Google Ads dan Facebook Ads Mana yang Terbaik Untuk Bisnis
Blog Digital Marketing Google Ads dan Facebook Ads Mana yang Terbaik Untuk Bisnis

Google Ads dan Facebook Ads Mana yang Terbaik Untuk Bisnis

Saat ini iklan adalah salah satu metode terbaik untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan oleh pemilik bisnis. Metode iklan seperti Google ads dan Facebook Ads adalah pilihan yang paling sering digunakan oleh para advertiser yang efektif menjangkau calon konsumen secara luas. Mengingat penggunanya yang begitu besar. Jika Google adalah raksasa pencarian sedangkan Facebook adalah raksasa media sosial. Keduanya memiliki peran yang besar untuk bisa mendapatkan calon konsumen secara besar. Dulu untuk beriklan saja membutuhkan biaya yang sangat besar entah itu melalui televisi, radio dan lain sebagainya. Namun kini dengan biaya yang murah Anda bisa mengiklankan produk atau jasa dengan murah dan mudah.

Terutama perusahaan-perusahaan yang baru merintis usaha sekarang untuk meningkatkan atau membangkitkan brand awareness akan lebih mudah baik itu bisnis skala kecil hingga besar. Google Ads dan Facebook Ads yang juga bergerak di bidang advertising. Terkadang banyak orang bingung menentukan mana yang terbaik antara keduanya. Terlebih jika Anda baru tau media periklanan digital Ads ini. Pastinya akan sulit untuk mengambil keputusan memilih yang mana. Pemilik bisnis tentunya ingin mendapatkan pelanggan atau konsumen baru, meningkatkan prospek usahanya, dan juga mengenalkan bisnisnya agar dikenal secara luas.

Untuk itu banyak pebisnis telah menggunakan media ini untuk meningkatkan leads calon pelanggan mereka. Lantas manakah yang terbaik dari keduanya untuk meningkatkan prospek perusahaan?. Pada pembahasan kali ini akan mengulas antara Google Ads dan Facebook Ads yang akan bisa memberikan gambaran untuk Anda dan menjadi pertimbangan untuk memilih platform digital advertising tersebut. Untuk itu mari kita pahami dulu pengertian Google Ads dan Facebook Ads sebelum kita masuk pada pembahasan yang lebih jauh lagi nantinya.

Pengertian Google Ads

Pengertian Google Ads

Apa Itu Google Ads? Google Ads atau disebut Google adwords adalah PPC (Pay Per Click) Advertising platform dengan pengguna terbesar dan bahkan terus meningkat hingga saat ini. Fitur yang paling utama adalah iklan yang muncul pada mesin pencari Google atau bisa dikatakan paid search (pencarian berbayar). Jika Anda melakukan pencarian di Google pasti pernah menjumpai hasil pencarian teratas yang ada tulisan (Ad), nah itulah cara kerja sederhananya.

Google ads idwebhost

Artikel terkait: Penyedia Layanan Domain dan Hosting Murah Se-Indonesia

Untuk bisa menampilkan produk atau jasa yang Anda tawarkan pada hasil pencarian teratas, maka Anda diharuskan membayar sejumlah uang untuk bisa tampil di atas hasil pencarian tersebut. Pencarian yang berbayar ini akan menjadi prioritas yang akan ditampilkan Google dari keyword atau kata kunci yang Anda targetkan. Sistem yang berjalan adalah pay per click (PPC) dimana Anda akan membayar biaya klik dari orang yang telah klik pada target keyword yang Anda tetapkan. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir biaya yang sia-sia karena Anda akan membayar setiap klik dari pengunjung yang mencari kata kunci tertentu di pencarian.

Pengertian Facebook ads

Pengertian Facebook ads

Apa Itu Facebook Ads? Facebook Ads adalah media periklanan “paid social” yang memang dikhususkan atau ditargetkan untuk pengguna Facebook itu sendiri. Mengingat pengguna media sosial yang satu ini memang besar. Jika Anda membuka Facebook dan menjumpai iklan baik itu di beranda atau di sidebar halaman Facebook maka itulah cara kerja Facebook Ads. Jenis iklan yang biasanya tampil adalah iklan gambar, video, tautan yang juga akan dikonversi sebagai impression, traffic, lead dan lain sebagainya.

Mengingat pengguna Facebook yang juga terus meningkat, maka akan menjadi media yang tepat untuk mengiklankan produk atau jasa yang Anda miliki. Kemudian Facebook juga bisa lebih mudah untuk menentukan demografi pengguna. Sehingga Anda bisa menentukan ceruk target pasar seperti perilaku, kesukaan/minat, jenis kelamin, usia, hobi, lokasi dan lain sebagainya. Dengan demikian akan lebih mudah untuk mendapatkan target konsumen yang relevan dengan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

perbedaan google ads dan facebook ads

Apa Bedanya Google Ads dan Facebook Ads

Sekilas memang keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mendapatkan konsumen secara luas dan dari segi strategi yang diterapkan memiliki perbedaan. Jika strategi yang digunakan Google adwords membantu bisnis Anda dengan menargetkan kata kunci atau keyword yang relevan. Senangkan Facebook Ads memudahkan Anda menemukan konsumen atau pelanggan dengan berdasarkan perilaku, kesukaan/minat dari pengguna Facebook.

google ads adalah pencarian berbayar

Google Ads Adalah Pencarian Berbayar

Sebagai raksasa mesin pencari Google memiliki pengguna yang terbesar saat ini bahkan hingga lebih dari 3 milyar pengguna dan terus bertambah. Selain itu dari besarnya pengguna saat ini memungkinkan Google untuk merekomendasikan iklan kepada penggunanya melalui keyword relevan dari pencarian. Sistem periklanan dari Google terbagi menjadi dua yaitu yang berbasis search network atau pencarian dan juga display network.

Jika iklan berbasis pencarian maka yang akan ditampilkan adalah dari hasil pencarian teratas mesin pencari. sedangkan untuk display lebih ke dalam konten bisanya akan bervariasi dari mulai jenis iklan visual gambar banner maupun video. Anda juga akan menggunakan fitur dari Adwords tool untuk mengetahui besarnya pencarian, persaingan, bid iklan dan lain sebagainya.

facebook ads adalah iklan media sosial berbayar

Facebook Ads Adalah Iklan Media Sosial Berbayar

Dilihat dari pengguna Facebook yang aktif sehingga dengan menggunakan media sosial Facebook ini memungkinkan Anda menjangkau pelanggan sesuai dengan minat pemirsa. Karena dinilai sukses untuk menjangkau konsumen yang lebih efektif paid sosial menjadi bagian penting dari strategi digital marketing saat ini. Dengan menggunakan paid sosial dari Facebook ini Anda mudah untuk mengatur pengeluaran budget, menjadwal iklan, dan juga bisa membatasi biaya yang akan dikeluarkan per harinya.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Ads (Google Adwords)

kelebihan, kekurangan Google Ads dan Facebook Ads

Kelebihan, Kekurangan Google Ads dan Facebook Ads

Kelebihan Google Adwords

  • Website akan langsung naik pada halaman pertama pencarian.
  • Otomatis muncul dengan kata kunci yang Anda targetkan.
  • Target iklan lebih mudah sesuai keyword.
  • Mudah dalam mengendalikan biaya iklan.
  • Omset penjualan akan langsung meningkat.
  • Target konsumen tepat sasaran sesuai pencarian.

Kekurangan Google Adwords

  • Iklan jenis premium yang mahal.
  • Jenis pembayaran masih menggunakan kartu kredit/Paypal.
  • Ada Keterangan Iklan (Ad).
  • Dengan tergiur harga murah strategi sulit untuk berhasuil.
  • Persaingan pencarian yang ketat.

Kelebihan Facebook Ads

  • Pemasaran akan lebih terfokus dan terarah sesuai minat pengguna.
  • Jangkauan iklan yang bisa disesuaikan secara lokal atau internasional.
  • Format iklan yang bervariasi sesuai kebutuhan.
  • Lebih mudah dalam menjaring target konsumen potensial.

Kekurangan Facebook Ads

  • Sering kali iklan yang tampil tidak relevan.
  • Klik dan tingkat konversi yang rendah.
  • Sulit menangkap perhatian pengguna.

Google Ads dan Facebook Ads hingga saat ini menjadi media periklanan digital yang terbaik untuk meningkatkan kesuksesan bisnis. Dengan pengguna yang begitu besar memungkinkan perusahaan yang menggunakannya akan lebih mudah untuk menjaring pelanggan dan konsumen potensial mereka. Sehingga untuk menjual dan mengenalkan produk atau jasa akan lebih mudah, murah, efektif dan efisien dengan target audience tertentu.