Apa itu Google Discover? Cara Optimasi dan Meningkatkan Traffic Website
Blog SEO Apa itu Google Discover? Cara Optimasi dan Meningkatkan Traffic Website

Apa itu Google Discover? Cara Optimasi dan Meningkatkan Traffic Website

Google Discover merupakan fitur dari Google yang menampilkan informasi-informasi yang fresh berupa tampilan dalam bentuk kartu-kartu kepada pengguna. Selain itu, tampilan informasi-informasi yang di sajikan ini disesuaikan dengan relevansi dari karakteristik minat pengguna tsb. Jadi, untuk mendapatkan informasi ini pengguna tidak perlu mengetikan kata kunci karena informasi yang relevan dengan pengguna sudah disajikan oleh Discover.

Lebih lengkapnya, Anda dapat mempelajarinya berikut ini.

 

Daftar Isi

1. Apa itu Google Discover ?

2. Bagaimana Cara Kerja Google Discover ?

3. Cara Meningkatkan Traffic Website Menggunakan Google Discover

3.1. Website Mobile Friendly
3.2. Gunakan Gambar High Quality
3.3. Sesuaikan Konten dan Meta Data
3.4. Update Konten-konten yang populer
3.5. Sesuaikan Konten Anda dengan Struktur E-A-T
3.6. Fokus pada Brand Anda
3.7. Pahami Grafik
3.8. Tingkatkan Distribusi Konten Anda
3.9. Update Konten Anda secara Berkala
3.10. Tambahkan Video pada Website Anda
3.11. Gunakan Web Stories

4. Kesimpulan

 

Apa itu Google Discover ?

 

cara kerja google discover
cara kerja google discover

Google Discover adalah fitur baru dari Google yang menyajikan informasi secara proaktif yaitu tidak lagi menunggu pengguna mengetikan kata kunci di mesin pencari. Tampilannya berupa deretan seperti kartu yang tertampil di bawah kolom pencarian Google. Kartu ini berisi gambar, judul, deskripsi singkat, nama sumber website dan tanggal publikasi.

 

google discover
google discover

Fitur Google Discover ini diperkenalkan sebagai pengganti fitur pada Google Feed. Hal yang berubah adalah pada tampilannya tampak lebih modern dan segar, serta jenis konten yang disajikan juga lebih bervariasi.

Contohnya, Discover menampilkan artikel atau video yang bersifat evergreen, jadi bukan konten yang benar-benar baru namun bagi pengguna itu sendiri terasa baru.

Untuk menyuguhkan berita-berita terbaru, Fitur Discover ini menggunakan basis teknologi dengan mengandalkan bantuan AI yang menampilkan beragam perspektif  berbeda tentang suatu topik.

Tampilannya yang berbentuk serba kartu menjadikan keunikan sendiri. Lalu, Discover pun memberikan kontrol yang lebih lengkap sehingga pengguna bisa melihat konten lain dari topik tsb.

Selain itu, ada  tombol titik tiga di kanan atas yang bisa digunakan untuk memblokir konten dari website tertentu kalau dirasa menganggu oleh pengguna.

Lalu, pada bagian kanan bawah, ada semacam tuas kecil yang dapat digunakan untuk menentukan apakah Discover yang diatur oleh pengguna, apakah ingin menampilkan konten lebih banyak atau konten lebih sedikit yang serupa.

 

Bagaimana Cara Kerja Google Discover ?

 

cara kerja google discover
cara kerja google discover

Berkaitan dalam optimasi SEO pada website Anda, memahami cara kerja Google Discover dalam menyuguhkan konten ke pengguna perlu Anda pelajari.

Berdasarkan informasi dari Google, Discover menggunakan data berikut untuk menampilkan konten di fiturnya, yaitu :

  • Aktivitas Anda di semua produk Google seperti aktivitas penelusuran, menonton video youtube, dan interaksi dengan konten/kartu di hasil penelusuran Discover.
  • Riwayat lokasi
  • Pengaturan lokasi
  • Dan, topik yang Anda ikuti

Jika Anda lihat, sepertinya sistem ini sama ya seperti sistem di Sosial Media? Feed discover menunjukan kesesuaian antara hobi, minat saat ini, dan semua hal lain yang relevan dengan Anda. Hal ini pun juga disesuaikan dengan betapa pentingnya topik tsb bagi Anda.

 

Cara Meningkatkan Traffic Website Menggunakan Google Discover

 

cara optimasi google discover
cara optimasi google discover

Untuk melakukan optimasi di Google Discover, Anda dapat melakukan optimasi sebagai berikut:

1. Website Mobile Friendly

Discover memang dibentuk untuk tujuan pengoptimalan di feed pada mobile atau smartphone. Untuk itu, pencarian akan suatu topik yang dilakukan di media smartphone sangatlah penting guna meningkatkan mobile experience user itu sendiri.

 

2. Gunakan Gambar High Quality

Feed pada Discover ini menonjolkan gambar untuk menarik perhatian pengguna. Jadi Anda perlu menggunakan gambar yang memiliki kualitas tinggi untuk smua konten visual pada halaman website Anda.

Google merekomendasikan gambar yang besar harus memiliki setidaknya 1200px dan pada fitur max-image-preview:tag large meta robot haruslah pada posisi enabled atau aktif. Pengaturan ini perlu Anda atur sebagai pengaturan default Anda, karena sebagai langkah optimasi SEO gambar. Anda juga dapat menggunakan plugin Yoast jika website Anda adalah WordPress, karena pengaturan seo gambar ini otomatis.

 

3. Sesuaikan Konten dan Meta Data

Tag judul dan deskripsi meta harus dapat meringkas konten halaman serta menarik pengguna untuk klik.

 

4. Update Konten-konten yang populer

Discover cenderung memunculkan banyak konten tepat waktu tentang peristiwa terbaru. Itulah alasannya website berita mendominasi feed pada Discover. Tapi hal itu juga menampilkan banyak konten yang selalu menarik.

Hal ini karena Discover adalah feed yang dipersonalisasi dan menampilkan konten yang baru bagi Anda.

 

5. Sesuaikan Konten Anda dengan Struktur E-A-T

Google lebih mengunggulkan konten dari suatu website yang memiliki banyak halaman yang menunjukan keahlian(expertise), otoritas(authority), dan kepercayaan(trustworthiness).

Agar konten pada website Anda sesuai dengan E-A-T, maka konten Anda perlu :

  • Menambahkan tanggal postingan
  • Informasi yang jelas tentang penulis
  • Publikasi
  • Orang yang menerbitkan
  • Identitas perusahaan atau tim 
  • Informasi kontak untuk lebih memabngun kepercayaan dan transparansi dengan pengunjung website

 

6. Fokus pada Brand Anda

Berdasarkan riset dari ahrefs, entitas brand sangat berperan penting karena banyak orang-orang menyebutkan brand-brand satu dengan yang lainnya.

Untuk itu, Anda perlu memiliki brand authority yang terkait dengan topik-topik yang relevan guna memiliki kecakapan dan kemampuan dalam penguasaan topik tsb.

Berikut tips dalam meningkatkan brand authority pada website Anda :

  • Update konten secara konsisten sesuai kategori-kategori pada topik konten yang Anda buat
  • Selalu update topik-topik yang tren tapi harus disesuaikan dengan niche pada website Anda.
  • Gunakan Google Image untuk menemukan topik-topik dan informasi terkait dengan niche website Anda

 

7. Pahami Grafik

Berdasarkan informasi dari ahrefs, orang-orang cenderung mengikuti suatu brand di Discover karena mereka telah mengetahui lebih dulu brand tsb sudah ada di Google Knowledge Graph.

Google knowledge graph adalah sebuah basis informasi yang digunakan oleh Google serta layanannya guna meningkatkan hasil pencarian di mesin pencari berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

 

8. Tingkatkan Distribusi Konten Anda

Optimasi dari hasil Discover juga sama halnya dengan optimasi seo pada dasarnya, yaitu sama-sama menginginkan konten yang memiliki interaksi tinggi.

Interaksi yang tinggi pada konten di website ini juga di karenakan bahwa adanya korelasi keterlibatan tinggi dengan sosial media dan juga kinerja pada performa Discover.

 

9. Update Konten Anda secara Berkala

Update juga konten secara berkala. Hal ini berguna untuk menandakan konten yang selalu di update bisa masuk kategori konten yang evergreen.

Konten evergreen adalah konten yang membahas pada suatu topik yang informasinya selalu relevan dan up to date serta konten tsb tidak ada batasan waktu (maksudnya konten ini bisa dipelajari pada periode kapanpun).

10. Tambahkan Video pada Website Anda

Video Youtube sering terlihat di feed Discover. Jika anda menyematkan atau embed video pada youtube Anda ke dalam halaman konten website Anda, ada kemungkinan video tersebut dapat muncul di penelusuran Discover dan bahkan mengungguli konten itu sendiri.

Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba menambahkan video dari youtube Anda kemudian menempatkannya ke dalam konten pada website Anda.

11. Gunakan Web Stories

Google mengumumkan bahwa mulai mendukung web stories sebagai dukungan pada Discover Feed. Jadi Anda dapat memulai memperbarui konten pada website Anda dengan menginstall web stories. Jika website Anda menggunakan wordPress, Anda dapat melakukan penginstalan web stories dengan cara menambahkannya lewat install plugin web stories.

 

Kesimpulan

Agar optimasi SEO pada website Anda semakin terjangkau lebih luas, ada baiknya Anda perlu mencoba untuk menerapkan optimasi SEO pada fitur Google Discover.

Google Discover ini menyajikan informasi berupa berita-berita yang fresh kepada penggunanya yang bisa Anda lihat pada fitur Discover pada aplikasi chrome di smartphone Anda.

Untuk cara optimasinya, Anda dapat melakukan optimasi Discover seperti yang telah dibahas pada artikel ini.

Lalu tidak lupa juga, Anda dapat update informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost agar mendapatkan insight baru.

Sebagai tambahan, jika Anda membutuhkan hosting untuk kebutuhan dalam pembuatan website yang berisi informasi atau kegiatan marketing online, Anda dapat menggunakan jasa layanan hosting dan domain dari IDwebhost yang memiliki promo diskon tiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.