Google Classroom: Semua Yang Perlu Anda Tahu
Blog Tips Keren Google Classroom: Semua Yang Perlu Anda Tahu

Google Classroom: Semua Yang Perlu Anda Tahu

Pada era sekarang ini Google Classroom telah digunakan baik dari admin sekolah dan juga para guru sendiri telah berangsur angsur melakukan digitalisasi dari segi administratif sampai pada pembelajaran. Dimana sekarang banyak sekali teknologi yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Tapi tentunya pasti kita harus belajar dan mengetahui tools apa saja yang dapat mempermudah pekerjaan kita semua. Nah proses untuk hal baru inilah yang sangat vital untuk para guru serta dunia pendidikan. Pertanyaan semacam; berapa lama waktu yang diperlukan bagi kita untuk terbiasa? Apa bedanya dengan alur kerja yang sudah ada? Apakah kita perlu meluangkan waktu dan upaya untuk mempelajarinya? pertanyaan inilah yang sering ditanyakan oleh guru guru dan dosen.

Jika jawaban tidak sesuai dengan harapan anda atau membuat anda merasa tidak sesuai. Lebih baik anda tidak menggunakannya. Anda tidak harus melakukannya hanya karena semua orang melakukannya. Kuncinya di sini adalah untuk mengadopsi sesuatu yang membuat pengajaran lebih mudah tanpa banyak membiasakan diri  persis apa yang ditawarkan Google Classroom.

Hal ini dirancang untuk menyederhanakan alur kerja kelas dengan memungkinkan guru untuk mereplikasi tindakan dan kegiatan kelas pada platform online dengan cara yang bebas gangguan. Fakta bahwa kebanyakan orang sudah terbiasa dengan antarmuka Google hanya membuat segalanya lebih mudah. Seperti tools lainnya, tools ini mungkin cocok atau tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Dalam artikel ini, kami menjabarkan tentan tools ini mulai menggunakan Google Classroom.

Google Classroom: Semua yang perlu anda tahu

Pengertian Google Classroom

Google Classroom adalah platform berbasis website yang memungkinkan guru membuat ruang kelas online tempat mereka dapat mendistribusikan, mengumpulkan, dan mengelola pekerjaan yang ada di kelas. Ini juga memungkinkan guru untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan siswa dan wali mereka.

Apa saja fitur dari Google Classroom?

  • Bagikan Literasi Pendidikan

Tools ini dapat digunakan sebagai platform untuk berbagi materi pelajaran dan dokumen terkait lainnya dengan siswa siswi anda. Hal ini memungkinkan guru untuk berbagi file dari komputer mereka, video YouTube, tautan Google Drive, atau URL lain yang relevan. Saat diposting online, siswa dapat mengaksesnya dari mana saja dan bahkan di perangkat seluler.

  • Mengelola Penugasan

Google Classroom memungkinkan guru untuk membuat, mendistribusikan, mengumpulkan, dan menilai tugas tepat di dalam platform. Bukan itu saja, anda akan dapat melakukan hal-hal seperti:

  1. Menambahkan tautan bermanfaat bersama dengan tugas
  2. Mengatur tingkat izin yang berbeda untuk dokumen yang anda bagikan bersama dengan tugas
  3. Mengatur tanggal jatuh tempo dan deadline menggunakan integrasi Kalender Google
  4. Menggunakan kembali penugasan yang sama lagi
  5. Menjadwalkan tugas untuk tanggal berikutnya
  • Membuat Pengumuman

Guru juga dapat membuat pengumuman melalui Google Classroom. Ini akan secara otomatis diemail ke semua siswa di kelas. Mereka juga akan dapat melihatnya di tab Stream Kelas masing-masing. Tab Stream adalah setara dengan Google Classroom dari umpan berita Facebook. Google Classroom juga memungkinkan guru untuk menjadwalkan kapan pengumuman, posting, atau tugas akan muncul di tab Stream siswa mereka.

  • Menyimpan Materi Ruang Kelas

Ketika anda mendaftar ke Google Classroom, secara otomatis membuat folder Google Drive yang disebut Classroom. Kemudian saat anda membuat kelas baru, subfolder baru akan dibuat. Semua tugas yang anda distribusikan akan secara otomatis disimpan dalam subfolder ini. Anda juga dapat membagikan folder atau file Google Drive anda dengan siswa anda hanya dengan menempelkan tautan di tab ‘About’ atau dengan menambahkannya ke tugas / pengumuman / pertanyaan.

  • Ringkasan untuk Wali

tools inijuga memungkinkan guru untuk mengirim umpan balik kepada wali tentang kinerja siswa. Ini akan dikirim melalui email. Ini termasuk rincian seperti tugas yang tidak dikerjakan, tugas yang akan datang dan aktivitas kelas.

Bagaimana cara guru mendaftar ke Google Classroom?

Untuk menggunakan tools ini dengan siswa anda. Sekolah anda harus mendaftar untuk akun G Suite for Education gratis. Jika sekolah anda sudah memiliki akun, ini mungkin terlihat seperti ini @yourschool.edu. Tetapi, jika anda seorang pendidik yang melakukan kursus di luar sekolah, anda juga dapat mendaftar dengan akun pribadi anda you@example.com. Akun G Suite for Education tidak wajib dalam kasus tersebut. Apa pun caranya, anda dapat mendaftar ke tools ini dengan mengunjunginya disini.

Google Classroom: Semua yang perlu anda tahu

Kaitan Google Classroom dengan G Suite for Education

Google Classroom adalah sistem manajemen pembelajaran yang membentuk bagian dari platform Google Apps for Education. Ini sepenuhnya terintegrasi dengan aplikasi G Suite lainnya seperti Documents, Slide, Drive, dll.

Spesifikasi atau persyaratan untuk menggunakan Google Classroom

  1. tools ini membutuhkan koneksi internet aktif untuk bekerja
  2. Semua data disimpan di Google Drive anda, server lokal tidak diperlukan
  3. Aplikasi tools ini dapat tersedia di perangkat Android dan iOS

Bagaimana cara mengatur Google Classroom anda?

Google Classroom cukup mudah diatur. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buat kelas dengan mengklik tombol “+” di kanan atas layar beranda layar. Anda harus menambahkan nama kelas, nama subjek dan pada bagian yang sesuai.
  2. Klik tab “about” untuk menyesuaikan deskripsi kursus atau menambahkan materi pelajaran, seperti tautan dan silabus.
  3. Klik tab “Students” untuk mengundang siswa A\anda bergabung dengan Kelas. Baik mengirim undangan atau memberi mereka codeclass.
  4. Pilih tingkat partisipasi siswa dari tab “Students”.
  5. Tambahkan rekan guru dengan mengunjungi tab “about”.
  6. Anda kemudian dapat memilih tema untuk ruang kelas dan juga mengunggah foto sampul.
  7. Tinjau preferensi pemberitahuan anda dengan mengakses Pengaturan. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol Tribar di paling kiri.
  8. Klik ikon “+” pada kiri bawah untuk mengakses fitur inti platform ini. Gunakan kembali Postingan anda, buat Pertanyaan, buat Tugas dan buat Pengumuman.

Keamanan dan cadangan

Berikut adalah beberapa sorotan utama dalam hal keamanan, privasi dan fitur cadangan tools ini:

  1. Google Classroom berada di bawah persyaratan layanan G Suite untuk Pendidikan. Dimana telah sesuai dengan Hak Pendidikan Keluarga dan Undang-Undang Privasi 1974.
  2. Aplikasi pihak ketiga dapat mengakses data kelas hanya jika admin memberikan izin untuk melakukannya.
  3. Google mengklaim bahwa mereka tidak pernah menggunakan konten atau data siswa anda untuk tujuan periklanan.
  4. G Suite for Education juga memungkinkan sekolah untuk memutuskan layanan Google mana yang dapat digunakan siswanya.
  5. Google memberikan storage gratis dan tidak terbatas di Google Drive.

Google Classroom: Semua yang perlu anda tahu

Kesimpulan

Google Classroom dapat digunakan bagi semua jenis pendidikan. Baik itu guru sekolah, pelatih online atau pendidik online pribadi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk merambah di digitalisasi. Selain itu, ini adalah bagian dari ekosistem Google. Ini berarti akan adanya peningkatan secara berkala, perpustakaan besar dari ekstensi pihak ketiga dan fleksibilitas dan keamanan yang ditawarkannya. Singkatnya, jika anda mencari tools yang sederhana namun kuat untuk membantu anda dalam pendidikan, tools ini jelas layak untuk dicoba.

Mungkin cukup sampai disini dulu. Selamat Membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.