Google AdSense Adalah: Panduan Lengkap Google AdSense

Google AdSense Adalah: Panduan Lengkap Google AdSense campaign-unlimited

Bagi para konten kreator, Google AdSense adalah salah satu cara mendapat uang di internet. Semakin canggihnya teknologi saat ini seperti membuka banyak kesempatan untuk mendapatkan uang dari internet. Banyak orang yang ingin tahu apa itu Google AdSense. Bagaimana cara daftar Google AdSense?

Sejak pertama kali dikenalkan oleh Google, menjadi publisher AdSense adalah salah satu motivasi bagi banyak pembuat konten. Terutama para blogger dan YouTuber. Bergabung AdSense menjadi salah satu wishlist wajib untuk diusahakan. 

Nah, buat kamu yang termotivasi untuk menjadi publisher Google AdSense, selamat, kamu berada di tempat yang tepat. 

Karena di sini, IDwebhost akan berbagi dengan kamu tentang panduan lengkap Google AdSense. Mulai dari apa itu Google AdSense, memahami cara kerja Google AdSense, sampai dengan cara publikasi iklan di Google AdSense. 

Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya! 

Google AdSense Adalah….

Sejarah Google AdSense dimulai setelah Google membeli Pyra Labs di bulan Februari 2003. Satu bulan kemudian, Google mengumumkan ke publik tentang peluncuran layanan periklanan terbaru mereka yang disebut dengan AdSense.

Untuk memperbaiki layanan iklan di AdSense, tak lama kemudian Google mengakuisisi teknologi dari Applied Semantics untuk mengoptimalkan kerja AdSense agar lebih bagus lagi.

Semenjak muncul untuk pertama kali, layanan AdSense hanya tersedia untuk konten berbahasa Inggris dan beberapa bahasa lain dari negara-negara Eropa, Timur Tengah, Asia Timur, dan Thailand. 

Baru pada tanggal 1 Februari 2012, Google AdSense memberikan dukungan penuh untuk Bahasa Indonesia. Sampai sekarang, ada dua tipe akun Google AdSense, yaitu akun Google AdSense Hosted untuk basis Youtube dan akun Google AdSense non Hosted untuk website.

Google AdSense adalah program periklanan berbasis CPC (cost-per-click) yang memungkinkan konten kreator, bukan hanya pemilik web memperoleh pendapatan dari iklan yang dipasang. 

Semenjak kemunculan pertamanya, banyak pembuat konten, termasuk pemilik web yang saling berlomba untuk mendaftarkan diri jadi publisher AdSense di Indonesia. 

Bisa dibuktikan sampai sekarang ini telah ada sekitar dua juta lebih penerbit/publisher AdSense yang menyebar di penjuru dunia dan tiap tahunnya selalu bertambah.

Dulu, cara kerja Google AdSense adalah menampilkan iklan pada web berbentuk teks, gambar dan video ke pengunjung web disesuaikan dengan minat user. Tapi kini, AdSense juga dapat digunakan di YouTube, layanan berbagi video milik Google. 

Cara kerja Google AdSense adalah memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan. Nantinya iklan yang muncul akan disesuaikan dengan ketertarikan pengguna.

Contoh saja kamu mencari Hosting Murah di Google. Nantinya akan muncul iklan dari beragam penyedia Hosting Murah Indonesia. Iklan yang tampil ini akan berbeda pada masing-masing user, tergantung dari hasil caching

Cara Kerja Google Adsense

Lantas, bagaimana cara kerja Google AdSense? 

Cara kerja Google AdSense adalah dengan bayar setiap ada klik pada iklan oleh pengunjung web. Makin banyak klik, artinya akan semakin besar penghasilan seorang publisher AdSense.

Karena itu kamu harus membuat konten yang memikat dan optimasi SEO yang tepat. Berikut adalah cara kerja Google AdSense:

1. Menyediakan Space Iklan

Cara kerja pertama Google AdSense adalah penempatan iklan. Iklan yang dipasang, umumnya akan muncul di header, artikel, footer, dan sidebar

Jika kamu adalah pengguna YouTube, iklan bisa saja muncul di awal, tengah, atau akhir video. 

Cara penempatannya adalah tinggal menempelkan kode iklan berbentuk script di bagian tertentu. Nantinya iklan akan muncul sesuai ketertarikan pengunjung web.

Sedangkan untuk kreator video, menambahkan Google AdSense sangat mudah dilakukan. Kamu cukup mengaktifkan monetisasi di halaman Creator Studio. . 

2. Tawaran Iklan Akan Muncul

Beberapa advertiser akan melakukan penawaran pada harga yang paling tinggi supaya bisa tampil pada space iklan yang sudah ada pada web.

3. Dibayar

Besarnya bayaran yang didapatkan datang dari iklan yang telah di-click/dibuka oleh pengunjung web atau penonton video YouTube. Untuk besaran ongkos per click tergantung dari tipe produk dan kompetisi bid antara advertiser.

4. Penonaktifan Google Adsense

Jika kamu tidak mematuhi aturan dan pedoman yang telah diberikan Google,maka akun Google AdSense milikmu bisa di-banned otomatis oleh sistem.

Cara Daftar Google AdSense 

Google adsense adalah

Cara mendaftar akun Google AdSense sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan e-mail dan website yang masih aktif. Berikut adalah cara daftar akun Google AdSense: 

– Masuk ke halaman utama Google AdSense di https://www.google.com/adsense/start.

– Klik Mulai.

– Login ke Akun Google.

– Tentukan apa kamu ingin AdSense mengirim anjuran performa dan kontribusi yang disamakan.

– Tentukan negara atau daerah pembayaran.

Catatan: Pastikan kamu pilih negara/daerah tempat tinggal sekarang ini dan tempat bisa terima Nomor Pengenal Pribadi (PIN) lewat pos. Alamat inilah yang akan digunakan Google untuk mengirim pembayaran untukmu. Kamu tidak bisa mengganti negara/daerah di AdSense di lain kali.

– Tinjau dan sepakati Persyaratan dan Ketentuan AdSense.

– Klik Mulai gunakan AdSense.

– Kamu sukses login ke akun AdSense yang baru.

Cara Mengaktifkan Google AdSense

Sesudah mengetahui cara mendaftar AdSense, sekarang kamu harus aktifkan layanan Google AdSense tersebut. Berikut caranya:

– Buka browser kemudian kunjungi google.com/adsense/start/

– Kemudian klik opsi “Mulai”. 

– Berikutnya masukan link website milikmu. 

– Pastikan kamu menuliskan link tanpa path.

Sebagai contoh, penulisan link yang benar, misalnya IDwebhost.com

– Tahap selanjutnya yaitu masukan alamat email, kemudian ceklis kolom “Ya” atau “Tidak”. Jika memilih“Ya”, nantinya kamu akan mendapatkan informasi seputar Google AdSense lewat email. Begitu pula sebaliknya. 

– Selanjutnya klik “Simpan dan lanjutkan”. 

– Langkah berikutnya yaitu login menggunakan akun Google yang kamu miliki.

– Kemudian pilih negara.

– Kemudian silakan baca dan setujui “Persyaratan dan Ketentuan AdSense”.

–  Terakhir klik “Buat Akun”.

Cara Daftar Google AdSense YouTube

Google adsense adalah

Jika mempunyai kanal YouTube, kamu harus tahu cara daftar Google AdSense untuk YouTube.

Untuk persyaratan mendaftar YouTube AdSense , sebuah kanal YouTube harus memiliki minimal 1.000 subscriber dan mendapatkan 4000 jam penayangan selama 12 bulan terakhir.

Sesudah persyaratan tercukupi, kamu bisa langsung mendaftar Google AdSense. Adapun cara daftar Google AdSense YouTube seperti berikut:

Membuat Akun Gmail

Cara mendaftar AdSense untuk YouTube yang pertama yakni membuat account Gmail lebih dulu. Tetapi bila kamu mempunyai Gmail, langsung bisa login memakai akun tersebut.

Membuat Channel Youtube

Untuk daftar kanal YouTube, kamu dapat segera membuka halaman YouTube. Kemudian, masuk menggunakan akun Gmail yang telah dibuat sebelumnya.

Masuk ke Pengaturan Video Manager Youtube

Video Manager Youtube

Cara mendaftar Google AdSense YouTube selanjutnya adalah masuk pada menu pengaturan video manager.

Untuk masuk pada menu itu, cukup click icon yang ada di sudut atas kanan di profil kamu. Lantas click “Creator Studio“, selanjutnya akan ada penampilan “Buat Saluran“.

Mengunggah video

Sesudah mengatur akun, kamu langsung bisa upload video minimum tiga sampai lima video. Tambahkan deskripsi untuk melengkapi video yang diupload.

Cara Monetisasi Akun Youtube

Setelah tahu cara daftar Google AdSense untuk YouTube selanjutnya adalah cara mengaktifkan monetisasi YouTube. Untuk aktifkan monetasi ini, berikut beberapa langkahnya:

-Pilih menu “Creator Studio”.

-Lalu pilih opsi “Saluran – status dan fitur”.

– Pada kolom “Monetisasi”, klik opsi “Aktifkan”.

– Beri tanda ceklis di kolom kotak yang tersedia,

– lalu klik “Saya Setuju”.

– Tahap selanjutnya beri tanda ceklis di kolom kotak dan klik “Monetisasi”. Terakhir, tunggu sampai pihak Google AdSense selesai meninjau permintaan kamu.

Cara mendaftar Adsense dapat dilakukan menggunakan smartphone atau komputer desktop. Langkah cara daftar Google AdSense melalui smartphone juga hampir sama dengan mendaftarkan di perangkat desktop. Kamu tidak akan menemui kesulitan berarti saat mendaftarkan lewat smartphone.

Cara Jitu Diterima Google AdSense  

Menjadi publisher Google AdSense adalah cita-cita banyak pemilik website dan pembuat konten. Namun, untuk bisa diterima menjadi publisher AdSense bukan sebuah pekerjaan yang mudah. 

Nah, IDwebhost punya caranya, nih. Berikut cara jitu supaya cepat diterima Google AdSense: 

1. Baca kebijakan layanan Google AdSense

Poin pertama mendapatkan persetujuan Google Adsense adalah membaca dulu kebijakan dari Google Adsense tentang website atau blog yang bisa mereka setujui atau blog yang akan mereka tolak. 

2. Rajin bikin konten 

Cara kedua yang harus dilakukan agar diterima Google AdSense adalah rajin membuat konten. Pastikan konten yang kamu buat orisinil, unik, dan informatif. 

Kamu bisa menggunakan tools seperti Google Analytics udan Google Trend untuk riset tema konten yang sedang happening. Misalnya konten-konten How To. 

Bukan hanya itu, pastikan untuk menggunakan tata bahasa yang mudah dimengerti audiens. 

3. Tampilan website yang bagus 

Tampilan website yang bagus sangat penting untuk mendatangkan pengunjung. Desain website yang disukai pengunjung adalah website yang mudah dalam navigasi. 

Maka dari itu, penggunaan template yang simpel bisa jadi pilihan. Bukan hanya simpel, namun juga fungsional dan tetap cepat ketika diakses. 

4. Pilih niche yang tepat

Pemilihan niche juga sangat berpengaruh jika ingin websitemu diterima oleh Google AdSense. Dengan persaingan yang ketat, kamu harus tahu, niche apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan para publisher AdSense. 

Beberapa niche yang tidak bisa bergabung Google AdSense adalah: 

  • Materi dewasa
  • Konten plagiat
  • Tutorial hacking atau cracking 
  • Obat-obatan ilegal

5. Submit ke Google Webmaster dan Google Analytics

Submit ke Google Analytics juga menjadi langkah krusial jika websitemu ingin diterima oleh Google AdSense. Google Analytics akan segera memverifikasi websitemu yang ada di Google Webmaster. 

Sedangkan dengan Google Webmaster, kamu bisa memantau seluruh aktivitas website di mesin pencari. Sebagai pemilik website, kamu bisa mengakses banyak informasi. Seperti kata kunci yang banyak dicari, hingga seberapa sering websitemu diakses. 

Bahkan, Google Webmaster juga bisa memantau kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi. Seperti broken link sampai error pada saat proses crawling. Google Webmaster juga mendapatkan pembaruan setiap tahun. Jadi, tools ini sangat berguna. 

6. Mengaktifkan file Robot.txt

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan file robot.txt. Dengan file robot.txt, websitemu akan mendapat kepercayaan lebih dari mesin pencari Google. 

7. Membuat Sitemap 

Dalam SEO, sitemap memegang peranan yang penting. Sitemap dapat membantu website dalam berinteraksi dengan mesin pencari dengan lebih baik. 

Dengan sitemap, mesin pencari bisa mengetahui seberapa sering pembaruan konten pada website. 

Kesimpulan

Itulah tadi panduan lengkap Google AdSense. Buat kamu yang serius untuk mencari cara mendapatkan uang di internet, menjadi publisher Google AdSense adalah pilihan yang menarik. 

Nah, mulai langkah-langkah cara daftar Google AdSense, pastikan websitemu sudah teroptimasi dengan baik, ya! 

Apa, tidak tahu cara optimasi website? 

Jangan khawatir, berlangganan hosting Awesome IDwebhost, kamu bisa mendapatkan fitur audit SEO gratis, lho. 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019