Google Image Indonesia, Penelurusan Gambar Terbaik
Blog Tips Keren Google Image Indonesia, Penelurusan Gambar Terbaik

Google Image Indonesia, Penelurusan Gambar Terbaik

Google image Indonesia merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh google yang digunakan untuk melakukan penelurusan gambar. Yang paling familiar dari google adalah digunakan untuk sebatas melakukan sebuah pencarian melalui kata atau suara, namun saat ini sudah bisa menggunakan foto.

Pengertian Google Image Indoesia

Google Image Indonesia merupakan sebuah layanan pencarian yang dibuat oleh pihak google dan sudah diperkenalkan pada tahun 2001 lalu. Layanan ini sangat memungkinkan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan penelusuran gambar google. Tentu saja kata kunci dalam melakukan pencarian sebuah gambar sudah didasarkan pada nama berkas sebuah gambar, teks yang mengacu pada gambar atau bisa juga teks yang ada di dekat gambar.

Sehingga selain menggunakan kata, kalimat, atau suara, Google juga sudah menyediakan pencarian dengan menggunakan gambar yang sangat membantu. Saat ini beberapa kegiatan memang erat kaitannya dengan internet, karena saat ini orang juga bisa mendapatkan uang hanya bermodal internet saja. Namun, sangat disayangkan ketika beberapa oknum memanfaatkan untuk kegiatan negative, seperti melakukan penipuan. Tetapi dengan google pencarian foto, Anda juga dapat melacak apakah sebuah gambar tersebut merupakan kebenaran atau hanya foto yang digunakan untuk penipuan.

Cara Cari Foto Lewat Google

Dengan adanya google image Indonesia, sebenarnya sangat memudahkan orang untuk melakukan penelurusan gambar google. Melalui situs Google Image, Anda dapat dengan mudah melakukan pencarian sebuah foto atau gambar dengan menggunakan alamat link atau tautan dari gambar. Sehingga Anda juga dapat dengan mudah untuk mengetahui asal muasal gambar tersebut. Caranya juga mudah, berikut ini:

  1. Anda harus masuk terlebih dahulu ke situs yang nantinya akan menunjukkan gambar yang akan Anda lacak
  2. Klik kanan pada foto yang Anda inginkan
  3. Pilihlah opsi “copy image address”
  4. Selanjutnya, buka situs images.google.com
  5. Lakukan klik pada gambar kamera
  6. Selanjutnya, masukan alamat gambar yang sudah Anda copy dengan cara melakukan paste. Dengan menekan tombol CTRL + V atau dengan klik kanan dan pilih opsi paste.

Ada cara lain, Anda juga dapat menggunakan gambar yang telah Anda unduh sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka terlebih dahulu situs images.google.com
  2. Lakukan klik pada tombol kamera yang berada di sebelah kanan bar
  3. Selanjutnya, pilih “upload an image”
  4. Kemudian klik pada pilihan “choose file”
  5. Anda selanjutnya harus menelusuri gambar yang berada di folder computer Anda.

Dengan menggunakan kedua cara diatas, nantinya Google akan menunjukan dimana sebuah gambar berada sampai dengan asal gambar tersebut. Sehingga fitur tersebut akan memaksimalkan Anda dalam melakukan pencarian gambar.

Memaksimalkan Google Image Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa adanya google images Indonesia sangat membantu dalam melakukan pencarian gambar. Namun, hal tersebut bisa dikatakan gampang-gampang susah. Hal tersebut dikarenakan google pencarian foto bisa melakukan penelurusan gambar google dengan hasil lebih dari ribuan jumlahnya. Tentu tidak jauh berbeda ketika Anda melakukan sebuah pencarian tentang topik ke dalam beberapa situs dalam satu waktu.

Sebenarnya bisa jika Anda ingin memotong jumlah hasil dari pencarian jika bisa Anda lakukan. Caranya juga tidak jauh berbeda dengan ketika Anda memangkas jumlah hasil ketika melakukan pencarian situs. Ternyata cari foto lewat google mempunyai fasilitas yang bisa digunakan agar Anda dapat mendapatkan gambar yang diinginkan. Berikut caranya:

  1. Spesifikkan Keywords Gambar Yang Akan Dicari

Keywords atau kata kunci merupakan hal yang paling penting dalam melakukan sebuah pencarian, baik untuk situs ataupun gambar. Jika Anda memasukan kata kunci yang semakin spesifik, akan mempengaruhi hasil karena akan semakin sempit dan juga akan sangat mendekati apa yang Anda inginkan. Untuk lebih mudahnya, Anda juga dapat menggunakan beberapa symbol dan juga karakter sebagai berikut:

  • Tanda petik (“) atau tanda plus (+) dapat digunakan dalam mencari keyword yang mengandung kata kunci lain namun sebagai satu-kesatuan yang utuh. Contohnya adalah “Gambar Jagat Review” atau ‘Gambar+Jagat+Review’.
  • Tanda minus (-) digunakan dalam mengurangi segala kemungkinan yang terjadi pada sebuah kata kunci yang tidak dibutuhkan dalam suatu hasil pencarian akhir. Contohnya seperti ‘Gambar Jagat -Review’.
  • Tanda bintang (*) digunakan ketika akan mencari suatu kalimat tetapi dengan melupakan kata yang sebenarnya ada dalam pencarian tersebut. Contohnya seperti ‘Gambar * Review’ ketika akan mencari ‘Jagat Review’.

Namun, saat ini Google Images Indonesia memiliki tampilan yang baru, dibuktikan dengan tersedianya grup gambar yang berasal dari hasil pencarian gambar yang populer disamakan dengan kata kunci yang sudah dimasukkan. Hal tersebutnya akan mempermudah Anda untuk menemukan gambar dengan kata kunci yang jauh lebih spesifik dan sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Search Tools pada Google Images Indonesia

Salah satu andalan fitur Google Images Indonesia adalah search tools. Fungsinya adalah untuk melakukan sebuah pencarian yang nantinya akan memberikan hasil yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan hanya memberi kata kunci. Beberapa hal yang di filter ketika menggunakan search tools adalah:

  • Tentunya Anda dapat memasukkan ukuran gambar yang akan Anda cari secara spesifik.
  • Anda juga dapat memasukkan warna apa yang mendominasi gambar yang Anda cari.
  • Anda dapat memilih jenis gambar apa yang akan dicari, bisa berupa foto, sketsa ataupun animasi.
  • Anda dapat memasukkan rentang waktu gambar tersebut dimasukkan ke dalam situs. Sehingga sangat memungkinkan untuk menemukan gambar terbaru.
  1. Google Image Indonesia; Advanced Image Seacrh

Sebenarnya, fungsinya sama dengan search tools. Yang membedakan adalah adanya beberapa kategori tambahan yang jauh lebih spesifik dalam fasilitas pencarian melalui advanced image search. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat melakukan penelusuran gambar google berdasarkan ukuran, warna, jenis gambar, wakktu dan juga jenis file gambar.

  1. Cari foto lewat google dengan gambar

Adanya fitur ini sangat bermanfaat dalam melakukan pencarian file gambar yang sejenis. Tidak hanya gambar yang sejenis, tetapi juga orisinil ukuran dan kualitasnya jauh lebih baik jika dibanding gambar yang Anda punya. Agar dapat menggunakannya, Anda hanya perlu mengklik icon yang berbentuk kamera yang berada di pojok kolom search yang ada di halaman utama pada Google Images. Selanjutnya, Anda bisa mengupload gambar yang akan di cari atau dapat langsung mendirect link dari gambar yang didapat melalui situs lain.

  1. Memakai Extension Yang Terdapat di Web Browser

Anda juga dapat melakukan pencarian gambar melalui extension yang terdapat pada web browser. Dengan adanya extension yang disediakan, akan lebih memudahkan Anda karena akan lebih cepat dan cara yang sederhana. Caranya, Anda tinggal klik kanan pada gambar yang akan dicari, selanjutnya pilih Search by Images yang berarti tambahan terbaru ketika Anda sudah menginstall extension browser.

Demikian penjelasan mengenai Google image Indonesia yang bisa Anda pahami. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.