNS Google
Blog Tips Keren Mengenal Google Public DNS Sebagai Layanan DNS Google

Mengenal Google Public DNS Sebagai Layanan DNS Google

Anda pasti sudah mendengar istilah DNS. Tetapi apakah Anda sebenarnya mengetahui apa itu DNS? Tahukah Anda jika di luar sana juga tersedia layanan server DNS publik? Nah, jika belum mengetahuinya, kami akan membahas semuanya di artikel ini termasuk juga layanan DNS Google yang bernama Google Public DNS.

Apa itu DNS ?

 

pengertian DNS
IDwebhost

 

Domain Name System atau DNS merupakan salah satu fondasi internet, tetapi banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mereka memakai DNS setiap harinya saat mereka memeriksa email atau memakai smartphone mereka.

DNS merupakan sebuah direktori yang berisikan nama dan nomor. Nomor yang dimaksud adalah alamat IP yang dipakai komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Kebanyakan orang membandingkan DNS dengan fitur contact pada perangkat mobile Anda yang berisikan nama dengan nomor handphone mereka. Bedanya, DNS dipakai untuk menyimpan data semua IP address yang ada di dunia.

Baca Juga : Apakah itu Ip Address? Apakah Sama dengan Nama Domain?

Saat internet masih baru diperkenalkan, orang-orang masih dapat dengan mudah mencocokkan IP address dengan komputer tertentu. Tetapi dengan semakin banyaknya device/perangkat dan jaringan yang ada, tentu mencocokan IP address dengan komputer akan memakan waktu dan tidak mungkin dilakukan. Selain membuat direktori untuk semua device ini, kata-kata digunakan untuk memungkinkan orang dapat terhubung ke situs yang berbeda bagi kebanyakan orang, karena kata-kata lebih mudah diingat daripada mengingat set angka tertentu. Inilah alasan mengapa kita membutuhkan DNS untuk menerjemahkan alamat URL website yang kita masukkan ke browser ke IP Address yang dituju.

Server DNS Publik

 

Google Public DNS sebagai Layanan DNS Google
IDwebhost

 

Kebanyakan server DNS biasanya bersifat private. Jadi mereka memberikan layanan ke sebuah perusahaan yang mempunyai dan mengkonfigurasi DNSnya sendiri. Jadi satu perusahaan tidak dapat menggunakan DNS milik perusahaan lain.

Meskipun begitu, di luar sana juga telah tersedia public DNS server atau server DNS publik. Siapa saja bisa memakai DNS ini. DNS publik ini biasanya digunakan orang untuk browsing yang lebih cepat dan lebih aman. Anda bisa memakai server ini sebagai alternative dari server DNS private.

Di luar sana ada berbagai macam layanan DNS publik. Berikut ini beberapa layanan DNS publik yang populer :

OpenDNS

IP Primary : 208.67.222.222

IP Secondary : 208.67.220.220

Open DNS dapat dikatakan sebagai pemain lama di layanan ini. Sudah banyak orang yang memakai OpenDNS dan mengatakan bahwa OpenDNS merupakan layanan berkualitas dan tidak kalah dari layanan publik DNS lainnya seperti Google Public DNS.

Bagi Anda yang mempunyai anak dan khawatir dengan berbagai konten yang bisa diakses oleh anak Anda, Anda bisa memakai layanan OpenDNS Family Shield. Layanan ini akan memblokir konten-konten dewasa dan bisa dipakai pada server 208.67.222.123 dan 208.67.220.123.

DNSWatch

IP Primary : 84.200.69.80

IP Secondary : 84.200.70.40

DNSWatch fokus pada transparansi dan kebebasan artinya DNSWatch tidak mensensor konten apapun. Mereka juga telah menjamin bahwa tidak ada informasi yang mereka simpan di servernya dan resolver mereka tidak dipakai untuk mengumpulkan data Anda. Tujuan utama mereka yaitu untuk memberikan layanan internet yang efisien untuk semua orang.

Comodo Secure DNS

IP Primary : 8.26.56.26

IP Secondary : 8.20.247.20

Salah satu server yang mudah dipakai seperti Google yaitu Comodo Secure DNS. Anda hanya tinggal memasukkan alamat servernya dan Anda sudah dapat langsung menggunakannya. Salah satu kelebihan Comodo Secure DNS yaitu kemampuannya untuk mencapai 15 nodes di seluruh dunia.

Di setiap benua, setiap node mempunyai beberapa server yang siap untuk melayani user lokal. Selain itu, Comodo Secure DNS juga telah menjamin bahwa mereka aman dari malware dan scam. Mereka selalu rutin memperbarui block list mereka supaya selalu aman.

Nah, ada satu lagi nih DNS yang pasti sudah terkenal dan sudah dipercaya yaitu dns Google yang dikenal dengan Google Public DNS.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi DNS Server

Google Public DNS : Layanan DNS Google

 

Cara Memakai DNS Google
IDwebhost

 

Layanan DNS dari Google yang diberi nama Google Public DNS merupakan salah satu layanan DNS yang paling terkenal dan banyak dipakai. Tentunya value dari nama Google tersebut sudah mendorong orang untuk memilih Google Public DNS dibandingkan pilihan lainnya. Selain itu, DNS Google tersebut juga menawarkan layanan yang cepat serta stabil.

DNS Google Cepat dan Aman Untuk Dipakai

Google mempunyai layanan DNS Publik mereka yang tersedia di jaringan anycast global yang telah menyediakan semua manfaat dari anycast untuk semua query yang dibuat untuk google. Resolver anycast dapat memberikan dorongan kecepatan kepada Anda dan memungkinkan browser Anda untuk membuat permintaan ke server nama terdekat yang ada. Selain itu, Google juga telah mengambil banyak langkah untuk mengurangi latensi di permintaan DNS.

Selain cepat, DNS Google juga aman untuk dipakai. Salah satu masalah yang lebih besar dengan resolver yang ada untuk umum yaitu kemungkinan bahwa mereka dapat dipakai untuk serangan Denial of Service dan Amplification dengan membuat permintaan kecil yang akan mengembalikan respons besar.

Google telah mengambil banyak langkah untuk melindungi server dari beberapa serangan yang umum terjadi dan memonitor resolver mereka dengan ekstra hati-hati untuk memastikan bahwa tidak ada yang dapat menyalahgunakan layanan mereka.

Selain memantau server google, Google Public Resolvers juga sepenuhnya telah mendukung DNSSEC yang memungkinkan mereka untuk menjamin respon yang mereka tawarkan memang asli dan dari sumber yang berwenang.

Cara Memakai DNS Google

Jika Anda sudah tertarik untuk memakai DNS Google, Anda tinggal melakukan konfigurasi pengaturan Anda. Ini akan bervariasi karena berdasarkan sistem operasi dan perangkat yang Anda pakai. Anda juga mungkin perlu juga mengatur kembali kontrol administratif komputer Anda untuk dapat mengubah pengaturan ini, tetapi Anda harus dapat menyesuaikan pada pengaturan DNS untuk sistem Anda di mana pun Anda akan menyesuaikan pengaturan pada jaringan lainnya. Secara khusus, Anda harus memakai alamat berikut, atau bahkan hanya memakai alamat IPv4 sebagai server DNS Anda.

Alamat IP DNS Publik Google (IPv4) berikut :

8.8.8.8

8.8.4.4

Alamat IPv6 IP Publik Google berikut :

2001: 4860: 4860 :: 8888

2001: 4860: 4860 :: 8844

Kesimpulan

Di artikel ini, kami sudah membahas pengertian DNS dan layanan DNS publik. Layanan ini dapat membantu Anda untuk browsing ataupun melakukan aktivitas internet dengan lebih cepat dan aman. Selain itu, kami juga sudah mengulas layanan DNS Google.

Layanan DNS publik terpopuler ini sudah pasti aman untuk digunakan. Selain itu, lebih cepat dibandingkan dengan DNS lainnya. Jika ada dari Anda yang ingin berbagi informasi mengenai DNS, jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah ya! Semoga artikel ini membantu anda!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.