Trik Google Gravity: Buat Mesin Pencari Jadi Lebih Unik

1 Feb 2024
Trik Google Gravity: Buat Mesin Pencari Jadi Lebih Unik campaign-unlimited

Google menjadi mesin pencari andalan untuk menemukan berbagai artikel, film, lirik lagu, dan berbagai situs. Tahukah kamu jika Google sebenarnya memiliki fitur rahasia? Salah satunya adalah Google Gravity. Bagi kamu yang merasa bosan dengan mesin pencari flat, kamu bisa mencoba trik Google Gravity.

Google Gravity bisa jadi salah satu cara buat kamu bersenang-senang menggunakan mesin pencari Google. Sebagai tambahan informasi, tidak banyak yang mengetahui fitur rahasia Google satu ini, lho. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Simak penjelasan kami di artikel ini ya!

Apa Itu Google Gravity?

Jadi, apa yang dimaksud dengan Google Gravity? Apa fungsinya? Google Gravity adalah suatu trik yang membuat tampilan mesin pencari Google menjadi lebih unik. Trik Google Gravity dapat mengubah tampilan halaman pencarian kehilangan gaya gravitasi. Loh kok bisa?

Google Gravity menjalankan suatu script khusus yang membuat tampilan Google search engine berantakan. Tampilan Google Gravity membuat semua menu yang biasanya terletak secara teratur di setiap bagian menjadi berjatuhan ke bagian bawah halaman, seperti kehilangan keseimbangan statis.

Bagi pengguna yang tidak tahu, Google Gravity mungkin bisa dianggap sebagai efek serangan virus. Padahal, efek Google Gravity ini tidaklah permanen, dengan kata lain dapat dikembalikan seperti semula kapan saja.

Cara Membuat Google Gravity

Jika kamu tertarik untuk mencoba trik Google Gravity, kamu bisa mengikuti ulasan cara yang akan kami jelaskan di sini. Untuk melakukan trik ini, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Namun, sebelumnya pastikan browser dan koneksi internetmu aktif terlebih dahulu, ya.

1. Membuat Google Gravity dari Mesin Pencari Langsung

Cara pertama untuk membuat Google Gravity bisa dilakukan melalui mesin pencari Google. Langsung saja, mari ikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

  • Pertama-tama buka browser pada perangkatmu.
  • Berikutnya, masuk ke mesin pencari Google dengan alamat google.com.
  • Selanjutnya, kamu akan ditampilkan kotak pencarian di bagian utama halaman. Tuliskan Google Gravity pada kotak tersebut.
  • Tanpa menekan tombol Enter atau mulai mencari, klik tombol I’m Feeling Lucky yang terdapat di bagian bawah kolom.
  • Tunggu hingga halaman Google Gravity dimuat. Kamu akan mendapati halaman pencarian Google berjatuhan. Meskipun begitu, mesin pecari tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.
  • Tekan tombol kembali atau tutup jendela untuk keluar dari tampilan Google Gravity.

2. Membuat Google Gravity dengan Masuk Web

Cara ini juga tidak kalah mudahnya. Trik Google Gravity satu ini bisa kamu gunakan jika kamu sudah terlanjut menekan tombol Enter setelah mengetikkan Google Gravity dalam kolom pencarian. Ikuti langkah-langkahnya berikut:

  • Buka browser dan masuk ke mesin pencari Google seperti pada cara sebelumnya.
  • Lalu, ketikkan Google Gravity pada kolom pencarian.
  • Berikutnya, tekan tombol Enter agar Google menampilkan hasil pencarian.
  • Selanjutnya, Google akan menampilkan sejumlah hasil pencarian di halaman pertamanya. Pilihlah website Mrdoob.com yang berada di peringkat paling atas.
  • Tunggu halaman hingga dimuat seluruhnya, maka kamu bisa mendapatkan Google Gravity.
  • Gunakan kolom pencarian atau fitur yang tersedia untuk mengakses keperluanmu di mesin pencari.
  • Jika ingin kembali ke tampilan biasa, kamu hanya perlu keluar atau menutup website tersebut.

Trik Tersembunyi Google Lainnya

Selain trik Google Gravity, masih ada sejumlah fitur rahasia Google yang bisa membuat mesin pencari jadi lebih unik. Penasaran apa saja trik lainnya? Berikut beberapa di antaranya.

1. Google Underwater

Ubah tampilan mesin pencari Google layaknya di bawah laut. Trik ini dapat membuat tampilan halaman pencarian Google seperti di bawah laut dengan berbagai ikan yang berenang dan latar belakang di laut. Jika melakukan klik pada kolom pencarian, kamu bahkan dapat menenggelamkan kolom pencarian.

Untuk membuatnya, caranya sama seperti cara membuat trik Google Gravity. Kamu hanya perlu menuliskan Google Underwaterpada kolom pencarian Google. Kemudian, alih-alih menekan tombol Enter, tekan tombol I’m Feeling Lucky di bagian bawah kolom.

2. Google Space

Ingin menggunakan mesin pencari sepert di luar angkasa? Lakukan trik tersembunyi Google Space. Trik ini membuat tampilan pencarian seperti berada di luar angkasa. Beberapa menu akan mengambang dan kolom pencarian akan berantakan. Untuk membuatnya, terapkan cara yang sama seperti cara membuat Google Underwater di atas.

3. Google Sphere

Selain mode luar angkasa dan bawah air, kamu juga bisa mencoba tampilan Google Sphere yang membuat mesin pencarimu layaknya bola 3D. Trik ini akan membuat tampilanmu seperti mesin pencari Google di tahun 1990an. Berbagai opsi dan tombol dengan tampilan lawas akan tersusun seperti bola 3D.

Tampilan bola 3D ini akan terus berputar. Kamu dapat meletakkan kursor untuk memperlambat putarannya. Apabila kamu ingin mengubah letak tombol atau shortcut, gunakan kursor untuk menggerakkan bola.

 4. Terminal Google

Bagi penggemar programming, kamu mungkin akan menyukai trik satu ini. Terminal Google memungkinkan kamu untuk mendapatkan tampilan pencarian layaknya terminal kode MS-DOS. Untuk melakukan pencarian di mesin pencari ini, kamu perlu memasukkan kode query.

Tenang saja, Terminal Google juga menyertakan informasi additional query yang bisa kamu gunakan kok. Kamu bisa menggunakan q=query untuk melakukan pencarian atau u=username untuk login menggunakan akun Google.

5. Google Pacman

Trik berikutnya ini meurpakan salah satu game online yang disediakan secara gratis oleh Google. Kamu bisa memainkan game klasik ini untuk mengisi waktu selagi lelah bekerja atau sambil melakukan pencarian di Google. Untuk memainkannya, kamu hanya perlu menggunakan kursor atau tombol panah untuk menggerakkan pacman.

Google Pacman bisa kamu mainkan kapan saja selama kamu tersambung dengan browser dan koneksi internet. Untuk masuk ke game ini, cukup ketikkan Google Pacman pada pencarian Google. Selanjutnya, kamu akan ditampilkan situs resminya dan bisa langsung mengunjunginya untuk bermain.

6. Google Tetris

Google Tetris bisa jadi lebih menghibur dari trik Google Gravity. Seperti namanya, kamu bisa mendapatkan pengalaman menggunakan mesin pencari Google dengan tampilan game tetris. Selagi kamu mengetikkan kata kunci, blok-blok tetris akan terus berjatuhan dan saling menyusun di tampilan halaman mesin pencari.

Kamu bisa membuat trik ini dengan mengunjungi I’m Elgoog, yaitu platform Google Mirror. Untuk lebih singkatnya, kamu bisa menuju halaman Google Tetris di sini.

Itulah penjelasan dari kami tentang trik Google Gravity, yang bisa meningkatkan pengalamanmu dengan mesin pencarian jadi lebih seru. Selain memberikan tampilan yang berbeda, trik ini juga bisa kamu gunakan untuk bersenang-senang bersama teman sekolah atau rekan kerja di kantor.

Coba juga berbagai trik Google lainnya yang sudah kami jelaskan di atas. Kamu bisa memainkan fitur permainannya juga untuk menghilangkan rasa penat saat bekerja. Kira-kira trik mana dulu yang ingin kamu coba?

Kunjungi blog IDwebhost untuk mengetahui trik-trik lainnya, ya. Selagi ada potongan ekstra, buat website bisnismu dan nikmati berbagai layanan hosting dari IDwebhost, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022