Gagal Upload Gambar Di WordPress
Blog Tips Keren Gagal Upload Gambar Di WordPress

Gagal Upload Gambar Di WordPress

Gagal upload gambar di WordPress menjadi suatu hal yang perlu anda ketahui dengan baik. Ketika anda hendak posting sesuai di halaman editor/post WordPress, seringkali anda mengalami kendala dimana gambar tiba-tiba tidak bisa diupload. Ini adalah masalah yang terkadang bisa membuat anda menyita banyak waktu untuk mengatasinya. Padahal, anda harus segera mencari solusi dalam masalah ini karena pada dasarnya anda harus segera menuntaskan tugas anda saat ini.

Ketika error tersebut muncul, hal ini sudah pasti akan menyebabkan anda mengalami masalah yang signifikan didalamnya. Oleh karena itu, cara terbaik dalam mengatasi hal ini adalah dengan mencoba untuk menerapkan beberapa hal yang ada dibawah ini. Hal ini juga biasanya tidak hanya berlaku pada gambar saja, tapi juga berlaku pada gambar tipe lainnya, misalnya file berjenis video, PDF, file dan lain sebagainya. Tentunya jika anda mengalami masalah tersebut, nantinya akan menyulitkan anda untuk mencari jalan terbaik dalam mengatasinya.

Carilah Penyebab HTTP Error

Solusi pertama dari gagal upload gambar di WordPress itu adalah mencari penyebab HTTP Error itu sendiri. Dengan mencari penyebab yang ada didalamnya, maka anda pun akan mampu menelusuri apa penyebab utama dari masalah tersebut terjadi. Dalam hal ini memang butuh penelusuran yang mendalam, tapi tidak ada salahnya untuk melakukan sesuatu terhadapnya dari sekarang. Dengan demikian, anda pun akan bisa mendapatkan pencerahan terkait apa yang sebaiknya anda lakukan untuk bisa mengupload kembali gambar tersebut dengan sempurna.

 

Gagal Upload Gambar Di WordPress
idwebhost.com

 

Karena ada kalanya problem gagal upload gambar di WordPress yang terjadi ini hanya muncul sementara saja, artinya ada kemungkinan bahwa jika anda mencoba mengupload kembali di lain waktu, anda akan bisa mendapatkan solusinya yang signifikan. Anda juga bisa mencoba cara lainnya misalnya dengan menghapus huruf atau karakter tertentu yang mungkin menyebabkan proses upload tersebut gagal berkali-kali karena bisa saja ini terjadi pada file tertentu yang anda namai dengan karakter aneh sehingga menyulitkan WordPress mengenali file yang anda upload tersebut.

Gunakan Browser Yang Berbeda

Gagal upload gambar di WordPress juga bisa terjadi karena mungkin ada masalah pada bagian browser-nya. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi anda untuk mencoba menggunakan browser lainnya dan mengecek apakah masalah serupa masih terjadi didalamnya? Apabila anda merasa bahwa browser yang anda gunakan saat ini ternyata memiliki banyak masalah, sudah saatnya bagi anda mengecek apakah masalah tersebut menjadikan anda kesusahan dalam mengupload gambar di WordPress tersebut. Dalam hal ini jika masalah yang sama masih terjadi di Google Chrome misalnya, cobalah buka di browser lainnya, misalnya Opera atau semacamnya. Dengan cara tersebut maka anda pun akan mampu mendapatkan pencerahan tentang apa saja yang sebaiknya anda lakukan untuk mengatasi problem yang satu ini.

Cobalah Mematikan Plugin

Solusi lain dari gagal upload gambar di WordPress ini adalah cobalah untuk mematikan salah satu plugin yang ada di WordPress anda tersebut. Pada dasarnya ada banyak sekali opsi plugin yang bisa anda pilih. Tugas anda hanyalah memilih mana sekiranya plugin yang menyebabkan masalah tersebut. Dengan melakukan hal ini diharapkan anda nantinya akan bisa dan dengan mudah mendapatkan solusi yang anda inginkan didalamnya. Ada beberapa plugin yang digadang-gadang mampu memberikan fungsi yang baik, tapi di sisi lain juga ada beberapa plugin yang ternyata memberikan dampak yang signifikan pada anda saat hendak melakukan posting. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi anda untuk melakukan sesuatu terhadap hal ini.

 

Gagal Upload Gambar Di WordPress
idwebhost.com

 

Ada baiknya jika anda memilih plugin secara selektif. Siapa tahu dengan cara ini anda nantinya akan mampu mengoptimalkan fungsi dari upload gambar tersebut sehingga masalah serupa tidak akan terjadi didalamnya. Anda bisa mencoba memulainya dengan mematikan beberapa atau semua plugin yang anda miliki dalam satu waktu. Lalu coba kembali upload gambar anda, apakah masalah yang sama masih terjadi. Jika masalah serupa masih terjadi yakni gagal upload gambar di WordPress maka anda bisa mencoba untuk masuk ke tahap selanjutnya.

Naikkan Limit Memory WordPress

Gagal upload gambar di WordPress juga bisa terjadi karena jumlah memory yang ada di WordPress itu sendiri. Siapa tahu penyebabnya adalah karena limit memory yang ada didalamnya terbatas. Biasanya hal ini terjadi karena banyak penyebabnya, salah satunya adalah karena berbagai kesalahan yang signifikan dari code limit memory yang ada pada bagian PHP. Tugas anda adalah merubah limit memory yang ada didalamnya menjadi jumlah yang lebih banyak yakni 256 MB. Dengan jumlah yang lebih maksimum tersebut, sudah pasti maka masalah semacam ini tidak akan terjadi lagi nantinya. Anda tetap akan bisa memanfaatkan WordPress tersebut untuk memaksimalkan semua kebutuhan yang anda inginkan saat ini didalamnya.

Edit Pada Bagian .htaccess

Langkah selanjutnya untuk mengatasi gagal upload gambar di WordPress ini adalah mengedit bagian .htaccess yang ada didalamnya. Pada bagian ini alangkah baiknya jika anda mengedit pada bagian .htaccess ini yang tersimpan didalam folder root WordPress itu sendiri. Bisa jadi penyebabnya adalah karena ada error di bagian ini. Apabila masalah tersebut masih berlanjut, maka alangkah baiknya apabila anda menambahkan sejumlah kode yang ada didalamnya. Apabila sesudah melakukan pengeditan terhadap bagian .htaccess ini, tapi masalah serupa masih berlanjut, alangkah baiknya jika anda mengecek solusi lainnya yang ada di bawah ini.

 

Gagal Upload Gambar Di WordPress
idwebhost.com

 

Baca Juga: Panduan Menghapus Blog Tipe Blogspot dan WordPress

Cek Bagian Template Website

Solusi lainnya dalam gagal upload gambar di WordPress yang bisa anda terapkan adalah mengecek pada bagian Template yang ada di website iitu sendiri. Bisa jadi penyebabnya ada pada bagian Template tersebut. Karena itu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membuat backup yang ada pada website anda secara menyeluruh. Bisa jadi hal ini menjadi pengaruh pada saat anda upload website tersebut. Dengan cara tersebut maka anda akan mampu mendapatkan solusi yang anda butuhkan didalamnya. Apabila setelah anda melakukan backup dan memperbaiki masalah yang ada di template tersebut, tapi masalah serupa masih terjadi, maka hal yang bisa anda lakukan adalah memberitahukan kepada pihak pengembang atau web developer Template tersebut untuk memperbaikinya. Siapa tahu masalah ini terjadi karena ada kesalahan pada bagian Template itu sendiri.

Masalah Pada Versi PHP

Masalah lain pada gagal upload gambar di WordPress juga bisa saja terjadi pada ada kesalahan pada bagian versi PHP yang ada didalamnya. Masih banyak pengguna WordPress yang menggunakan versi lama dan enggan beralih ke versi yang baru. Padahal ini adalah sebuah kesalahan karena nantinya akan menyebabkan performa dari WordPress yang digunakan tidak lagi optimal. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan masalah yang ada didalamnya. Itulah beberapa faktor kemungkinan penyebab gagal upload gambar di WordPress.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.