Google Ads vs Facebook Ads. Mana yang Terbaik untuk Digunakan?

16 Apr 2022
Google Ads vs Facebook Ads. Mana yang Terbaik untuk Digunakan?

Selain diskon, salah satu strategi marketing yang terbilang ampuh untuk meningkatkan sales adalah iklan. Nah, dalam dunia digital marketing sendiri terdapat dua platform iklan yang cukup dipercaya oleh banyak usaha, yaitu Google Ads dan Facebook Ads. Tetapi, masih banyak yang mempertanyakan kualitas Google Ads vs Facebook Ads ini.

Hal ini wajar saja dilakukan oleh para pebisnis seperti Anda, karena tentu berbisnis kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, sudah pasti akan ada perbandingan antara Google Ads vs Facebook Ads guna mencari mana platform iklan yang terbaik. Untuk membantu Anda memilih platform beriklan terbaik, simak hingga tuntas penjelasan berikut ini.

Google Ads vs Facebook Ads

Apa Itu Google Ads

Google Ads atau yang dulunya dikenal sebagai Google Adwords adalah sebuah platform beriklan secara online berbayar. Sebagai mesin pencari terpopuler di dunia, Google memanfaatkan ini untuk membuka layanan baru bagi para penggunanya yang menjalankan bisnis.

Fungsi dari Google Ads adalah untuk mengiklankan website brand secara online sesuai dengan kata kunci dan target pasar bisnis Anda. Meski berbayar, platform iklan dari Google yang satu ini nyatanya menghabiskan biaya yang lebih sedikit dibanding beriklan secara konvensional. Google Ads menggunakan sistem Pay-per-Click (PPC) untuk biaya yang dikeluarkan.

Biaya yang dikeluarkan bisa lebih sedikit karena Anda hanya akan membayar sesuai dengan jumlah klik, engagement dan mille atau bisa disesuaikan dengan budget yang Anda siapkan.

Google Ads sendiri menyediakan empat pilihan tempat munculnya iklan yang Anda pasang.

Nah, dari keempat pilihan tersebut, fitur utama yang ditawarkan adalah iklan muncul di hasil pencarian. Salah satu contoh dari Google Ads ini adalah ketika Anda mencari dengan kata kunci ‘jual meja belajar’, maka akan muncul iklan sejumlah produk meja pada baris teratas.

Google ads idwebhost

Artikel terkait: Penyedia Layanan Domain dan Hosting Murah Se-Indonesia

Apa Itu Facebook Ads

Sebagai media sosial yang memiliki banyak pengguna, Facebook akhirnya membuat layanan bagi para penggunanya yang berbisnis untuk beriklan. Facebook Ads adalah platform iklan berbayar di media sosial.

Iklan tersebut hanya akan muncul di Facebook saja, tidak di media sosial lain ataupun tempat-tempat lainnya.

Facebook Ads sendiri memiliki beberapa jenis iklan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Biaya yang dibutuhkan pun dapat disesuaikan dengan anggaran harian, mingguan atau batas penawaran terendah.

Sehingga, dari segi pengeluaran pun akan jadi lebih hemat karena Anda bisa mengatur agar jangan sampai over budget.

Semua iklan ini nantinya akan ditampilkan oleh Facebook di feeds akun para penggunanya, sesuai dengan target pasar yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena saat ini jumlah pengguna media sosial seperti Facebook dan Instagram sangatlah banyak. Jadi, iklan Anda sudah pasti terlihat oleh banyak orang yang tertarik.

perbedaan google ads dan facebook ads

Perbedaan Google Ads vs Facebook Ads

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai pengertian dari kedua platform iklan ini, Anda pasti sudah bisa melihat perbedaan antara Google Ads vs Facebook Ads. Perbedaan ini tampak bahkan dari pengertian keduanya. Lalu, apa saja perbedaan mendasar antara Google Ads vs Facebook Ads?

google ads adalah pencarian berbayar

  1. Lokasi Iklan Google Ads vs Facebook Ads

Perbedaan pertama antara Google Ads vs Facebook Ads adalah lokasi kemunculan iklan yang berbeda. Kalau Anda melihat kembali pada pengertian keduanya, sudah terlihat jelas bahwa lokasi iklan Google Ads vs Facebook Ads ini berbeda.

Google Ads memiliki lokasi iklan yang jauh lebih luas yaitu pengguna mesin pencari. Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, Google juga memungkinkan Anda untuk memasang iklan di berbagai aplikasi atau penelusuran lain yang masuk dalam jaringan display Google.

Sedangkan, Facebook Ads hanya menjangkau para penggunanya saja. Sehingga, lokasi iklan yang disediakan pun jauh lebih sedikit yaitu hanya feeds. Tetapi, mereka juga memiliki beberapa format iklan seperti foto, video, slideshow, carousel dan sebagainya.

facebook ads adalah iklan media sosial berbayar

  1. Sistem Targeting 

Google Ads dan Facebook Ads adalah platform iklan berbayar yang bekerja dengan menempatkan iklan sesuai target pengiklan. Tetapi, sistem yang mereka gunakan sangat berbeda. Perbedaan antara Google Ads vs Facebook Ads ini terletak pada cara mereka menargetkan audiens.

Google Ads dengan fitur utama hasil penelusuran menargetkan iklan berdasarkan kata kunci yang diketikkan oleh audiens. Sehingga, audiens yang melihat dan mengklik iklan tersebut adalah mereka yang memang sedang membutuhkan produk tersebut.

Berbeda dengan Facebook Ads yang menargetkan iklan pada ketertarikan audiens. Ketika audiens menyukai postingan tertentu terus menerus, Facebook akan mencatat aktivitas tersebut.

Sehingga, nantinya target dari iklan tersebut lebih personal menuju pada ketertarikan atau interest audiens.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Ads (Google Adwords)

kelebihan, kekurangan Google Ads dan Facebook Ads

  1. Brand Awareness

Selain untuk meningkatkan penjualan, salah satu tujuan membuat iklan adalah membangun brand awareness pada audiens. Nah, ada perbedaan terkait brand awareness antara Google Ads vs Facebook Ads.

Untuk brand awareness, Google akan mengarahkan audiens menuju landing page situs bisnis Anda dari iklan yang mereka klik. Sehingga, bagi mereka yang memang tertarik dengan produk tersebut akan langsung melakukan transaksi.

Sedangkan, iklan dari Facebook Ads akan terus menerus dilihat oleh audiens setiap saat mengakses media sosial tersebut. Nantinya, dari interaksi yang terjadi beberapa kali, audiens akan mulai tertarik dengan brand tersebut dan melakukan sebuah aksi.

Lebih Baik Mana, Google Ads vs Facebook Ads?

Google Ads vs Facebook Ads

Jika menanyakan mana platform iklan yang lebih baik, Google Ads vs Facebook Ads, maka jawabannya tergantung kebutuhan Anda.

Kalau setelah melihat perbedaan keduanya Anda masih bingung, mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing mungkin bisa membantu. Nah, berikut ini kelebihan dan kekurangan Google Ads vs Facebook Ads.

  • Kelebihan Google Ads

Google sebagai mesin pencari terpopuler di dunia sudah pasti memiliki banyak sekali pengguna. Oleh karena itu, ini menjadi suatu kelebihan bagi Anda untuk beriklan karena jangkauan audiens yang lebih luas. Berikut ini beberapa kelebihan Google Ads untuk bisnis Anda.

  1. Google Ads dapat menaikkan rangking website bisnis pada halaman pertama hasil pencarian.
  2. Iklan akan muncul setiap audiens mengetikkan kata kunci tanpa melihat informasi pribadinya.
  3. Target audiens lebih tepat sasaran karena sesuai kata kunci.
  4. Biaya iklan di Google Ads lebih mudah dikendalikan.
  5. Tingkat sales yang dihasilkan dari iklan lebih besar dari biaya yang dikeluarkan.
  6. Pilihan lokasi iklan yang sangat beragam, tidak hanya pada pencarian Google saja.
  • Kekurangan Google Ads

Meski terbilang ampuh untuk meningkatkan sales, platform iklan dari Google ini tetap saja memiliki beberapa kekurangan. Nah, berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Google Ads sebagai platform iklan online.

  1. Biaya iklan premium masih tergolong mahal.
  2. Metode pembayaran yang masih terbatas yaitu hanya Paypal atau kartu kredit.
  3. Setiap iklan yang muncul ada label ‘Iklan’ atau ‘Ad’.
  4. Tidak semua iklan murah bisa berhasil meraih leads, konversi dan sales.
  5. Persaingan kata kunci yang cukup ketat karena bukan hanya satu bisnis.
  • Kelebihan Facebook Ads

Dengan pengguna yang banyak dan beragam ketertarikan, Anda dapat meraih audiens yang lebih akurat karena lebih personal serta tidak terbatas pada wilayah. Kelebihan lain dari Facebook Ads untuk bisnis Anda adalah sebagai berikut.

  1. Target pasar akan lebih fokus pada minat pengguna Facebook sehingga lebih akurat.
  2. Bisa menyesuaikan wilayah jangkauan audiens, baik lokal maupun internasional.
  3. Pilihan jenis iklan yang beragam.
  4. Engagement akun bisnis Facebook lebih meningkat.
  • Kekurangan Facebook Ads

Sama halnya dengan Google Ads, Facebook Ads pun pasti memiliki kekurangan dari kelebihan yang dimiliki sebagai sebuah platform iklan di media sosial. Berikut adalah beberapa kekurangan dari Facebook Ads.

  1. Iklan yang muncul terkadang tidak relevan dengan minat audiens karena hanya berdasarkan interaksi yang sering dilakukan.
  2. Tingkat konversi dari leads ke sales masih rendah karena audiens belum tentu membutuhkan produk tersebut.
  3. Masih sulit dalam mendapatkan perhatian audiens di Facebook.

Kesimpulan

Setelah melihat perbedaan serta kelebihan dan kekurangan antara Google Ads vs Facebook Ads, Anda mungkin sudah bisa menilai mana yang lebih baik dari keduanya.

Tetapi, jangan langsung memutuskan untuk menggunakan salah satu saja. Pastikan pemilihan platform iklan antara Google Ads vs Facebook Ads yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jika memang Anda ingin mengejar sales dan mempunyai website, Google Ads adalah jawabannya. Sebaliknya, kalau Anda ingin mengejar brand awareness saja di media sosial, Facebook Ads bisa menjadi solusi.

Nah, kalau Anda belum mempunyai website bisnis, segera buat di IDwebhost. Supaya website Anda selalu lancar meski traffic sedang tinggi, gunakan juga layanan hosting murah atau hosting WordPress. Jangan khawatir dengan biaya karena IDwebhost punya banyak promo menarik dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022