Google Cendekia Adalah: Pengertian dan Cara Memakai Google Cendekia

Google Cendekia Adalah: Pengertian dan Cara Memakai Google Cendekia

Bagi para mahasiswa semester akhir, skripsi adalah langkah terakhir untuk lulus kuliah. Menemukan referensi skripsi yang tepat adalah tantangan yang harus dihadapi. Dan Google Cendekia adalah salah satu tools yang paling sering digunakan. Apakah ada yang pernah mendengar apa itu Google Cendekia? 

Sebenarnya, Google Cendekia tidak hanya ditujukan untuk pengguna dari kalangan kampus saja. Tools yang satu ini bahkan banyak digunakan oleh anak-anak SMA. Kebanyakan untuk mencari referensi atas tugas membuat karya tulis ilmiah dari guru. 

Ini tentu saja menarik. Jika dulu orang yang ingin mencari bahan penelitian harus susah payah berkutat di perpustakaan, Google Cendekia adalah solusi untuk mengatasi masalah ini. 

Lantas, apakah itu saja yang bisa dilakukan oleh Google Cendekia? 

Tentu saja tidak. Pada artikel kali ini, IDwebhost akan mengajak Sahabat semua untuk cari tahu tentang apa itu Google Cendekia, lengkap dengan fungsi dan cara menggunakannya untuk penelitian. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Google Cendekia?

google cendekia adalah

Buat Sahabat IDwebhost yang belum tahu, Google Cendekia atau Google Scholar adalah layanan pencari jurnal milik Google, yang berisi banyak disiplin ilmu. Ya, Google Cendekia adalah layanan Google Scholar versi pengguna bahasa Indonesia. 

Dan bukan hanya jurnal. Di Google Cendekia, sebagai pengguna, Anda juga bisa menemukan berbagai buku akademik, tesis, disertasi, dan lain sebagainya. Sebagai bahan mencari referensi, Google Cendekia tergolong platform yang komplit. 

Jika Anda mencari referensi berbahasa Inggris, bisa menggunakan Google Scholar. Sebagai pengguna, Anda bisa menggunakan Google Scholar dan Google Cendekia secara gratis. 

Baca Juga: Apa Itu Google Data Studio? 

Dan selayaknya perpustakaan konvensional, Anda bisa menyimpan hasil temuan naskah akademik yang ditemukan. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah kehilangan referensi jurnal yang sudah ditemukan sebelumnya. 

Tentu sangat menyebalkan bukan, kehilangan jurnal ilmiah yang mencarinya saja cukup susah?

Bukan tanpa alasan mengapa Google banyak digunakan orang. Layanan milik Google ini menjadi rekomendasi karena mempunyai banyak fitur dan koleksi jurnal serta artikel ilmiah yang cukup lengkap. 

Dan yang pasti, semua layanan ini bisa Anda dapatkan secara gratis. 

Cara Membuat Google Cendekia 

google cendekia adalah

Sebagai layanan gratis, akses pada Google Cendekia sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja, ternyata masih banyak orang yang belum tahu, bagaimana cara membuat Google Cendekia

Dengan memiliki akun Google Cendekia atau Google Scholar, Anda tak hanya bisa mengakses jurnal yang diinginkan, namun juga dapat berkontribusi dengan mempublikasikan jurnal ilmiah sendiri. 

Baca Juga: Cara Install Opens Journal System

Bagi seorang peneliti, mempublikasikan jurnal ilmiah adalah salah satu kebanggaan tersendiri. Dan Google Cendekia adalah salah satu tempat Anda bisa mempublikasikan jurnal ilmiah.

Sahabat IDwebhost, berikut adalah cara membuat akun Google Cendekia: 

Langkah 1: Memiliki akun email Google 

Langkah pertama membuat Google Cendekia adalah menyiapkan akun email Gmail. Ya, memang cukup mudah untuk membuat akun email Google. Namun akan lebih baik jika Anda menggunakan email dengan domain sendiri. Paling tidak, Anda bisa menggunakan email dengan domain tempat sekolah atau kampus. 

Langkah 2: Buka akun Google Cendekia 

Setelah email Google milik Anda sudah siap, silakan masuk ke Google Scholar dan klik tombol Akun Saya di pojok kanan atas halaman. Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman pengaturan profil. 

Langkah 3: Mengisi data diri 

Di halaman profil, langkah cara membuat akun Google Cendekia yang selanjutnya adalah mengisi data diri dengan benar. 

Data yang harus Anda isi, antara lain seperti nama lengkap, instansi, alamat email yang terafiliasi dengan tempat pendidikan, dan lain sebagainya. 

Setelah pengisian data selesai, klik tombol “Make My Profile Public”. Agar karya tulis yang Anda buat dapat diakses banyak orang. 

Langkah 4: Melengkapi data diri

Ketika proses pengisian data diri, Anda akan diminta untuk melengkapi profil yang sesuai. Misalnya seperti mengunggah foto profil. 

Dan karena tujuan penggunaan Google Scholar atau Google Cendekia untuk urusan keperluan yang bersifat akademik, jadi akan lebih baik jika menggunakan foto resmi. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Autentikasi Google di Banyak Perangkat

Cara Menggunakan Google Scholar 

Google Cendekia bekerja layaknya mesin pencari Google. Jika mesin pencari Google bekerja untuk menemukan kata kunci yang relevan, Google Cendekia juga sama. Yang membedakan adalah apa yang ditemukan. 

Cara kerja Google Cendekia adalah mengindeks berbagai karya tulis ilmiah dengan direktori pencarian yang luas. 

Saking luasnya, mungkin memerlukan beberapa kali pencarian agar pengguna bisa menemukan keyword pencarian yang relevan. Maka dari itu, penting untuk memaksimalkan Google Cendekia agar bekerja dengan optimal. 

Sebenarnya, cukup mudah untuk memaksimalkan pencarian Google Cendekia. Dengan pencarian yang maksimal, Anda tak perlu membuang banyak waktu untuk menemukan jurnal, skripsi, maupun tesis yang menjadi bahan dasar penelitian. 

Berikut adalah panduan memaksimalkan Google Cendekia yang harus Anda ketahui: 

  1. Masuk ke Halaman Google Cendekia 

Langkah pertama, silakan masuk ke halaman utama Google Cendekia. Anda bisa mengaksesnya di scholar.google.com. Jika pengaturan browser Anda menggunakan bahasa Indonesia, yang akan muncul adalah Google Cendekia. 

  1. Menulis kata kunci pada kolom yang ada

Langkah selanjutnya adalah menuliskan kata kunci di kolom pencarian. Anda bisa menemukannya di bawah logo Google Cendekia. Di sana, Anda bisa mencari karya ilmiah yang ingin dicari. Misalnya, menuliskan kata kunci “Penilaian kinerja karyawan”. 

Setelah menekan tombol Enter, tak butuh waktu lama, hasil rekomendasi akan muncul di halaman hasil pencarian Google Scholar. 

Anda bisa mencari, karya ilmiah mana yang sesuai dengan yang Anda cari. Menemukan yang sesuai, dokumen tersebut bisa langsung diunduh. 

  1. Mengunduh Dokumen 

Setelah menemukan apa yang dicari, Anda bisa mengunduh dokumen tersebut. Cara mengunduh dokumen Google Cendekia juga sangat mudah. Tinggal klik kotak PDF di halaman preview karya tulis yang bersangkutan, dan dokumen akan langsung terunduh. 

Namun tak jarang, beberapa hasil pencarian Google Cendekia akan langsung terunduh secara otomatis ketika di-klik linknya. 

Sangat mudah, bukan? 

Cara Memaksimalkan Pencarian Google Scholar

google cendekia adalah

Kadang ketika mencari jurnal di Google Cendekia, hasilnya bisa sangat luas. Data yang yang diindeks Google Cendekia juga sangat banyak. 

Sehingga ketika menuliskan kata kunci, hasil referensi yang muncul tidak sesuai dengan keinginan. 

Berikut adalah cara memaksimalkan pencarian Google Cendekia: 

  • Pastikan menulis kata kunci yang spesifik. Misalnya jika mencari “kandungan teh hijau”, tidak cukup hanya menuliskan “teh hijau”saja di kotak pencarian. Makin spesifik kata kunci, makin banyak hasil rekomendasi yang sesuai. 
  • Manfaatkan fitur Advanced Search. Google Cendekia memiliki fitur advanced search untuk menyaring hasil pencarian agar lebih spesifik. 
  • Jika menemukan banyak referensi yang sesuai, Anda bisa membuat bookmark untuk menandai dokumen tersebut. Caranya dengan klik tanda bintang di samping judulnya. 
  • Memanfaatkan fitur Sitasi Cepat. Dengan fitur ini, memudahkan Anda dalam menyalin teks secara langsung. 

Kesimpulan 

Penelitian ilmiah dapat memberikan banyak manfaat bagi siapa saja. Entah bagi pelajar, mahasiswa, pengusaha, sampai dengan pemerintah. Google Cendekia adalah salah satu tempat di mana Anda bisa menemukan ribuan karya ilmiah dengan multi disiplin ilmu. 

Maka dari itu, Anda harus tahu apa itu Google Cendekia. 

Google Cendekia adalah tools yang sangat mudah digunakan. Temukan tips dan trik seputar teknologi, digital marketing, dan pembuatan website hanya di blog IDwebhost. 

Dapatkan promo menarik setiap bulannya dengan berlangganan newsletter IDwebhost

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019