Cara Ubah Domain di WordPress

1 Nov 2015
Cara Ubah Domain di Wordpress campaign-unlimited

Kadangkala karena suatu keadaan, kita harus mengganti nama domain kita dimana CMS yang digunakan adalah wordpress. Seluruh data dan tampilan web nya sama, hanya domainnya saja yang hendak kita ubah. Bagaimana cara ubah domain di WordPress? simak tips di bawah ini:

Apabila anda baru mengganti domain di wordpress, maka harus melakukan update database untuk bisa diakses. Tentunya halaman admin WordPress juga tidak bisa diakses karena anda langsung mengganti domain. Jika anda belum mengganti domain maka lakukan penggantian dulu pengaturan WordPress address (URL) dan  Site address (URL) di setting > general . Lalu bagaimana jika anda sudah mengganti domain tanpa mengubah peraturan dulu? berikut cara cara mengganti nama domain pada WordPress melaluhi database.

Update database wordpress

  1. Login cPanel
  2. Databases > phpmyadmin
  3. Pilih nama database wordpress anda lalu klik simbol + dan cari prefix_options
  4. Centang siteurl dan home, lalu klik Change yang ada  dipaling bawah
  5. Ubah siteurl dan home dengan nama domain anda yang baru, lalu klik Go yang ada dipaling bawah

Update Link

Normalnya mengupdate Link ini dilakukan secara manual, yaitu dengan meng “Export” database yang digunakan, dibuka di notepad++ kemudian kita rename nama domain dari seluruh script pada database, setelah di simpan lalu database baru di “Import” kan kembali melalui PhpMyadmin. Namun, disini kita akan menggunakan yang mudah saja yaitu menggunakan tool khusus/plugin yang sudah di sediakan oleh wordpress. Setelah perubahan di database maka lakukan update link gambar di semua halaman dan posting. Setelah dapat masuk halaman admin wordpress, gunakan plugin Update URLs.

  1. Install Velvet Blues Update URLs
  2. Aktifkan, dan masukkan old URL: Domain lama dan new URL: Domain baru. lalu centang URLs in page content

Sangat mudah sekali cara mengganti nama domain pada WordPress. Apabila ada kendala atau masih bingung silahkan bisa hubungi CS yg bertugas di IDWebhost.com

Penulis
Member since 2 Jul 2013