Gamifikasi Adalah: Strategi Pemasaran Efektif untuk Menarik Konsumen

3 Apr 2024
Gamifikasi Adalah: Strategi Pemasaran Efektif untuk Menarik Konsumen campaign-unlimited

Ada berbagai strategi pemasaran yang muncul seiring dengan kemajuan pemasaran digital saat ini. Tanpa bekal ilmu yang tepat, kamu bisa kesulitan untuk memilih strategi yang cocok bagi bisnismu. Gamifikasi adalah salah satu strategi yang cukup populer, barangkali strategi ini bisa kamu terapkan di bisnismu.

Kini, berbagai lini bisnis banyak yang telah mengadopsi strategi ini karena dianggap efektif untuk menarik pelanggan. Berbagai brand besar bahkan memanfaatkan strategi gamifikasi untuk meningkatkan interaksi antara konsumen dan brand.

Di artikel ini kami akan menjelaskan apa itu gamifikasi secara menyeluruh, mulai dari pengertian, elemen, manfaat, dan contoh penggunaannya. Mari, simak pembahasannya berikut!

Apa Itu Gamifikasi?

apa itu gamifikasi

Layaknya bermain game, gamifikasi adalah strategi pemasaran yang memadukan unsur-unsur yang bisa kamu temukan dalam sebuah permainan. Misalnya seperti sistem level, skor, dan reward. Walaupun unsur-unsur tersebut tidak terkait secara langsung dengan game, namun penerapannya mampu menarik pemain menjadi lebih aktif.

Saat bermain, kamu mungkin harus mencapai level tertentu untuk mendapatkan item atau karakter baru dalam game. Konsep ini membuat pemain termotivasi untuk meningkatkan performa bermainnya agar bisa mendapatkan reward yang diinginkan.

Simpelnya, begitulah strategi gamification jika diterapkan dalam pemasaran digital. Melalui strategi ini, brand/bisnis dapat memberikan pengalaman interaksi yang unik dan menarik bagi pelanggan. Melalui metode yang menyenangkan ini juga, pelanggan bisa belajar lebih banyak baik tentang produk maupun brand itu sendiri.

Dalam pemasaran, gamifikasi biasanya memanfaatkan sistem poin dan leaderboard untuk mendorong transaksi atau tindakan konversi lainnya. Melalui pengumpulan poin atau pencapaian level tertentu, pelanggan bisa mendapatkan imbalan yang dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Misalnya seperti potongan harga khusus, voucher cashback, freebies, atau lainnya.

Elemen-Elemen dalam Gamifikasi

Gamifikasi adalah strategi yang diadopsi dari konsep game; artinya, ada unsur-unsur permainan yang terdapat di dalamnya. Di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Poin: Poin adalah elemen yang digunakan sebagai satuan untuk menghitung tindakan konversi pelanggan. Untuk mendapatkan reward, pelanggan perlu melakukan beberapa tindakan untuk mengakumulasikan jumlah poin.
  • Lencana: Badge atau lencana biasanya diberikan sebagai bentuk apresiasi atau pengakuan setelah pelanggan menyelesaikan tantangan atau mencapai level tertentu.
  • Level: Sistem level digunakan untuk menggambarkan progres pengumpulan poin pelanggan.
  • Tantangan: Tantangan adalah tugas atau misi yang harus dikerjakan oleh pelanggan agar bisa mengumpulkan poin dan naik level. Tantangan ini bisa diberikan dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti membagikan postingan ke media sosial, menyelesaikan kuis, atau mendaftar newsletter.
  • Leaderboard: Papan peringkat dapat merupakan elemen penting untuk merepresentasikan kompetisi antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya. Elemen ini berguna untuk memotivasi pelanggan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Manfaat Gamifikasi

gamifikasi adalah

Menerapkan strategi gamifikasi bisa sangat menguntungkan bagi bisnis kamu lho. Adapun beberapa manfaat penerapan gamifikasi adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Gamifikasi menciptakan interaksi aktif antara pelanggan dengan brand/bisnis. Melalui pengalaman berinteraksi layaknya main game, pelanggan bisa mengenal brand lebih dekat sekaligus dengan cara yang lebih menyenangkan.

Mendorong Tingkat Konversi

Engagement pelanggan yang tinggi akan mempermudah bisnis untuk mendorong pelanggan melakukan konversi. Bisnis dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian, membagikan konten ke media sosial, dan berlangganan newsletter.

Meningkatkan Brand Awareness

Gamifikasi adalah strategi menarik yang mampu menciptakan pengalaman unik bagi pelanggan. Melalui pengalaman ini, bisnis dapat meningkatkan kesadaran merek, menciptakan buzz, dan memperluas jangkauannya.

Mengumpulkan Data Pelanggan

Keterlibatan pelanggan perlu dipupuk agar tetap terjaga keberlanjutannya. Melalui strategi gamifikasi, bisnis dapat mengumpulkan data pelanggan seperti preferensi dan perilaku, untuk selanjutnya digunakan sebagai acuan pengembangan produk, strategi pemasaran, dan kampanye digital.

Meningkatkan Brand Loyalty

Sistem reward dalam strategi gamifikasi memberikan apresiasi atas tindakan yang dilakukan pelanggan. Dari sini bisnis dapat memunculkan rasa menyenangkan pada benak pelanggan, yang selanjutnya akan membuat mereka merasa senang untuk berinteraksi atau bertransaksi kembali.

Contoh Gamifikasi

contoh gamifikasi

Ada banyak contoh gamifikasi yang telah diterapkan oleh berbagai merek di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa brand ternama yang cukup populer dengan gamifikasi dalam strategi pemasarannya:

1. Duolingo

Duolingo adalah aplikasi belajar bahasa yang menerapkan gamifikasi dalam pendidikan untuk mendorong keterlibatan aktif dari penggunanya. Dalam aplikasi Duolingo, pengguna akan diberikan poin jika belajar setiap hari.

Poin tambahan juga akan diberikan apabila skor dari hasil belajar baik dan pengguna mampu mencapai level tertentu. Sistem ini menciptakan motivasi dan dorongan bagi pengguna untuk belajar menggunakan aplikasi Duolingo setiap hari.

2. Starbucks Rewards

Starbucks juga cukup dikenal dengan keberhasilannya menerapkan gamifikasi. Pelanggan yang telah terdaftar sebagai member berhak untuk mengumpulkan Starbucks Rewards, yang nantinya dapat ditukar dengan berbagai bentuk imbalan.

Starbucks Rewards mengajak pelanggan untuk menyelesaikan berbagai misi, seperti melakukan transaksi di tanggal tertentu, melakukan pembelian dengan produk merchandise Starbucks, atau mencoba minuman baru. Poin yang terkumpul dari penyelesaian misi-misi tersebut selanjutnya bisa ditukar dengan minuman atau makanan gratis.

3. Shopee

Shopee menerapkan gamifikasi dalam berbagai program, seperti program Shopee Member dan aneka permainan Shopee. Program Shopee Member ditujukan untuk mendorong transaksi pelanggan, di mana semakin banyak jumlah pesanan maka semakin banyak keuntungan dan promo yang bisa didapatkan.

Di sisi lain, Shopee juga menciptakan berbagai program permainan dalam aplikasi e-commerce yang dapat memberikan keuntungan tambahan bagi pelanggan. Jika memenangkan permainan, pelanggan bisa mendapatkan voucher belanja atau koin Shopee yang bisa digunakan untuk belanja di aplikasi.

4. Matahari Rewards

Setiap melakukan pembelian dalam jumlah tertentu, pelanggan akan mendapatkan poin sesuai dengan jenis kartu keanggotaannya. Jenis kartu keanggotaan ini terbagi atas dua level yang disesuaikan dengan jumlah akumulasi belanja pelanggan selama 1 tahun.

Pelanggan dengan akumulasi belanja yang besar akan mendapatkan poin per transaksi yang lebih besar. Poin ini selanjutnya dapat digunakan untuk berbelanja atau ditukarkan menjadi saldo e-wallet. Melalui strategi ini, Matahari mendorong pelanggan untuk melakukan pembelanjaan yang berkelanjutan.

Menarik, bukan? Gamifikasi adalah strategi pemasaran yang mampu menarik minat pelanggan untuk bertransaksi dan berinteraksi secara lebih intens dengan brand. Jika menerapkannya secara tepat, strategi ini mampu membuka kuncian untuk menuju pintu kesuksesan bisnis kamu.

Namun, penerapan strategi gamifikasi tentu harus diikuti dengan riset yang mendalam. Kenali tujuan yang ingin dicapai dan pastikan bahwa bisnis memiliki sumber daya yang cukup untuk dialokasikan.

Selain mengenali strategi yang tepat, bisnis kamu juga perlu dukungan teknis yang andal! Dapatkan website super cepat yang siap kasih layanan premium buat kustomermu dari IDwebhost. Mulai dari 14 ribuan per bulan, dapatkan SSL gratis dan bandwidth unlimited sekaligus!

Website melesat bantu bisnis naik tingkat!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022