Alasan Menggunakan Google Analytics

19 Okt 2018
Alasan Menggunakan Google Analytics campaign-unlimited

Di era modern kini, bisnis dan google analytics merupakan 2 hal yang sangat erat dan cukup sulit dipisahkan. Para pemilik usaha atau bisnis online serta website pasti memiliki alasan menggunakan google analytics. Ya, tool ini memang sangat berguna untuk melakukan pengukuran kinerja aset digital anda. Tanpa adanya pengukuran data secara akurat dengan bantuan Google analytics, maka anda tidak akan pernah tahu apakah bisnis online anda mengalami perkembangan atau tidak baik secara popularitas, engagement ataupun finansial.

Mungkin banyak dari anda masih bingung tentang apa itu Google Analytics? Google Analytics adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk menampilkan statistik pengunjung sebuah website. Tool ini  mampu menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk search engine, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan lain yang terkandung dalam dokumen PDF. Google Analytics menggunakan tracking javascript yang disisipkan di website untuk mengetahui aktivitas yang terjadi di website anda.

Alasan menggunakan Google Analytics
Bisnis akan lebih mudah dengan Google Analytics

Sebenarnya ada cukup banyak tools selain Google Analytics yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengukuran kinerja dari website seperti Woopra, ClickTale dan semacamnya. Namun mengingat begitu populer dan pentingnya Google Analytics, saat ini kami hanya akan membahas mengenai Google Analytics karena selain paling populer dan tentu saja gratis, tool ini  memiliki kemudahan integrasi dengan Google AdWords dan support dari Google langsung.

Well, tanpa berlama-lama lagi berikut ini alasan menggunakan Google Analytics sangat penting untuk mengembangkan bisnis online atau website anda!

Ini Dia Alasan Menggunakan Google Analytics

1. Membantu anda untuk mengetahui karakteristik pengunjung website anda

Alasan menggunakan Google Analytics untuk website anda yang pertama adalah Google Analytics akan membantu anda untuk mengetahui berbagai karakteristik yang dimiliki pengunjung situs anda. Ya dengan tool ini, anda akan mengetahui karakteristik demografi yang dimiliki audience website anda seperti bahasa yang digunakan, lokasi mengakses website, perilaku atau aktivitasnya, web browser yang digunakan hingga penggunaan mobile device.

Mengetahui berbagai macam hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi pemilik website, karena Semua bisnis saat ini sudah mengarah kepada orientasi local content, yang berarti kita harus mengetahui seperti apa karakteristik demografi penduduk lokal yang memakai bisnis kita. Dengan mengetahuinya, anda sebagai pemilik website tentu akan lebih mudah mengembangkan usaha anda ke arah yang benar

2. Google Analytics mampu memantau Online Campaigns

Melakukan campaign di bidang online sudah sewajarnya menjadi inisiatif tersendiri bagi anda pelaku bisnis online untuk mengembangkan bisnis anda kedepannya. Dan setelah melakukan campaign tersebut, pasti anda ingin mengukur dan menganalisa apakah campaign tersebut sukses atau tidak, apakah biaya campaign tersebut efisien, dan semacamnya

Alasan menggunakan Google Analytics
GA mampu memantau Campaign Online

Melalui Google analytics, anda bisa melakukan itu semua, terutama untuk campaign digital yang telah menggunakan campaign tag seperti UTM (Urchen Tracking Module). Anda bisa memantau placement iklan anda yang paling efisien meningkatkan traffic ataupun menghasilkan sales paling besar, sehingga anda bisa mengembangkan atau membuat placement yang serupa. Sebaliknya, anda juga bisa melihat campaign atau iklan mana yang tidak efisien sehingga bisa anda revisi dan dihindari untuk meminimalisir biaya

3.  Bisa memantau Traffic Sources

Setiap website pasti ingin jumlah traffic atau pengunjung yang tinggi setiap harinya karena hal ini sama seperti toko offline atau fisik yang bersifat B2C (Business to Consumer) yakni bergantung pada jumlah pengunjung yang datang membeli ke tokonya. Jika jumlah pengunjungnya sepi, kemungkinan besar banyak produk yang tidak laku atay terjual.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui dari mana saja traffic website anda datang. Dan untungnya Google Analytics mampu mengetahui hal tersebut yang dapat dibagi menjadi :

  • Search : merupakan traffic yang berasal dari pencarian melalui search engine seperti Google, Bing ,Yahoo dan semacamnya. Kategori traffic ‘Search’ dapat dibagi menjadi “Organic” yang merupakan hasil pencarian murni (tidak berbayar) dan ‘Paid’ yang merupakan iklan di mesin pencari seperti Google AdWords
  • Referrals : adalah traffic yang datang dari iklan berbentuk banner di website tertentu. Contohnya seperti ads di detik.com atau kompas.com
  • Campaigns : merupakan traffic yang berasal dari campaign melalui Google Adwords
  • Direct : adalah traffic yang datang ketika pengunjung menuliskan URL website anda secara langsung di browser. Tapi banyak praktisi juga melihat bahwa kategori ini adalah traffic yangsumbernya tidak jelas, sehingga kategori ini harus diminimalisir.

4. Mampu memantau konten di website

Alasan menggunakan Google Analytics untuk website anda yang selanjutnya adalah karena tool ini mampu memantau perkembangan konten yang ada di website anda. Konten merupakan hal yang paling penting bagi website atau bisnis media, karena aspek ini kerap kali digunakan sebagai “produk” andalan. Dengan mengetahui konten apa yang memiliki interaksi tinggi seperti view, comment, social share dan lainnya, maka pemilik bisnis bisa membuat campaign ataupun marketing plan berdasarkan insight konten yang didapatkan.

Selain dapat mengetahui halaman serta konten apa saja yang paling banyak dilihat, anda juga bisa mengetahui apakah pengunjung juga melihat page tertentu seperti “About Us”, “Contact Us”, “Terms and Condition” yang bisa menjadi insight bagi anda bahwa pengunjung ingin mengenal website anda lebih dalam lagi

5. Bisa memantau Social Media

Social media memegang peranan penting di masa kini. Di bidang bisnis online pun social media memiliki pengaruh yang sangat besar. Bagaimana bisa? Social media merupakan sarana untuk mengembangkan citra dan brand usaha anda menjadi lebih baik lagi

Alasan menggunakan Google Analytics
Google Analytics mampu memantau social media

Google Analytics yang sadar akan hal itu mampu memantau berbagai aktivitas social media ini. Google Analytics bisa melihat jumlah traffic ke website kita yang dihasilkan oleh masing-masing social media seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan lainnya

Selain itu, Google Analytics juga memiliki fitur baru yang memudahkan anda untuk melakukan penilaian peran social media terhadap bisnis online, yakni fitur Multi-Chanel Funnel. Di fitur ini anda bisa melihat tahap dimana social media membantu sales pada segmen yang bernama ‘Assisted Conversions’ dan ‘Top Conversion Path’.

6. Mampu membantu anda menetapkan Goals dan Conversions

Setiap usaha pasti memiliki goals atau tujuan yang ingin dicapai. Dan Google Analytics bisa membantu anda untuk menetapkan dan mengukur hal tersebut. Hal ini dapat anda setel dengan cukup mudah di bagian admin Google Analytics.

Goals dapat berupa apapun namun umumnya adalah jumlah social shares di social media, Email, subscription, hingga pembelian produk. Google Analytics memiliki salah satu fitur unik untung hal ini yaitu “Event Tracking Goals”. Fitur ini memungkinkan anda untuk mengukur interaksi visitor di website anda.

Itu dia 6 alasan menggunakan Google Analytics. Apakah sudah tertarik memasang Google Analytics?