Pengertian, Manfaat Dan Cara Mendaftar Google My Business
Blog Tips Keren Pengertian, Manfaat Dan Cara Mendaftar Google My Business

Pengertian, Manfaat Dan Cara Mendaftar Google My Business

Pengertian, Manfaat & Cara Mendaftar Google My Business. Jika Anda pernah melakukan pencarian sebuah lokasi menggunakan layanan Search Engine Google, pernahkah Anda menemukan informasi yang lengkap seperti Peta Lokasi, Situs Web, Alamat dan Nomor Telepon pada sebuah toko di laman hasil pencarian Google ? Nah, itulah tempat yang telah terdaftar pada Google Bisnisku atau Google My Business. 

Nah, pada artikel kali ini kami akan berbagi  mengenai Google My Business atau disingkat GMB. 

Lalu, apa sih sebenarnya Google Bisnisku ini ? Dan apa saja manfaat bagi pemilik bisnis ? Yuk, simak penjelasannya dibawah ya.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Etika Bisnis

Pengertian Google Bisnisku (Google My Business)

Google Bisnisku (GMB), atau Google My Business adalah fitur gratis dari Google yang mudah digunakan oleh para pebisnis maupun organisasi untuk keperluan mengelola kehadiran mereka di internet, termasuk juga di hasil pencarian dan Maps. Dengan hanya memverifikasi dan mengedit informasi bisnis/usaha, maka Anda dapat membantu pelanggan menemukan bisnis Anda dan menceritakan kisah tentang bisnis anda kepada mereka (calon pelanggan).

Ini adalah upaya Google membantu para pelaku bisnis supaya lebih mudah ditemukan di internet, serta informasi lengkap dari bisnis tersebut. Karena sebuah usaha yang termuat telah mempunyai informasi lengkap serta terverifikasi pada saat mendaftarkan bisnis/usahanya.

Lalu apa sih manfaat dari Google Bisnisku ini ?

Manfaat Google My Business bagi Pelaku Bisnis

Mengutip dari halaman Google, berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan Google My Business:

1. Mengelola Informasi

Kelola informasi yang dilihat pengguna/user Google ketika sedang menelusuri bisnis Anda atau produk dan layanan yang Anda tawarkan. Bisnis yang memverifikasi informasinya dengan GMB berpeluang dua kali lebih besar untuk dianggap mempunyai reputasi yang baik oleh para pelanggan.

Ketika orang-orang menemukan bisnis anda di Google Maps dan penelusuran, pastikan mereka mempunyai akses ke informasi seperti jam operasional, situs website, dan alamat bisnis Anda

2. Berinteraksi dengan Para Pelanggan

Bacalah dan tanggapilah ulasan dari pelanggan, dan posting foto yang menunjukkan bahwa usaha/bisnis anda. Usaha/bisnis yang menambahkan foto pada direktorinya, berpeluang menerima permintaan petunjuk rute di Google Maps sampai 42% lebih banyak.

Klik di situs web juga meningkat sebesar 35%, dibandingkan dengan bisnis yang tidak melakukannya.

3. Memahami dan Memperluas Keberadaan Anda

Pahami wawasan tentang cara para pelanggan dalam menelusuri usaha Anda dan dari mana mereka berasal. Anda juga dapat melihat informasi seperti jumlah orang yang langsung menelepon usaha/bisnis Anda dari nomor telepon yang tertera pada laman hasil penelusuran lokal di mesin pencari dan  Maps.

Setelah siap, maka Anda dapat dengan mudah untuk membuat dan melacak performa kampanye Adwords Express untuk mempromosikan usaha/bisnis.

Itulah tiga manfaat jika anda memakai Google Bisnisku. Selanjutnya kita bahas bagaimana cara membuat dan mendaftar akun GMB.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Bisnis Online

Cara Membuat dan Mendaftar Akun Google My Business

  • Sebelum membuat dan mendaftar akun Google My Business, Anda memerlukan akun Google. Apabila Anda belum pernah membuat akun Google sebelunya, kami sarankan untuk membuatnya terlebih dahulu. Namun apabila Anda sebelumnya pernah mendaftar pada layanan Google, pasti Anda sudah mempunyai akun google. Setelah semua telah siap, yuk kita simak bagaimana cara mendaftarnya.
mendaftar akun di Google My Business
IDwebhost
  • Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi halaman Google My Business (GMB) : https://www.google.com/intl/id_id/business/, kemudian klik menu “Kelola Sekarang”. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman login akun gmail pribadi, apabila sudah membuat akun gmail, silakan untuk login terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi form yang berisi data-data bisnis Anda yang nantinya akan ditampilkan di GMB. Usahakan dalam mengisinya seakurat mungkin ya, karena akan berpengaruh pada laman bisnis Anda. Hal pertama yang harus di isi yaitu nama bisnis Anda. Setelah itu, klik menu “Berikutnya/Next”.
  • Pada laman ini Anda diminta untuk mengisi alamat bisnis. Anda juga bisa menyembunyikan alamat bisnis anda jika memang lokasi anda bukanlah dalam centang “Sembunyikan Alamat Saya (Ini bukan Toko)”. Selain itu, apabila Anda centang “Saya Mengirim Barang dan Jasa ke pelanggan saya”. Anda nantinya akan dimintai untuk mengisi form data-data yang berhubungan dengan jasa kirim barang dalam bisnis yang anda sediakan. Selanjutnya klik berikutnya. Pilihlah opsi area pengiriman, lalu klik “Berikutnya/next”.
mengisi alamat bisnis anda
IDwebhost
  • Langkah selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk memilih opsi kategori bisnis. Pilihlah kategori yang sesuai dengan bisnis/usaha anda. Setelah itu klik saja “Berikutnya/next”.
  • Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk mengisi form detail kontak yang ingin anda tunjukkan atau perlihatkan kepada para pelangganmu, seperti nomor telepon dan URL situs bisnis Anda. Ini bersifat Optional/tidak wajib ya.
  • Untuk menyelesaikan proses pendaftaran, silahkan verifikasi hubungan Anda dengan bisnis yang telah dibuat diatas dengan mengklik “Lanjutkan/selesai”.
  • Terakhir, Anda akan diminta untuk memilih opsi verifikasi.
memilih opsi verifikasi
IDwebhost

Jangan Lupa Verifikasi Akun Gmail Anda

Anda bisa memilih untuk menerima dalam bentuk kartu pos melalui surat dengan cara mengklik “Kirim” atau memverifikasi di lain waktu dengan mengklik menu “Nanti“. Tetapi perlu di ingat ya, profil bisnis Anda tidak akan terlihat sampai Anda melakukan verifikasi pada akunmu.

Bagaimana Sahabat, mudah bukan cara untuk mendaftarnya? setelah sukses dalam mendaftar akun google bisnisku atau Google My Business, ini saatnya Anda memaksimalkan websitemu untuk dipromosikan dengan menggunakan layanan Google yang lainnya!

Anda bisa temukan di IDwebhost, info harga dan spesifikasinya anda bisa melihatnya disini Jasa Promosi Online.

Baca Juga : Layanan Gratis Email Bisnis yang Bisa Anda Coba

Penutup

Itulah tadi sedikit informasi tentang pengertian, manfaat dan cara mendaftar di Google My Business. Dengan memanfaatkan layanan gratis dari Google yang satu ini, bisnis Anda dapat dikenal oleh pasar yang lebih luas.

Pastikan juga agar bisnis Anda selalu update. Baik dari sisi barang maupun melayani komentar para pelanggan maupun calon pelanggan dengan baik.

Kami berkomitmen selalu memberikan artikel menarik  untuk membantu bisnis online Anda menjadi lebih berkembang, di laman blog IDwebhost .

Bisnis online Anda tak akan lengkap tanpa sebuat website yang bagus. Untuk membuat website sendiri, IDwebhost punya berbagai macam paket domain dan hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, lho. IDwebhost juga menyediakan layanan, jasa pembuatan website (toko online, pribadi, organisasi, dan instansi), jasa promosi online, layanan SSL, Dedicated server, WordPress hosting, reseller domain dan lainnya.

 

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.